startup-dari-jarak-jauh

Bagaimana Menjalankan Startup dari Jarak Jauh: Tips untuk Mempekerjakan, Mengelola dan Scaling

Sharing is caring!

Banyak bisnis harus mengetahui dengan cepat apakah kerja jarak jauh berhasil untuk mereka tetapi banyak pula perusahaan rintisan yang sukses menyadari manfaatnya jauh sebelum pandemi. Jadi, bagaimana cara mereka membuatnya berhasil? Baca yuk Bagaimana Menjalankan Startup dari Jarak Jauh: Tips untuk Mempekerjakan, Mengelola dan Scaling

startup-dari-jarak-jauh-1

Seperti yang akan kita temukan di artikel ini, ada beberapa elemen kunci untuk melakukannya dengan benar, yaitu dalam tahap perekrutan, pertumbuhan, dan pengelolaan.

Mempekerjakan dari Jarak Jauh: Temukan dan Rekrut Bakat dengan Cepat

Hal terbaik terkait menjalankan atau mengembangkan startup Anda dari jarak jauh adalah Anda tidak terbatas pada kumpulan bakat lokal Anda. Anda dapat melemparkan jaring Anda secara jauh dan luas untuk menemukan orang-orang terbaik untuk situasi Anda, dimanapun mereka berada.

Namun, meski pilihan pelamar tidak diragukan lagi, tujuan perekrutan untuk pekerjaan jarak jauh (remote job) tidak jauh berbeda dari perekrutan secara langsung. Pada akhirnya, Anda masih ditugaskan untuk melihat, memeriksa, dan wawancara bakat dan Anda melakukannya sepenuhnya secara online.

Bagaimana Mengidentifikasi Bakat untuk Startup Anda

Tujuan dari dorongan perekrutan (jangka pendek atau jangka panjang, online atau offline) adalah untuk menemukan dan mempekerjakan orang yang dapat Anda percayai. Tetapi melakukan ini dari jarak jauh untuk startup yang berkembang pesat, tentunya akan melibatkan elemen tekanan waktu (time pressure).

Kabar baiknya, ada sejumlah platform digital yang dirancang untuk ini,seperti Upwork, Fiverr, dan lainnya adalah pilihan yang solid untuk kebutuhan berketerampilan rendah, sekali atau jangka pendek. 

Mempekerjakan dari jarak jauh untuk peran tim inti berketerampilan tinggi, di sisi lain, membutuhkan pendekatan yang sedikit berbeda. Anda perlu memastikan bahwa siapa pun yang Anda tambahkan ke daftar gaji Anda, tentunya memiliki perpaduan yang tepat antara keterampilan, kepribadian, dan budaya yang sesuai untuk mulai bekerja.

Tumbuh dari Jarak Jauh: Terapkan Alat dan Proses yang Tepat

Jadi untuk menumbuhkan startup Anda dari jarak jauh tanpa gangguan, Anda perlu menyelesaikan beberapa proses. Tuliskan semuanya dan ingat bahwa komunikasi adalah kuncinya di sini.

Bersama dengan kepercayaan, komunikasi dan kolaborasi tidak dapat dinegosiasikan dalam hal kerja jarak jauh yang efektif. Anda membutuhkan proses komunikasi yang transparan untuk memungkinkan kolaborasi yang efektif. Anda juga membutuhkan dukungan dari tim Anda karena setiap orang dari mereka harus memahami pentingnya kontak rutin dengan rekan kerja mereka.

Melakukan video call terlebih dahulu akan memberi Anda kesempatan untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran, memastikan bahwa semua orang tahu apa yang mereka lakukan, dan memberi tim Anda kesempatan untuk melihat dan berbicara satu sama lain.

Selain itu, Anda juga harus menjalankan rapat rutin di seluruh perusahaan agar semua orang selalu mengetahui kemajuan secara keseluruhan dan memberikan peluang untuk feedback internal.

Pilih dan Gunakan Alat Manajemen Jarak Jauh yang Tepat

Untuk mempercepat tim jarak jauh Anda dan berkomunikasi seperti profesional, Anda perlu memberi mereka seperangkat alat yang tepat. Minimal harus mencakup:

  • Email perusahaan untuk komunikasi formal.
  • Slack atau Teams untuk mendukung pengiriman pesan internal sehari-hari.
  • Zoom atau Google Meet untuk video call berkualitas dan handal.
  • Dropbox atau Google Drive untuk penyimpanan  file cloud dan kolaborasi.
  • Trello atau Notion untuk alokasi tugas dan manajemen proyek.

Mengelola dari Jarak Jauh: Anda Belajar Sepanjang Waktu

Mengelola tim jarak jauh bukannya tanpa tantangan. Bahkan mungkin yang paling penting dari semua itu adalah fakta bahwa Anda tidak mendapatkan banyak waktu untuk tatap muka langsung dengan karyawan Anda.

Tentu Anda dapat melakukan panggilan video tetapi masih sulit untuk menangkap isyarat emosional dan perubahan bahasa tubuh yang mungkin Anda temukan jika Anda berada di ruangan yang sama. Hal ini berarti Anda bisa melewatkan tahap mengidentifikasi karyawan yang paling membutuhkan bantuan Anda.

Untuk mencegah hal ini, Anda perlu memastikan bahwa karyawan Anda termotivasi oleh pekerjaan yang bermakna, berusaha memastikan agar mereka tahu bahwa Anda peduli terhadap mereka dan mereka memiliki cara untuk mengungkapkan kekhawatiran, mengajukan pertanyaan, dan menawarkan feedback.

Hal terbaik tentang bekerja di sebuah startup secara umum adalah bahwa setiap orang memiliki peran yang sangat terspesialisasi dan signifikan yang diarahkan pada pertumbuhan. Setiap orang dapat melihat bahwa apa yang mereka lakukan memiliki dampak. Hal tersebut harus tetap benar bahkan saat Anda mengembangkan startup Anda dari jarak jauh. Setiap karyawan harus memiliki visibilitas saat Anda mengejar tonggak pertumbuhan level berikutnya. 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Menjalankan Startup dari Jarak Jauh: Tips untuk Mempekerjakan, Mengelola dan Scaling
Artikel
Bagaimana Menjalankan Startup dari Jarak Jauh: Tips untuk Mempekerjakan, Mengelola dan Scaling
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Baca yuk Bagaimana Menjalankan Startup dari Jarak Jauh: Tips untuk Mempekerjakan, Mengelola dan Scaling hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo