akses-web-down

Pernahkah Anda mencoba mengakses situs web hanya untuk mendapatkan pesan kesalahan “Service is Unavailable?” Ini sangat menyebalkan, terutama ketika Anda sangat membutuhkan informasi yang sebelumnya Anda temukan di situs web itu. Yuk baca sampai selesai Cara Mengakses Halaman Web Saat Down

Meskipun ada pesan kesalahan tersebut namun berita baiknya adalah tidak ada yang hilang sepenuhnya dari internet.

Jika Anda mencoba mengakses situs web dan tidak dapat memuat tetapi orang lain dapat mengaksesnya, itu mungkin karena sejumlah alasan. Berikut ini ada tiga kemungkinan:

  • ISP Anda (Internet Service Provider)
  • Terminal Anda
  • Server situs web bisa turun

Jika masalahnya ada pada server situs web, tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan selain menunggu. Namun, Anda masih dapat melihat halaman yang baru dibuka melalui berbagai opsi yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengakses Halaman Web Saat Sedang Down

Opsi 1: Google Cached Pages

Google membuat versi cache dari setiap halaman web yang Anda kunjungi dan jika situs tersebut tidak dapat diakses, Google memungkinkan Anda mengakses cached version dari halaman itu. Jadi jika Anda mencoba mengakses situs web yang tidak tersedia dari pencarian Google, Anda dapat dengan mudah mengakses salinan yang di-cache.

Anda harus mengetik URL situs yang diawali dengan “cache:” di kotak pencarian Google. Seharusnya seperti ini:

cache: https//maketecheasier.com

Ini akan memuat versi cache terakhir dari halaman itu. Atau, ketika sebuah situs tidak memuat, Anda dapat menekan back arrow pada browser Anda untuk kembali ke hasil pencarian.

Jika Anda telah membuka halaman itu sebelumnya, Anda akan melihat panah ke bawah di bagian akhir alamat halaman. Klik panah dan kemudian tekan “cached” dan Anda akan dapat melihat salinan yang di-cache. akses-web-down-1

Jika halaman terlalu lama memuat, Anda dapat melihat “Text-only version” yang akan terbuka secara instan tetapi tidak akan menampilkan gambar. Untuk melakukannya, klik tautan “Text-only version” di bagian atas halaman yang di-cache. Ini sangat berguna terutama ketika Internet Anda lambat atau server situs web sedang down. akses-web-down-2

Dengan metode ini, Anda juga dapat melihat tanggal dan waktu ketika Google membuat salinan yang di-cache.

Opsi 2: Internet Archives Wayward Machine

Tempat lain yang bisa Anda temukan versi lama dari halaman web adalah Internet Archives Wayback Machine. Meskipun Mesin Wayback mungkin tidak menampilkan sebanyak yang Anda temukan di cache Google, itu memungkinkan Anda untuk melangkah lebih jauh pada waktunya untuk melihat bagaimana sebuah situs web terlihat tahun lalu.

Untuk menggunakan alat ini, cukup buka halaman Internet Archives Wayback Machine. Masukkan URL situs web yang ingin Anda lihat atau alamat halaman web yang ingin Anda kunjungi dan tekan Enter. akses-web-down-3

Jika Anda ingin melihat salinan halaman yang paling baru disimpan, klik tanggal di bagian atas ringkasan halaman yang diarsipkan situs web. akses-web-down-4

Untuk melihat versi yang lebih lama, cukup pilih tahun dan tanggal pada kalender untuk melihat bagaimana situs web terlihat pada tanggal itu. Setelah terbuka, Anda juga dapat mengklik tautan di halaman itu untuk melihat bagaimana masing-masing halaman terlihat.

Semakin populer situs tersebut, semakin tinggi jumlah halaman yang diarsipkan yang akan disediakan alat ini. Dengan alat ini, Anda dapat mengakses situs web jika sedang down saat ini. Namun, jika Anda tertarik pada fresh content, Mesin Wayback tidak akan membantu.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1.9 / 5. Jumlah rate 17

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment