Cara Memeriksa Plagiarisme: 10 Alternatif Copyscape

Sharing is caring!

Plagiarisme adalah masalah serius di dunia online. Kalian 100% yakin kah bahwa konten yang kalian posting di situs kalian adalah asli? Nah, ketika ingin memeriksa plagiarisme, Copyscape telah lama menjadi pemimpin dan pilihan populer bagi siswa, guru, penulis, blogger, dan pembuat konten lainnya. Lalu, apakah itu masih yang terbaik dalam mendeteksi dan mencegah plagiarisme? Okay, baca sampai selesai yuk Cara Memeriksa Plagiarisme: 10 Alternatif Copyscape

Apa Itu Plagiarisme?

Plagiarisme adalah tindakan mencuri kata-kata atau ide orang lain dan menjadikannya milik kalian sendiri.

Sementara itu, situs seperti Google dan Amazon, mencoba menekan plagiarisme ini meski sulit untuk menangani masalah yang memang sudah meluas. Google bahkan secara tidak sengaja memberi peringkat konten yang dijiplak di atas konten asli pada kesempatan tertentu.

Inilah alasan mengapa sangat penting untuk tetap waspada dan proaktif dalam melindungi keaslian konten kalian.

Sebelum kalian dapat menangani plagiarisme, kalian harus mendeteksinya terlebih dahulu. Berikut daftar alternatif pengganti copyscape yang bisa kalian coba.

10 Alat Alternatif Pengecekan Plagiarisme Terbaik Untuk Copyscape

Grammarly

Grammarly paling dikenal sebagai alat proofreading yang memeriksa tata bahasa dan menganalisis teks untuk level mudah tidaknya dibaca (readability).

cara-memeriksa-plagiarisme-1

Namun, ia juga menawarkan pemeriksa plagiarisme gratis yang membandingkan teks atau file kalian dengan 16 miliar halaman web dan makalah akademis.

Versi gratis akan menghasilkan laporan instan yang memungkinkan kalian untuk mengetahui berapa banyak masalah yang dimiliki dokumen kalian dan apakah plagiarisme terdeteksi atau tidak tapi tidak menunjukkan dengan tepat di mana kesalahan tersebut.

Oleh karena itu, Grammarly menawarkan pemeriksa plagiarisme premium berbayar yang jauh lebih dalam dengan cara menandai kalimat, memberikan referensi sumber, menawarkan advanced feedback, dan menetapkan skor orisinalitas dokumen kalian.

Plagiarisma

Plagiarisma hadir dalam versi gratis dan berbayar.

cara-memeriksa-plagiarisme-2

Untuk menggunakan pemeriksa plagiarisme ini, kalian dapat mengunggah langsung ke situs mereka atau mengandalkan plugin Windows, Android, BlackBerry, atau Moodle mereka.

Salah satu keuntungan dari Plagiarisma adalah dapat mendukung lebih dari 190 bahasa yang berbeda.

Kalian dapat paste teks kalian langsung ke Plagiarisma, unggah file, atau memasukkan URL langsung untuk memeriksa konten duplikat.

ProWritingAid

ProWritingAid adalah pesaing kuat dari Copyscape dan meskipun tidak menawarkan versi gratis, ini merupakan alternatif yang terjangkau.

cara-memeriksa-plagiarisme-3

Anda dapat membayar langganan bulanan, tahunan, atau seumur hidup, atau membeli cek plagiarisme dalam batch jika itu satu-satunya fitur yang kalian minati.

Karena perangkat lunak ini didasarkan pada jumlah pemeriksaan daripada jumlah kata nih maka pemeriksa plagiarisme ProWritingAid sangat ideal untuk penulis yang memiliki konten panjang, seperti novel dan skrip.

ProWritingAid bekerja dengan Windows dan Mac dan dapat terintegrasi dengan Chrome, Firefox, Edge, Safari, Microsoft Word, Google Docs, Gmail, Open Office, dan Scrivener.

Semua fitur desktopnya juga tersedia langsung di editor web jika kalian tidak ingin menginstal software.

Jika menggunakan premium, kalian akan memiliki akses ke alat lain, seperti contextual thesaurus, grammar checking, readability reports, dan banyak lagi.

Plagiarism Checker

Daya tarik utama Plagiarism Checker adalah sepenuhnya gratis dan memiliki interface yang sederhana untuk digunakan. Plagiarism Checker kompatibel dengan Windows, Mac, Android, iOS, dan Blackberry, dan juga memungkinkan kalian mengunggah langsung dari Dropbox.

cara-memeriksa-plagiarisme-4

Pada platform ini, kalian memiliki opsi untuk memasukkan teks langsung ke plagiarism checker, mengunggah file, atau paste URL halaman web.

Fitur tambahannya adalah kemampuan untuk mengecualikan URL jika kalian ingin memeriksa situs kalian tetapi tidak ingin halaman tertentu disertakan.

Kelemahannya adalah Plagiarism Checker dapat menangani dalam satu pencarian paling banyak adalah 1.000 kata sehingga jika kalian memiliki konten bentuk panjang, kalian harus membaginya (split).

CopyGator

CopyGator adalah alat blogging gratis terbaik yang menganalisis umpan RSS situs kalian dan memberi tahu kalian jika konten kalian telah diterbitkan ulang di tempat lain. Program ini merupakan alternatif gratis untuk fitur Copysentry premium dari Copyscape.

cara-memeriksa-plagiarisme-5

Untuk menggunakan CopyGator, kalian memiliki dua opsi:

  • Yang pertama adalah menambahkan lencana gambar (image badge) mereka ke blog kalian. Jika badge berubah menjadi merah, itu tandanya CopyGator telah mendeteksi konten kalian diduplikasi di situs lain.
  • Opsi kedua adalah paste RRS feed kalian langsung ke CopyGator kemudian klik “Watch this feed.” Semua posting selanjutnya akan dipantau.

PlagScan

Meskipun PlagScan tersedia untuk pengguna individu namun PlagScan sangat disukai oleh institusi akademik. PlagScan mendukung hampir semua jenis file umum serta indeksnya juga mencakup jurnal akademik dan ilmiah.

cara-memeriksa-plagiarisme-6

PlagScan memungkinkan kalian untuk menyalin dan menempelkan teks secara langsung, mengunggah file, atau mengetikkan URL untuk diperiksa.

Kalian juga memiliki fleksibilitas ekstra untuk mengatur filter dan aturan yang berbeda untuk pemeriksaan plagiarisme sehingga program bisa mengetahui seberapa sensitif seharusnya dalam proses memindai informasi duplikat.

Kalian dapat mendaftar untuk free trial untuk mencobanya. PlagScan adalah alternatif Copyscape yang bagus untuk penggunaan pendidikan tapi jika kalian mencari alternatif gratis atau murah nih, ketahuilah bahwa opsi berbayar mereka bisa terbilang mahal jika kalian memiliki anggaran terbatas.

Plagiarism Detector 

Alternatif ini sangat bagus untuk pemula yang membutuhkan alat gratis dan sederhana untuk memulai. Plagiarism Detector mirip dengan Plagiarism Checker dengan dashboard yang mudah digunakan.

cara-memeriksa-plagiarisme-7

Kalian dapat menempelkan teks langsung ke analyzer, mengunggah file, memeriksa URL, dan mengecualikan URL. Alat ini memungkinkan kalian untuk memeriksa tata bahasa serta plagiarisme.

Plagiarism Detector gratis hingga 25.000 kata, selanjutnya mereka menawarkan level berlangganan bulanan. Kalian juga dibatasi hingga maksimal 1.000 kata percek sekaligus.

CopyLeaks

Algoritma berbasis AI di CopyLeaks mampu menganalisis teks lebih dari 100 bahasa.

cara-memeriksa-plagiarisme-8

Situs mereka menawarkan banyak alat yang bermanfaat, termasuk perbandingan teks, pemeriksa kode pemrograman, alat pencari file duplikat, dan perbandingan situs.

CopyLeaks bahkan menawarkan alat penilaian otomatis untuk guru dan program Copyshield baru mereka untuk melindungi situs kalian agar tidak dijiplak.

Versi gratisnya memungkinkan kalian melakukan maksimal 20 pemindaian setiap bulan tetapi fiturnya terbatas.

Plagium

Plagium menawarkan versi gratis dan berbayar. Pemeriksa gratis akan memungkinkan kalian melakukan pencarian cepat tetapi pencarian yang mendalam merupakan fitur yang berbayar.

cara-memeriksa-plagiarisme-9

Plagium akan memungkinkan kalian menganalisis teks, URL, dan file. Paket berbayar mereka terjangkau jika kalian membutuhkan lebih dari sekedar dasar-dasarnya. Kalian dapat berlangganan paket bulanan atau membeli kredit berdasarkan jumlah karakter yang kalian butuhkan.

Versi gratisnya dapat menganalisis maksimal 1.000 kata sekaligus, lho.

Unicheck

Unicheck adalah alat pencegahan plagiarisme lengkap yang dapat disesuaikan untuk penggunaan pribadi, akademis, atau bisnis, bergantung pada kebutuhan kalian. Salah satu keunggulan utama Unicheck adalah kemampuannya untuk menangani unggahan massal.

cara-memeriksa-plagiarisme-10

Laporan yang dihasilkan tidak pernah kadaluarsa sehingga kalian dapat membukanya kembali sesering yang kalian suka. Unicheck juga memindai tautan ke sumber yang cocok dan memberi kalian peringatan jika URL tampaknya mengarah ke situs jahat.

Add-on Unicheck dan ekstensi browser juga memudahkan untuk memindai konten dengan cepat.

Namun, paket mereka agak mahal dibandingkan dengan beberapa opsi lain dalam daftar ini dan pemeriksa plagiarisme gratis mereka akan memungkinkan maksimal hanya 200 kata dalam satu waktu.

Guys, dari daftar tersebut, dapat disimpulkan jika kalian mencari pemeriksa plagiarisme lengkap dan alat analisis proofreading maka Grammarly dan ProWritingAid mungkin berada di urutan teratas daftar kalian.

Jika kalian memiliki anggaran terbatas dan menginginkan cara gratis untuk menjalankan pemindaian plagiarisme dengan cepat maka mungkin Plagiarism Checker adalah pilihan yang lebih baik untuk kalian pertimbangkan.

Sedangkan jika kalian ingin memindai RSS feed kalian secara teratur maka CopyGator mungkin adalah pilihan ideal kalian.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa alat terbaik adalah alat yang paling banyak mencentang kotak di checklist kalian dan sesuai dengan kebutuhan pribadi serta profesional kalian. Setuju, kan?

Have a good day


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Memeriksa Plagiarisme: 10 Alternatif Copyscape
Artikel
Cara Memeriksa Plagiarisme: 10 Alternatif Copyscape
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian 100% yakin bahwa konten yang kalian posting di situs kalian adalah asli? Baca yuk Cara Memeriksa Plagiarisme: 10 Alternatif Copyscape
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment