Ciri Email Profesional dan Cara Membuat Email Promosi yang Menarik

Tahukah kalian, mengirim email promosi yang menarik dan profesional merupakan hal penting bagi sebuah bisnis jika menggunakan email marketing sebagai channel pemasarannya. Tak usah lama-lama, langsung simak sampai kelar yuk Ciri Email Profesional dan Cara Membuat Email Promosi yang Menarik

Ciri Email Promosi yang Profesional

Ciri email promosi yang profesional apa saja sih? Setidaknya ada 4 ciri email promosi yang profesional, antara lain:

Menggunakan alamat email bisnis

Ciri pertama adalah email pengirimnya menggunakan alamat email dengan nama domain sendiri. Untuk alamat email bisnis biasanya mempunyai format [email protected]. Contohnya seperti [email protected], [email protected], [email protected], dan sebagainya.

Santuy, untuk bisa membuat alamat email bisnis seperti di atas caranya sangatlah mudah. Kalian hanya cukup menyediakan domain dan hosting saja.

Cara membuatnya, silakan kalian ikuti tutorial yang ada pada artikel Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Sedikit kesalahan typo

Email merupakan media komunikasi yang sebagian besar berfokus pada teks. Makanya, penulisan konten di dalam email harus benar-benar diperhatikan, ya. 

Untuk melakukan pengecekan ada kesalahan typo atau tidak, silakan menggunakan tools Typo Online yang merujuk pada database Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Caranya, silakan kalian memasukkan teks, dokumen atau halaman website yang kalian ingin cek ada tidaknya kesalahan penulisan.

Link aktif

Maksud dari link aktif adalah link yang kalian sertakan pada email promosi haruslah bisa diklik dan ketika sudah terbuka halaman yang dituju, isinya sesuai dengan apa yang kalian promosikan.

Menyediakan jalan untuk unsubscribe

Ciri selanjutnya adalah dalam email yang kalian kirimkan harus menyediakan jalan untuk melakukan unsubscribe.

Hal ini berpengaruh pada kenyamanan pembaca email kalian. Jika jalan untuk unsubscribe ini tidak kalian sertakan maka email kalian akan ditandai sebagai spam bahkan diblokir oleh subscriber kalian.

Cara Membuat Email Promosi yang Menarik dan Profesional

Selanjutnya akan diberikan informasi terkait cara membuat email promosi yang menarik dan profesional.

Ada 3 cara yang bisa kalian lakukan, di antaranya:

Memilih layanan email marketing yang bagus

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memilih layanan email marketing yang bagus.

Poin bagus di sini parameternya antara lain sistemnya stabil, memiliki pelayanan pelanggan yang tanggap dan cepat, serta memiliki konten edukasi yang lengkap. 

Mengirimkan email yang sesuai dan relevan dengan subscriber 

Cara berikutnya adalah dengan mengirimkan email yang sesuai dan relevan dengan subscriber kalian. Apabila sebagian besar subscriber adalah para remaja yang tertarik dengan dunia skincare, ya kirimkan email seputar skincare, seperti komposisi pelembap yang aman, informasi alat pijat wajah, tips melakukan massage wajah di rumah, dan lain-lain.

Mengukur dan evaluasi

Cara yang terakhir dalam membuat email promosi yang menarik dan profesional adalah dengan mengukur dan melakukan evaluasi.

Apa yang diukur? Poin yang perlu kalian ukur antara lain:

  • Berapa yang membuka email kalian (open rate).
  • Berapa yang klik link yang kalian sertakan (click rate).
  • Berapa email yang tidak terkirim.

Nah, setelah diukur melalui metrik tersebut, selanjutnya dievaluasi, email mana saja yang memiliki nilai tinggi dan email mana saja yang nilainya rendah. Email yang nilainya tinggi bisa menjadi referensi untuk membuat email promosi berikutnya. Sedangkan email yang nilainya rendah bisa diperbaiki lagi.

Okay, jadi seperti itulah cara membuat email promosi yang menarik dan profesional. Mudah, kan? Sekarang, giliran kalian untuk mempraktekkan cara di atas.!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

3 responses to “Ciri Email Profesional dan Cara Membuat Email Promosi yang Menarik”

  1. […] melakukan pendaftaran PSE, pemiliknya perlu mengisi email, password, dan nama. Lalu, pemiliknya akan mendapatkan email konfirmasi dan link untuk validasi. […]

    1. silvia Avatar

      terima kasih udah berkunjung ke blog kami 🙂

  2. […] Pengguna dapat membuat email dari nama domain untuk toko, contohnya [email protected]. Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pada web. Pelanggan tentu tidak akan ragu membeli sebab yang digunakan adalah email profesional. […]

Leave a Comment