Apa Itu Webinar dan Jenis-jenis Webinar

Sharing is caring!

Saat ini, webinar menjadi salah satu media yang mulai digunakan untuk membagikan informasi. Kalian pernah mendengar istilah ini kah? Atau, kalian justru udah pernah bahkan terbiasa ikut webinar? Nah, kali ini kami akan menyampaikan seluk-beluk terkait webinar. Okay, yuk baca Apa Sih Itu Webinar dan Jenis Webinar

Apa Itu Webinar?

Webinar itu singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara untuk membagikan materi melalui media elektronik maupun internet.

Jenis-jenis Webinar

Yuk kita pahami bersama terkait beberapa jenis webinar yang telah dikutip dari entrepreneur.com berikut ini:

The Lead-Generation or Sales Webinar

Jenis webinar ini sering dipakai oleh para marketer untuk meningkatkan jumlah leads. Jenis webinar ini biasanya hanya meminta peserta untuk mendaftarkan data diri dan email di website. Sebagai gantinya, panitia akan memberikan akses ke webinar serta materi atau modul yang nantinya akan dibutuhkan saat seminar berlangsung.

Nah, kalau kalian seorang marketer yang mau menggunakan jenis webinar ini, pastikan kalian tak hanya mengincar peningkatan jumlah leads ya namun sekaligus dapat memberikan ilmu atau informasi yang berguna bagi para peserta seminar. Hal ini dikarenakan tujuan webinar adalah untuk memberikan pemahaman bagi para audiensnya.

The One-Off For-Profit Webinar

Kalau kalian marketer nih, bisa dibilang kalian akan mencari keuntungan langsung melalui webinar ini. Pasalnya, para peserta yang ingin mengikuti webinar ini harus membayar terlebih dulu jika ingin mendaftar.

Namun, kelebihan yang bisa didapatkan oleh peserta webinar adalah pembicara yang sudah profesional, topik berkualitas, dan tentunya worth it antara ilmu yang sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan.

Kalau tugasmu adalah untuk mempersiapkan webinar yang satu ini, tentukan harga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan dong ya!

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Jenis webinar yang satu ini bisa disebut sebagai tipe webinar dengan topik paling mendalam. Hal ini dikarenakan webinar ini dibagi menjadi lebih dari satu episode sehingga topik yang dipilih tentunya dapat dijelaskan secara komprehensif. Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan lebih banyak jika ingin mengajukan pertanyaan di episode tersebut atau pertanyaan yang mungkin bisa menjadi topik pada seri webinar selanjutnya.

Keuntungan Menggunakan Webinar

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan webinar, baik bagi peserta maupun bagi penyelenggara/marketer

Bagi Peserta

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari mengikuti webinar dari sisi para pesertanya:

Pembelajaran mudah dan nyaman

Webinar dapat diikuti dari mana saja bahkan kalian dapat mendengarkan webinar sambil bersantai di kafe atau rumah atau melakukan kegiatan lain.

Pilihan topik yang luas

Kelas-kelas webinar yang diadakan secara gratis atau berbayar biasanya memiliki jangkauan topik yang sangat luas, mulai dari topik yang populer hingga topik yang sangat spesifik.

Informasi gratis dari pakarnya

Penyelenggara webinar seringkali mengundang para profesional dan ahli di bidangnya masing-masing sebagai pembicara. Pembicara webinar pada umumnya telah memiliki pengalaman riil terkait topik tersebut sehingga informasi yang diberikan sangat relevan serta akurat.

Sertifikat Gratis

Ada banyak sekali kelas webinar yang juga menyediakan sertifikat gratis kepada pesertanya. Sertifikat keikutsertaan dari webinar tentunya dapat menjadi bahan untuk memperkuat resume, terutama bagi para fresh graduate.

Bagi Marketer

Inilah beberapa keuntungan menggunakan webinar dari sisi marketer:

Media mengumpulkan leads

Leads yang akan kalian dapatkan di sini, tentunya merupakan orang-orang yang tertarik dengan tawaran webinar kalian. Para audiens ini adalah orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang kalian tawarkan. Oleh karena itu, silakan perhatikan pemilihan topik.

Membantu pengumpulan feedback

Jika kalian ingin mencari tau hasil dari campaign atau promo yang sudah kalian lakukan, kalian bisa memberikan kuesioner melalui webinar. Selain itu, jika kalian sedang membutuhkan inovasi baru untuk bisnis kalian nih, bisa juga lho menggunakan media ini.

Media promosi produk atau campaign terbaru

Kalian juga bisa menggunakan webinar untuk membagikan informasi terkait peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang dijalankan. Jangan lupa ya! Tetap utamakan kualitas materi yang akan dibagikan dalam seminar. 

Menunjukkan keunggulan bisnis atau keahlian brand

Kalian juga bisa membagikan informasi mengenai produk yang kalian tawarkan lho, Guys. jadi, meski kalian menyelipkan iklan di tengah materi, tetap harus diingat lho ya, berikan materi yang bermanfaat juga.

Kalian bisa meyakinkan peserta webinar terlebih dulu melalui materi yang meyakinkan. Setelah itu, kalian bisa lakukan soft-selling produk kalian di akhir seminar.

Cara Mengikuti Webinar Online

Nah, tanpa harus bertatap muka, kalian bisa mengadakan suatu seminar yang bisa saja dihadiri oleh lebih dari jumlah target seminar yang diperkirakan.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya agar kalian bisa menyusun suatu webinar yang berhasil menarik target sasaran. Oleh karena itu, kalian harus memahami terlebih dulu bagaimana alur kerja webinar.

Yang pasti nih, dengan webinar kalian bisa memangkas ongkos untuk datang ke tempat seminar misalnya. Namun konsekuensinya kalian harus menyediakan koneksi internet yang cepat. Beberapa hal yang perlu disediakan untuk menghadiri webinar adalah:

  • Perangkat elektronik, seperti laptop/komputer.
  • Email aktif untuk mendaftarkan dan menerima link yang mengarahkan kalian ke video webinar.
  • Koneksi internet stabil dan cepat beserta aplikasi browser (Chrome, Safari, Mozilla Firefox).
  • Headset/speaker.

Setelah itu, silakan ikuti langkah berikut:

  • Melakukan pendaftaran webinar di website terkait.
  • Salinlah link yang akan mengarahkan kalian ke video saat webinar berlangsung. Biasanya link ini terlampir di email konfirmasi maka silakan cek email yang kalian gunakan untuk mendaftar webinar.
  • Catat jadwal penyelenggaraan webinar.  Jika  diperlukan, buatlah pengingat di ponsel atau laptop
  • Jangan lupa, kalian harus “hadir” saat webinar berlangsung dan jika perlu persiapkan catatan.

Memilih Media Webinar

Saat ini ada berbagai aplikasi live streaming video yang bisa digunakan untuk melakukan webinar. Silakan sesuaikan berdasarkan topik, pembicara, waktu dan durasi webinar, serta jumlah peserta yang kalian harapkan.

Setelah itu, silakan pilih salah satu dari berbagai platform yang terdiri dari media sosial hingga aplikasi seperti berikut:

Zoom

apa-itu-webinar-1

YouTube Live

apa-itu-webinar-2

Facebook atau Instagram Live

apa-itu-webinar-3

GoToWebinar

apa-itu-webinar-4

WebinarJam

apa-itu-webinar-5

WebinarNinja

apa-itu-webinar-6

Nah, kalian tertarik gak nih untuk mengikuti kelas-kelas webinar? Kalau kalian sebagai marketer nih, udah siap untuk mengadakan webinar demi mencapai target pemasaran yang sudah kalian atur kah? Semuanya kembali lagi ke kebutuhan kalian sih, Guys.

Good luck, Guys!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Webinar dan Jenis-jenis Webinar
Artikel
Apa Itu Webinar dan Jenis-jenis Webinar
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian pernah dengar istilah webinar? Kami akan menyampaikan seluk-beluk terkait webinar. Yuk baca Apa Sih Itu Webinar dan Jenis Webinar
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment