Apa Itu Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget di WordPress

Sharing is caring!

WordPress memiliki fitur bawaan yang bernama widget. Nah, widget ini memiliki peran penting dalam pembuatan website dengan WordPress dan fitur ini hampir tidak mungkin ditinggalkan oleh pengguna. Bagi pengguna WordPress baru, yuk ketahui lebih detail lagi tentang widget di artikel Apa Itu Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget di WordPress

Apa Itu Widget WordPress?

Widget adalah sebuah blok kecil yang melakukan fungsi tertentu. Kalian dapat menambahkan widget ini di bagian area sidebar maupun pada area tertentu yang menjadi bagian dari area widget. Selain area sidebar, widget juga biasa digunakan pada bagian footer, header, maupun bagian layout homepage.

Widget awalnya diciptakan untuk menyediakan cara sederhana dan mudah digunakan memberikan desain dan struktur pengendalian dari tema WordPress kepada pengguna. Salah satu keunggulan widget adalah elemen ini memungkinkan kalian menambahkan berbagai fitur canggih di halaman situs.

Widget WordPress Default

Secara default, WordPress menyediakan macam-macam widget untuk blog atau website kalian, antara lain:

  1. Archive untuk menampilkan postingan bulanan.
  2. Audio memungkinkan kalian untuk menyematkan pemutar audio di halaman tertentu.
  3. Calendar untuk menampilkan tanggal, bulan, dan tahun.
  4. Categories untuk menampilkan daftar atau menu drop-down untuk kategori postingan.
  5. Gallery untuk menampilkan galeri gambar.
  6. Image untuk menampilkan gambar.
  7. Meta untuk menampilkan webmaster login, RSS, dan link WordPress.org.
  8. Navigation Menu untuk menambahkan menu navigasi pada sidebar.
  9. Pages untuk membuat daftar halaman.
  10. Recent Comment untuk menampilkan komentar terbaru di halaman kalian.
  11. Recent Post untuk menampilkan postingan terbaru.
  12. RSS yang merupakan entry untuk RSS atau Atom feed.
  13. Search untuk menampilkan kolom pencarian di situs.
  14. Tag Cloud untuk menampilkan tag pada postingan.
  15. Videos untuk menampilkan video yang disematkan dari penyedia video populer.

Cara Menambah Widget di WordPress

Okay, kita lanjutkan yuk ke cara menambahkan widget di WordPress. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke dashboard WordPress.
  • Klik Appearance lalu klik Widgets.
apa-itu-widget-1
  • Di sisi kiri ada beberapa widget yang bisa ditambahkan dan ada area widget di sisi kanan. Contoh di sini menggunakan tema Radcliff dari Anders Noren yang memungkinkan kalian menempatkan widget di footer.
  • Drag-and-drop widget ke area yang diinginkan. Pada contoh ini, kita gunakan widget Video, Calendar, Categories, dan Meta. Untuk beberapa widget, seperti video, kalian perlu secara manual mengunggah atau menambahkan link video yang ingin disematkan (embed). Kali ini menggunakan video dari YouTube.
apa-itu-widget-2
  • Done! Tampilan di website akan terlihat seperti pada screenshot di bawah ini.
apa-itu-widget-3

Eitss, ada juga cara menambahkan widget pada blog atau website secara real-time melalui menu Customize. Kalian bisa langsung melihat tampilan situs sambil melakukan perubahan. Kalian bisa mengaksesnya melalui opsi Appearance pada wp-admin atau Customize pada website dengan login sebagai webmaster.

apa-itu-widget-4

Salah satu fitur keren dari manajemen widget WordPress adalah kalian bisa menyembunyikan widget untuk sementara. Jadi, untuk sementara kalian bisa menyeretnya ke panel Inactive Widgets di area wp-admin.

Selain itu, ada panel Inactive Sidebar untuk memuat widget yang tidak digunakan apabila kalian perlu mengganti tema dengan opsi yang area widgetnya berbeda. Kalian nanti bisa kembali mengaktifkan widget dengan menyeretnya ke area widget pada tema baru.

Cara Menambah Widget Baru

Kali ini akan diberikan contoh cara menambahkan widget media sosial yang memungkinkan kalian berkomunikasi dengan para pengunjung dan pembaca setia. Sebagai contoh kalian bisa menggunakan plugin Simple Social Icons.

Buka menu Plugins di dashboard admin WordPress dan klik Add New. Pada kolom pencarian, ketikkan Simple Social Icons lalu instal dan aktifkan plugin tersebut.

apa-itu-widget-5

Tambahkan widget Simple Social Icons dan masukkan link media sosial kalian. Plugin ini bisa menautkan website kalian ke berbagai channel media sosial populer. Tampilannya bisa dilihat seperti di bawah ini.

apa-itu-widget-6

Okay Guys, itulah penjelasan tentang widget dan bagaimana menambahkan widget di WordPress. Semoga artikel ini dapat menambah referensi dasar terkait WordPress ya 🙂

Guys, luncurkan website berbasis WordPress kalian yuk dengan Jetorbit. Tentunya dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta Gratis Theme Premium! Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Kalau ada sumur di ladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau kamu udah meriang

Udah, kerjaan segera diakhiri

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget di WordPress
Artikel
Apa Itu Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget di WordPress
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi pengguna WordPress baru, yuk ketahui lebih detail tentang widget di artikel Apa Itu Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget di WordPress
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment