Basic SEO Untuk Website Baru

Sharing is caring!

Jadi kamu sudah punya website di Jetorbit maka yang kamu perlukan agar Search Engine, seperti Google dan Yahoo bisa menemukan website kamu atau para pencari bisa datang ke website adalah melakukan SEO (Search Engine Optimization) pada website.

Ada beberapa basic SEO yang dapat kamu ikuti guideline-nya yang memang telah tersedia. Basic SEO dibagi dalam dua kategori, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page.

SEO On-Page

Setelah menentukan kata kunci yang tepat, SEO On-Page dilakukan dengan metode search query yang membuat konten Anda menjadi relevan sehingga mendapat peringkat bagus di hasil pencarian.

Dengan menstruktur konten dan internal link dari sisi tema, template maupun kode HTML yang digunakan dapat meningkatkan jumlah page views di website Anda.  Untuk mempelajari tentang SEO On-Page, Anda perlu mempelajari sedikit pengetahuan HTML.

Hal lainnya, untuk mengoptimalkan sisi SEO On-Page, Anda perlu menuliskan artikel berdasarkan kata kunci yang Anda bidik. Tulislah beberapa artikel panjang dengan kata kunci tersebut lalu hubungkan artikel-artikel terkait sehingga menjadi semacam rantai artikel.

Artikel yang ditulis juga tidak sembarangan, pastikan kata kunci yang dibidik ada di beberapa tempat, antara lain:

  • Di judul, disebutkan terlebih dahulu akan lebih baik
  • Di paragraf pertama
  • Di paragraf terakhir
  • Di permalink
  • Di dalam meta description jika Anda menggunakan Yoast atau plugin SEO.
  • Di dalam ALT image

SEO Off-Page

Selain teknik SEO On-Page, ada juga teknik SEO Off-Page.  Tahap ini merupakan optimasi dari luar website yang sering dikenal dengan sebutan backlink.  Nah, SEO Off-Page atau backlink ini berupa link atau vote yang diberikan website lain kepada website Anda karena konten yang Anda miliki bermanfaat dan berkualitas. Itulah mengapa konten yang berkualitas merupakan hal utama untuk melakukan SEO dasar. Dengan link yang tercantum dalam website orang lain yang akan mengarahkan ke halaman website Anda yang berkaitan, tentunya akan menambah trafik view dari website Anda.

Di sini akan kami berikan beberapa referensi mengenai dua teknik SEO tersebut, yaitu sebagai berikut:

SEO Guideline oleh Google, silakan download di: http://static.googleusercontent.com/media/www.google.com/en//webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide.pdf

SEO On-Page oleh Neil Patel, silakan bisa dibaca di: http://neilpatel.com/2016/01/19/everything-you-need-to-know-about-off-page-seo

SEO Off-Page oleh Backlinko, silakan bisa dibaca di: http://backlinko.com/seo-techniques

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya 😀

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment