Apa Itu YouTube Go APK dan Cara Installnya

Pernah mendengar atau download YouTube Go? Sayangnya aplikasi satu ini sudah dihentikan dari peredaran sejak Agustus 2022. Kali ini akan mengulas cara download YouTube Go APK versi lama dan gratis. Tanpa banyak basa-basi, yuk langsung simak Apa Itu YouTube Go APK dan Cara Installnya

Apa Itu YouTube Go APK? 

YouTube Go adalah versi sederhana dari aplikasi YouTube yang sengaja dirancang khusus dan gratis. Aplikasi ini diciptakan untuk memfasilitasi pengguna yang ingin mengakses YouTube di tempat dengan koneksi internet buruk atau kuota yang mahal. Nah, dengan YouTube Go, masih bisa mendownload dan menonton video bahkan jika koneksi internetnya buruk. 

Oia, kalian juga dapat mengontrol kualitas video dan melakukan preview video sebelum ditonton. Maka, tak heran jika YouTube Go juga disebut sebagai aplikasi nonton video yang ramah kuota.

Awalnya hanya pengguna di negara berkembang, seperti India, Indonesia, Nigeria, dan lainnya, yang bisa download YouTube Go. Seiring waktu, Google memutuskan untuk menghentikan aplikasi YouTube Go karena dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi. Google menyebutkan bahwa kemajuan kinerja ponsel dan infrastruktur yang semakin berkembang membuat koneksi internet jauh lebih stabil dan harga kuota juga makin terjangkau. 

Di bawah ini perbedaan singkat keduanya:

YouTube Biasa (Original)

YouTube Go

Kompatibel di HP flagship Tetap kompatibel di HP versi lama 
Tidak memiliki informasi kuota di setiap video Terdapat informasi kuota yang akan terpakai sebelum memutar video
Perlu adaptasi Mudah dioperasikan
Interface cukup rumit Interface sederhana
Loading sesuai koneksi Loading lebih cepat (tidak terpengaruh kualitas koneksi)

 

YouTube Go memang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi YouTube biasa. Maka sangat disayangkan jika kelebihan YouTube Go yang hemat kuota ini sudah tidak bisa digunakan. Meski tidak disarankan namun sebenarnya masih bisa download YouTube Go di ponsel melalui file APK secara gratis.

Download YouTube Go APK Gratis 

FYI, YouTube Go juga kompatibel dengan semua jenis HP, loh. Berbeda dengan aplikasi YouTube biasa yang terus dilakukan pembaruan yang membuat HP keluaran lama tidak lagi kompatibel untuk menggunakan aplikasi YouTube. 

Sebenarnya, tidak disarankan untuk mendownload dan menginstall aplikasi dari pihak ketiga karena adanya bahaya serangan malware yang mengintai. Namun, jika masih ingin download YouTube Go, berikut ini beberapa versi lama yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan versi Android yang kalian miliki: 

Install YouTube Go APK 

Cara menginstall YouTube Go APK versi lama sebenarnya tidaklah sulit. Meski tak semudah aplikasi yang ada di Play Store namun kalian cukup mengikuti beberapa langkah di bawah ini agar bisa menggunakannya: 

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih opsi Keamanan => aktifkan opsi Izinkan dari Sumber Tidak Dikenal
  3. Download YouTube Go dari file APK yang tertera di atas. 
  4. Klik file yang sudah selesai didownload => Install (klik Izinkan dari Sumber Ini jika muncul pop-up). 
  5. Tunggu hingga aplikasi selesai di-install.

Mudah kan ternyata proses instalasinya? Ingat ya, kalian tetap harus berhati-hati dengan bahaya malware yang mengintai karena menginstall aplikasi dari pihak ketiga.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment