Apa Itu WordPress Cache, Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Membersihkannya

Cache memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja dan kecepatan website. Namun, seringnya sistem cache ini juga menimbulkan gangguan. Kesempatan ini akan mengulas tentang apa sih itu WordPress cache, cara kerjanya bagaimana, lalu bagaimana cara membersihkannya. Okay, langsung simak saja yuk sampai selesai tentang Apa Itu WordPress Cache, Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Membersihkannya   

Apa Itu WordPress Cache?

Masalah WordPress cache merupakan masalah pada penyimpanan sementara data yang digunakan untuk mempercepat akses ke website WordPress. Web cache berfungsi sebagai penyimpanan data yang tersedia secara cepat sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengambil informasi dari server web.

Dalam konteks WordPress, cache dapat mencakup berbagai elemen, seperti file HTML, CSS, JavaScript, dan gambar. Dengan menyimpan salinan halaman yang digenerate sebelumnya, cache memungkinkan penggunaan ulang yang lebih cepat saat pengunjung mengakses halaman yang sama.

Cache WordPress yang tak dikelola dengan baik dapat menimbulkan masalah. Penyimpanan cache yang terus-menerus bertambah akan memperlambat kinerja WordPress, loh. 

Manfaat WordPress Cache

Berikut ini ada berbagai manfaat dari WordPress cache:

  1. Meningkatkan Kecepatan Situs

Website dapat dimuat lebih cepat ketika pengunjung mengaksesnya dengan menyimpan salinan halaman yang dicache. Hal ini dapat membantu mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan pengalaman pengguna.

  1. Pengurangan Beban Server

Server web akan menghasilkan lebih sedikit permintaan untuk mengambil data dari database atau menghasilkan halaman yang kompleks dengan menggunakan cache. Hal ini mengurangi beban server sehingga memungkinkan server untuk menangani lebih banyak lalu lintas dan mengoptimalkan sumber daya.

  1. Peningkatan Kinerja SEO

Kecepatan website memainkan peran penting dalam peringkat SEO. Website yang lebih cepat cenderung mendapatkan peringkat yang lebih baik pada mesin pencari. Nah, dengan demikian, penggunaan cache dapat membantu meningkatkan visibilitas dan daya saing dalam hasil pencarian.

Cara Kerja WordPress Cache

Yuk kita ketahui langkah-langkah kerjanya berikut ini:

  • Pengaturan Awal – Pertama, perlu mengaktifkan dan mengkonfigurasi plugin cache WordPress, seperti WP Super Cache, W3 Total Cache, atau WP Rocket. Plugin ini dapat memberikan opsi dan pengaturan yang memungkinkan mengelola cache dengan lebih efektif.
  • Generating Cache – Saat pengunjung mengakses halaman website milik kalian nih, plugin cache akan mencoba mencari salinan yang dicache dari halaman tersebut. Jika ada, salinan tersebut akan dihasilkan secara langsung tanpa harus memuat ulang semua elemen website.
  • Validasi Cache – Setiap kali ada perubahan pada website, seperti pembaruan konten atau komentar baru, plugin cache akan memvalidasi cache yang ada untuk memastikan informasi yang disajikan tetap akurat. Hal ini melibatkan penghapusan cache yang kadaluwarsa atau tidak valid.
  • Cache Preloading – Pada beberapa plugin cache ada fitur “preloading” yang berfungsi untuk secara otomatis memuat ulang cache halaman saat tidak ada pengunjung. Tujuannya, untuk membantu memastikan bahwa cache selalu siap dan up to date.

Cara Membersihkan WordPress Cache

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian ikuti:

  1. Gunakan Plugin Cache

Nah, ini tuh cara clear cache WordPress yang paling praktis bagi pengguna plugin WordPress. Jika menggunakan plugin cache WordPress, biasanya ada opsi dalam pengaturan plugin untuk membersihkan cache.

Silakan buka plugin ini jika menemui gejala masalah WordPress cache. Selanjutnya, cukup cari opsi yang berkaitan dengan membersihkan cache dan ikuti petunjuk yang diberikan.

  1. Hapus Cache Manual

Opsi lain jika tidak menggunakan plugin cache, kalian dapat membersihkan cache secara manual dengan menghapus file cache yang ada. File cache biasanya disimpan dalam direktori wp-content/cache. Nah, silakan temukan file cache pada direktori ini dan hapuslah file tersebut untuk membersihkannya.

  1. Gunakan Pembaruan Konten

Jika sudah melakukan perubahan pada website, seperti mengganti tema baru, coba deh untuk mengubah nama file cachenya. Mengganti nama file cache dapat membantu memperbarui cache secara otomatis. Hal ini memastikan pengunjung mendapatkan versi terbaru dari halaman.

  1. Refresh Browser

Terakhir, kalian juga bisa melakukan refresh browser, loh. Refresh browser kembali untuk memastikan kalian bisa melihat halaman yang telah diperbarui. Jika dibutuhkan, kalian juga dapat membersihkan cache web browser.

Simpulan

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penggunaan cache dalam WordPress sangat penting untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja website. Nah, kalian dapat memilih cara menghapus WordPress cache yang paling sesuai, baik dengan plugin cache atau secara manual.

Apabila ingin pengelolaan WordPress yang antiribet, kalian bisa menggunakan layanan WordPress hosting dari Jetorbit! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment