perbedaan-cc-dan-bcc

Apa Perbedaan Antara CC dan BCC Di Email? Panduan Lengkap Untuk Anda!

Sharing is caring!

Ingin tahu apa perbedaan antara CC dan BCC? Sangat sederhana! CC adalah singkatan dari “Carbon Copy” dan BCC adalah singkatan dari “Blind Carbon Copy“. Namun, masih banyak lagi fungsi email berikut yang terlihat saat pertama kali. Agar bisa membantu Anda dalam meningkatkan tata cara email Anda, kami akan menjelaskan terkait CC dan BCC sehingga Anda dapat menggunakan keduanya dengan benar. Baca sampai selesai yuk Apa Perbedaan Antara CC dan BCC Di Email? Panduan Lengkap Untuk Anda!

Penjelasan CC dan BCC di Email

perbedaan-cc-dan-bcc-1

CC dan BCC adalah dua kolom yang berada di samping atau di bawah kolom “To” di bagian atas pesan baru yang Anda buat di kotak masuk (inbox). Ketiganya digunakan untuk menambahkan alamat email orang yang ingin Anda kirimkan pesan. Namun mereka berbeda secara signifikan dalam penggunaannya.

To CCBCC
Kontak utamaKontak sekunderKontak tersier
Digunakan untuk mengirim email ke individu atau beberapa kontakDigunakan untuk mengirim email ke individu atau beberapa kontakDigunakan untuk mengirim email kepada individu atau beberapa kontak
Alamat email dapat dilihat oleh semuaAlamat email dapat dilihat oleh semuaAlamat email hanya dapat dilihat oleh pengirim

Apa Perbedaan Antara CC dan BCC di Email?

Arti CC dan BCC sangat mudah dan kedua istilah tersebut merujuk pada metode lama yang digunakan untuk menggandakan dokumen. Inilah kepanjangan dari CC dan BCC:

CC ➡️ Carbon Copy

BCC ➡️ Blind Carbon Copy

Sebelum pengembangan mesin fotokopi, selembar kertas karbon digunakan antara dokumen asli dan selembar kertas kosong. Saat dokumen itu ditulis atau diketik, kertas karbon memindahkan isinya ke selembar kertas kosong.

Anda dapat mengirim email ke dua orang menggunakan protokol CC. Sederhananya, dengan menggunakan kolom CC dalam email Anda, Anda dapat dengan mudah mengirimkan salinan email Anda ke beberapa alamat email.

Bidang BCC pada dasarnya adalah versi CC yang disempurnakan dan memenuhi tujuan spesifiknya. BCC memungkinkan Anda untuk mengirim salinan email Anda ke beberapa kontak tanpa mengungkapkan alamat email masing-masing kepada penerima Anda. Fungsi ini dirancang untuk memastikan Anda tidak membagikan alamat email pribadi saat mengirim email newsletters atau blanket emails lainnya ke banyak kontak.

Kapan Menggunakan CC dan BCC

Sekarang setelah kita memahami arti CC dan BCC dalam email maka ada baiknya untuk mempelajari tentang kapan Anda harus menggunakan keduanya. Sekali lagi, sangat mudah untuk memastikan bidang mana yang akan digunakan saat mengirim email. Akan tetapi, Anda harus selalu memeriksa ulang apakah Anda telah menggunakannya dengan benar, terutama saat Anda berurusan dengan banyak alamat email.

GUNAKAN CC SAAT ➡️ Anda ingin mengirim banyak salinan email ke kontak yang senang alamat emailnya dibagikan. CC sering digunakan untuk mengirim email ke anggota tim, staf di departemen lain, atau siapa pun yang mengerjakan proyek yang sama. Dalam banyak kasus, semua kontak akan saling mengenal atau mengharapkan perkenalan dari Anda.

GUNAKAN BCC SAAT ➡️ Anda ingin mengirim beberapa salinan email ke kontak yang belum tentu saling mengenal atau yang tidak ingin alamat emailnya dibagikan. BCC sering digunakan saat mengirimkan newsletters, pembaruan brand atau penawaran, atau marketing email.

Ingat, CC dan BCC dapat digunakan bersamaan dalam satu email. Hal ini memungkinkan Anda untuk membagikan alamat email tertentu dan menjaga kerahasiaan orang lain.

Cara Menggunakan CC dan BCC Saat Menulis Email

Di sebagian besar email clients, Anda akan menemukan bidang CC dan BCC di samping atau di bawah bidang “To” setiap kali Anda menulis pesan baru. Menggunakan CC atau BCC hanyalah masalah menambahkan alamat email penerima Anda ke dalam bidang masing-masing.

Cara Menggunakan CC

Tambahkan alamat email ke bidang CC untuk semua penerima.

perbedaan-cc-dan-bcc-2

Cara Menggunakan BCC

Gunakan BCC hanya dengan menambahkan alamat email ke bidang yang relevan.

perbedaan-cc-dan-bcc-3

Seberapa Penting Menggunakan CC dan BCC dengan Benar?

Dalam banyak kasus, menggunakan CC dan BCC dengan benar adalah masalah tata cara email dan profesionalisme. Namun, ada kalanya penggunaan protokol yang salah mungkin memiliki implikasi hukum. Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda terbiasa dengan penggunaan yang benar dari keduanya. Ingatlah selalu bahwa:

  • BCC harus digunakan saat mengirimkan marketing emails, newsletters, atau email yang tidak diminta (unsolicited emails) lainnya. Jika Anda membagikan data pribadi (alamat email) dalam kasus ini, mungkin terdapat implikasi hukum.
  • BCC tidak digunakan saat berbagi informasi sensitif dengan atasan terkait kinerja rekan kerja, klien, mitra, atau siapa pun. Dalam skenario terburuk, orang yang Anda diskusikan dapat menekan “reply all” dan sifat rahasia pesan Anda akan dibagikan dengan semua peserta. Hal ini mungkin juga memiliki implikasi hukum.

Perbedaan Antara CC dan BCC

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakan CC dan BCC. Di sini kita melihat poin paling penting untuk dipikirkan sebelum menekan kirim email:

DODON’T
Gunakan CC saat Anda perlu memastikan seseorang terus mengikuti. Anda dapat menggunakan CC sebagai FYI jika Anda tidak membutuhkan masukan lebih lanjut dari orang tersebut.Gunakan CC dengan cara pasif-agresif. Jika seseorang belum membalas email Anda, jangan CC sebelum waktunya.
Gunakan CC saat Anda perlu memasukkan lebih banyak kontak di email yang sudah berjalan.Gunakan CC untuk mengelola proyek atau staf secara mikro. Mewajibkan penggunaan CC pada ALL komunikasi bisa sangat mengganggu.
Gunakan CC saat memperkenalkan orang yang telah meminta perkenalan. Melakukan ini memungkinkan rincian kontak dibagikan tanpa Anda harus tetap menjadi bagian dari percakapan setelah perkenalan awal.Jangan gunakan CC saat Anda memperkenalkan orang yang akan mengerjakan proyek yang sama dengan Anda. Anda akan ingin tetap menjadi bagian dari percakapan seiring kemajuan Anda.
Gunakan BCC saat mengirim email kepada individu yang ingin privasi mereka dihormati.Jangan menggunakan BCC hanya untuk menyelinap ke email atasan sebagai metode “memeriksa” seseorang.
Gunakan BCC setiap kali mengirimkan email perusahaan atau pemasaran kepada orang-orang dari perusahaan lain.Jangan gunakan BCC saat mengirim email perusahaan atau pemasaran di dalam perusahaan Anda sendiri.


Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Perbedaan Antara CC dan BCC Di Email? Panduan Lengkap Untuk Anda!
Artikel
Apa Perbedaan Antara CC dan BCC Di Email? Panduan Lengkap Untuk Anda!
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ingin tahu apa perbedaan antara CC dan BCC? Baca sampai selesai yuk Apa Perbedaan Antara CC dan BCC Di Email? Panduan Lengkap Untuk Anda!
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo