Cara Menentukan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis

Sharing is caring!

Saat kalian menjalankan bisnis online, kalian tentu memikirkan bagaimana cara memiliki pasar yang tepat agar keuntungan dapat bertambah. Nah, salah satunya adalah dengan menerapkan konsep niche market. Okay, yuk baca sampai selesai Cara Menentukan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis 

Apa Itu Niche Market

Niche market merupakan bagian dari sebuah industri dengan target pasar yang lebih spesifik atau lingkup konsumen yang lebih kecil. Dengan kata lain, niche market merupakan segmentasi dari industri yang lebih luas alias mass market.

Contoh dari niche marketing di dalam industri perangkat komputer. Dalam industri ini, dapat ditemukan pasar laptop gaming dan grafis. Kedua pasar tersebut tentu memiliki konsumen dengan spesifikasi yang berbeda dari segi keuangan dan kebutuhan.

Selain kedua faktor tersebut, niche market juga dapat diidentifikasi dari berbagai elemen, termasuk usia, gender, letak geografis, pekerjaan, gaya hidup, dan lain-lain.

3 Langkah Memilih Niche Market

Berikut beberapa di antaranya yang wajib dipertimbangkan dalam memilih niche market:

Lakukanlah riset pasar terlebih dulu (h3)

Riset pasar memang hal mendasar dalam bisnis apapun, termasuk bisnis online yang sedang kalian tekuni.

Dalam melakukan riset pasar, harus benar-benar diperhatikan tren apa yang sedang ada di masyarakat.

Untuk melakukan riset pasar, sebaiknya kalian perlu pengujian terlebih dahulu, misal kalian mencari lima orang dulu yang mau membeli produk yang dijual selain orang-orang yang kalian kenal.

Selanjutnya, lakukan penelusuran dan pengkajian kembali terkait apakah produk yang sedang ditawarkan memang menyelesaikan dan dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk siapa para kompetitor dari produk tersebut.

Tentukan pasar yang lebih spesifik

Setelah kalian sukses melakukan riset pasar maka tentukan segmentasi pasar secara spesifik atau khusus. Tujuan menentukan niche market yang spesifik adalah untuk memudahkan kalian agar lebih fokus terhadap sebuah produk tertentu. 

Meski spesifik, kalian tetap harus menentukan apakah segmentasi pasar tersebut menguntungkan atau tidak. Pastikan pula jika produk dari bisnis online yang ditawarkan tersebut memiliki calon konsumen potensial sehingga bisnis online dapat berjalan dengan baik.

Tentukan sesuai passion

Dalam memilih niche market passion atau minat juga sangat menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Hal ini karena jika kalian menjalankan bisnis bukan pada bidang yang kalian sukai maka akan sulit untuk berkembang.

Dengan menjalankan bisnis yang sesuai passion, tentu kalian akan mudah menjalankannya. Kalian juga lebih tahu siapa calon konsumen dan pasar yang potensial dalam bisnis tersebut.

4 Manfaat Memilih Niche Market

Berikut ada beberapa manfaat dari memilih niche market:

Persaingan yang Tidak Begitu Ketat

Bisnis yang menjual produk dan layanan yang sangat spesifik maka tidak banyak kompetitor yang menawarkan keunggulan serupa. Oleh karena itu, mereka tidak perlu menghadapi kompetisi yang berat. 

Bisnis Lebih Mudah Dikenal

Dengan jumlah pesaing sedikit, tentunya bisnis kalian juga akan lebih mudah dan cepat dikenal. 

Selain itu, usaha kalian juga akan berpotensi untuk dijadikan rujukan bagi konsumen-konsumen baru dalam komunitas yang terkait dengan niche market kalian.

Bisnis Lebih Terfokus

Dengan menjalankan bisnis di ranah niche market, tidak perlu bingung dalam mengembangkan produk atau layanan yang sudah ada. Hal ini karena target pasar kalian dan permasalahan yang konsumen hadapi sudah jelas.

Saat kalian ingin menambah varietas produk, tinggal mencari tahu saja kebutuhan-kebutuhan konsumen yang belum terlayani sekaligus membuat solusi.

Mudah Mendapatkan Loyalitas Konsumen

Menjalankan usaha dengan target pasar yang spesifik, tentu memungkinkan kalian memiliki sedikit kompetitor dan bisa menawarkan produk yang benar-benar bermanfaat bagi pelanggan. Oleh karena itu, para konsumen yang termasuk dalam niche market sasaran kalian akan loyal terhadap brand dan dagangan kalian.

Okay Guys, jadi itu pembahasan terkait apa itu niche market, cara menentukannya, dan manfaatnya. Oya, kalau ada yang ingin disampaikan, boleh lho ditulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya.

Have a good day

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menentukan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis
Artikel
Cara Menentukan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Menjalankan bisnis online tentu memikirkan cara memiliki pasar yang tepat. Yuk baca Cara Menentukan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment