Cara Marketing Offline yang Tetap Efektif di Era Digital

Sharing is caring!

Era digital saat ini memang membuat banyak hal-hal yang tadinya dilakukan offline, beralih menjadi online. Kebanyakan dari bisnis berbasis web saat ini bahkan lebih mementingkan keperluan promosi online dan menaruh banyak uang pada marketing secara online. Walaupun begitu, tetap banyak cara promosi atau marketing offline yang sebenarnya tidak boleh dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Bahkan, walaupun era digital saat ini sedang berkembang pesat, strategi marketing offline ini masih terbukti efektif untuk mempromosikan bisnis anda. Apa saja kira-kira? Kita simak beberapa strategi offline marketing yang masih efektif di era digital saat ini dan mengapa anda tidak boleh melewatkannya begitu saja.

1. Memberikan kartu pelanggan atau voucher hadiah

Salah satu promosi offline yang wajib untukanda lakukan adalah mempunyai kartu pelanggan. Bagi anda yang baru sajamerintis usaha sendiri, anda dapat memberikan kartu pelanggan kepada parapelanggan pertama anda. Sehingga mereka akan mengingat brand anda dan kembali dilain waktu. Bukan tidak mungkin mereka akan membawa teman atau keluarganyauntuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis anda karena mereka tahu akanada reward untuk pembelian tertentu. Anda dapat mencetak kartu pelanggan yang bagus dan sesuai denganbrand image anda.

2. Membuat event promosi

Walaupun terkadang event promosi terlihat banyak diabaikan oleh orang-orang yang lewat, namun sebenarnya cara ini masih merupakan strategi marketing yang efektif untuk mempromosikan bisnis anda. Buat event anda semenarik mungkin dan seunik mungkin sehingga dapat menarik banyak audiens. Memang membuat event akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, namun apabila anda memanfaatkan benar promosi event ini, akan sangat bermanfaat untuk kepentingan bisnis anda. Mengadakan event yang bagus atas nama brand anda, akan membuat bisnis anda terpercaya dan mempunya reputasi yang baik. Hal ini bisa mempengaruhi ketertarikan para calon investor atau calon pelanggan anda.

3. Membuka stand

Membuka stand mungkin adalah salah satu cara yang bisa anda coba apabila membuat event besar masih belum masuk dalam anggaran promosi anda. Membuka stand pada event-event besar atau exhibition akan sangat membantu anda untuk mendapatkan brand awareness kepada banyak orang. Anda dapat membuat promosi yang menarik pada stand anda sehingga akan banyak orang yang datang dan bahkan mencoba produk atau jasa yang anda tawarkan. Apabila bisnis anda merupakan layanan berbasis apps, anda dapat mencoba untuk memberikan suatu reward untuk mereka yang mendownload dan register pada apps anda.

4. Membagikan brosur atau flyer

Marketing secara online mempunyai kelemahannya sendiri, karena terkadang masih banyak orang yang tidak mengakses sosial media yang anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda. Contohnya saja, ada orang yang tidak pernah lagi mengakses Facebook, namun kesehariannya dia selalu mengkases Instagram. Namun sayangnya anda sedang mempromosikan bisnis anda pada Facebook. Flyer atau brosur adalah sesuatu yang berwujud sehingga mudah diterima oleh semua orang dan dapat disimpan untuk orang yang berminat. Anda tidak pernah tahu kapan orang akan membutuhkan produk atau layanan bisnis anda. Denngan promosi menggunakan brosur atau flyer, orang akan mengingat brand anda.

5. Menggunakan billboard atau papan reklame

Apabila anda mempunyai anggaran yang cukup, anda bisa mencoba menggunakan billboard atau papan reklame. Billboard masih merupakan strategi marketing yang efektif karena akan banyak dilihat orang. Anda dapat menggunakan ide-ide yang fresh dan menyesuaikan dengan keadaan jalan sekitar billboard yang akan anda pasang. Contohnya, apabila billboard yang akan anda pasang berlokasi di titik kemacetan ibu kota setiap harinya, anda dapat membuat kata-kata yang menarik yang dapat membuat pengendara di jalan mengalihkan pandangan pada billboard anda. Namun apabila jalan disekitar billboard anda adalah jalan bebas laju, atau jarang terkena macet, sebaiknya anda gunakan gambar dan sedikit tulisan. Buat gambar semenarik mungkin dengan menggunakan model yang sedang terkenal juga dapat membantu.

Itu tadi beberapa strategi marketing offline yang tidak boleh anda lewatkan apapun jenis bisnis anda. Namun tetap saja anda harus memanfaatkan media-media promosi tersebut dengan konten yang menarik dan unik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Comment