Apa Sih ERD Itu?

Sharing is caring!

Guys, pernah dengar istilah Entity Relationship Diagram atau ERD kah? Kalau udah lama di dunia IT, mungkin kalian sudah tahu tentang ERD. Bagi para Orbiters nih yang masih awam dan belum pernah mendengar tentang ERD, tenang! Kami akan menyampaikan bahasan tentang ERD. okay, lanjut yuk baca Apa Sih ERD Itu?

Apa Itu ERD?

ERD atau Entity Relationship Diagram adalah suatu bentuk diagram yang menjelaskan hubungan antar objek-objek data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD digunakan untuk menyusun struktur data dan hubungan antardata dan untuk menggambarkannya digunakan notasi, simbol, bagan, dan sebagainya.

Kapan ERD Digunakan?

ERD atau ERM berfungsi sebagai bentuk pemodelan basis data yang selanjutnya dapat dikembangkan dalam berbagai project sistem informasi, contohnya rekayasa software. Dalam membentuk suatu rekayasa software, kalian membutuhkan sebuah konsep. Konsep yang akan dipakai dalam project ini berbentuk ERD atau disebut juga ERM (entity relationship model). 

Simbol Entity Relation Diagram (ERD)

SimbolNama SimbolKeterangan
Entities
apa-sih-erd-itu-1EntitySuatu entity digambarkan sebagai sebuah persegi panjang yang memiliki nama entity tersebut.
apa-sih-erd-itu-2Weak EntitySuatu entity yang tidak dapat diidentifikasikan melalui atributnya dengan sendirinya. Keberadaan weak entity bergantung kepada entity lain yang disebut owner entity.
apa-sih-erd-itu-3Associative EntityEntity yang digunakan pada many-to-many relationship (banyak antar banyak).
Attributes
apa-sih-erd-itu-4AttributeDalam notasi Chen, Sebuah atribut digambarkan sebagai sebuah oval yang memuat nama atribut tersebut.
apa-sih-erd-itu-5Key attributeSuatu atribut yang mengidentifikasi suatu entity dengan sangat spesifik atau unik. Nama dalam Key Attribute selalu di-underscore.
apa-sih-erd-itu-6Multivalued attributeAttribute yang dapat memuat lebih dari satu nilai (Multivalued). Multivalued Attribute digambarkan dengan dua oval.
apa-sih-erd-itu-7Derived attributeSuatu attribute di mana nilainya dihitung atau berdasar dari atribut lain. Derived attribute mungkin atau tidak dapat disimpan dalam database. Attribute ini digambarkan dengan oval putus-putus.
Relationships
apa-sih-erd-itu-8Strong relationshipSuatu relationship yang mana sebuah keberadaan entity bergantung dengan entity lain dan PK (Primary Key) dari Child entity (entity anak) tidak memuat komponen PK Parent Entity (entity induk). Strong Relationship digambarkan dengan belah ketupat.
apa-sih-erd-itu-9Weak (identifying) relationshipSuatu relationship dimana keberadaan Child entity bergantung pada induknya, dan PK Child entity memuat komponen PK Parent entity. Weak Relationship digambarkan dengan dua belah ketupat.

Tips dan Tutorial ERD

Berikut ini ada beberapa tips dan tutorial ERD:

  1. Sebelum menyusun kerangka ERD, kalian harus menentukan entity apa saja yang diperlukan dalam struktur ini.
  2. Selanjutnya, tentukan relationship antara satu entity dengan lainnya.
  3. Setelah terbentuk relationship, tentukan cardinality ratio dan participation constraint dari entity.
  4. Beri attribute yang diperlukan pada tiap entity.
  5. Beri Key dan LRS (Logical Relational Structure) pada masing-masing entity yang dibutuhkan.
  6. ERD sudah terbentuk.

Tools yang Digunakan oleh Entity Relation Diagram (ERD) 

Berikut ini beberapa tool yang digunakan oleh ERD:

Dbdiagram

Dbdiagram adalah tools untuk mendesain database dengan cepat. Dalam pemrogramannya, dbdiagram memiliki bahasa yang mudah dipahami dan eksklusif untuk penggambaran ERD. Dbdiagram menyediakan penyimpanan secara online, dapat dengan mudah dishare serta tidak berbayar untuk menikmati fitur-fiturnya.

Draw.io

Bagi pengguna casual, draw.io memberikan tools ERD yang cukup baik. Draw.io juga berfungsi sebagai flowchart maker atau algoritma. Draw.io juga sudah mendukung penyimpanan berbasis cloud lho, seperti drive, oneplus, maupun non-cloud.

Lucidchart

Lucidchart dipasarkan lebih kepada designer professional. Lucidchart juga menawarkan tools dengan interface dan penampilan yang sangat baik. Meski berbayar, Lucidchart juga menyediakan free version yang cukup lengkap. Lucidchart mendukung penyimpanan cloud maupun storage juga lho, Guys.  

SQLDBM

SQLDBM merupakan tools ERD terbaik bagi kalian yang menjalankan database berbasis MySQL atau MS SQL. SQLDBM dapat bekerja di mana saja pada browser apapun tanpa membutuhkan database engine tambahan. SQLDBM bersifat gratis dan cocok bagi kalian yang menjalankan database menggunakan SQL.

QuickDBD

QuickDBD adalah tools ERD yang berbasis teks dan dengan cepat dapat menggambar diagram yang dibutuhkan. Meski berbayar, QuickDBD juga menyediakan free version yang mana kalian dapat mencoba terlebih dahulu. QuickDBD juga menyediakan export ke berbagai format, seperti SQL, PDF, maupun Word. QuickDBD cocok bagi kalian yang menyukai ERD Text based dan cepat dalam mendesain. Menarik kan!

Guys, anyway, merancang ERD kini bukan lagi sesuatu yang hanya bisa dilakukan developer berpengalaman lho karena pelajar dan mahasiswa juga sudah bisa belajar tentang perancangan ERD. Kalian gimana, tertarik kah? Sharing yuk di kolom komentar 🙂

Good luck!


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Sih ERD Itu?
Artikel
Apa Sih ERD Itu?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi para Orbiters yang masih awam dan belum pernah mendengar tentang ERD, tenang! Kami ada solusi. Okay, lanjut yuk baca Apa Sih ERD Itu?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment