Apa Itu VPS Windows, Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Memilih VPS Windows yang Tepat

Microsoft mulai merambah pada pembuatan server yang ditunjukkan lewat produk VPS windows. Hmmm, ada yang belum paham mengenai VPS Windows? Tenang, dalam artikel ini bisa kalian simak penjelasan mengenai VPS Windows. Makanya, simak sampai kelar yuk Apa Itu VPS Windows, Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Memilih VPS Windows yang Tepat

Apa Itu VPS Windows?

VPS windows merupakan server virtual yang yang berbasis sistem operasi windows. VPS ini menawarkan lingkungan yang didedikasikan bagi user dapat mengoperasikan aplikasi, host website, dan tugas-tugas lainnya. 

Nah, karena sifatnya yang virtual tersebut sehingga membuat beberapa server bisa dijalankan secara mandiri pada suatu server fisik yang sama. Selain itu, masing-masing server virtual  dapat diaplikasikan pengaturan yang berbeda-beda.

Fitur-fitur VPS Windows

Berikut ini fitur-fitur penting yang ada di dalam VPS windows:

  1. Kecepatan Sistem yang Mengagumkan

VPS windows mampu menghadirkan performa yang luar biasa pada sistem yang kalian bangun. Lebih spesifiknya, sistem tersebut dapat bekerja dua kali lebih cepat dibanding sebelumnya. 

  1. Kontrol Penuh 

VPS windows memberikankan akses sepenuhnya untuk memiliki semua sumber daya yang ada di situ. Jadi, kalian dapat sangat leluasa memasukkan software apa saja yang kalian mau tanpa adanya hambatan.  

  1. Dukungan Customer Service yang Kompeten

Sangatlah wajar sih jika masih mengalami kesulitan bagi pemula dalam mengelola server. Dalam situasi seperti ini, kalian bisa tetap tenang karena VPS windows menyediakan dukungan setiap saat. Silakan menghubungi mereka via email maupun panggilan telepon. CS yang ada akan selalu siap sedia membantu mengatasi kesulitan yang sedang kalian alami. 

Manfaat VPS Windows

Secara umum, VPS windows memiliki berbagai manfaat sebagai berikut: 

  1. Dapat Difungsikan Sebagai Hosting Website

Dalam mengelola website, sangat bisa kalian memakai VPS windows . Namun, sebelum itu kalian harus menginstal perangkat lunak tambahan semacam APS.NET atau IIS Web Server.

  1. Menjadi Direktori Aktif

Bagi yang belum tahu, direktori aktif dalam website merupakan fitur yang memberikan akses memakai sumber daya jaringan dari server. Baik dalam jaringan pada skala lokal maupun secara global. 

Oia, fitur tersebut juga memberikan bantuan bagi kalian untuk mencari, menyimpan, memproteksi, dan memperoleh informasi dari suatu jaringan. Seperti, informasi terkait akun-akun user yang terdaftar dalam server. 

  1. Berperan Sebagai Backup Bagi Server Utama

Terjadinya musibah memang tidak ada yang tahu kapan akan terjadi. Hal ini juga berlaku dalam pengelolaan server. Suatu saat bisa mengalami down, kena virus, hack, dan lain-lain. Nah, VPS windows yang dapat menjadi tempat mencadangkan data-data penting dalam server utama. Jika suatu suatu saat timbul hal-hal yang tidak diinginkan pada server utama, kalem, masih ada data dari tempat backup.  

  1. Menjalankan Server dari Manapun 

Jika tetiba terjadi trouble dalam server, kalian harus datang langsung. Itu sungguh tidak praktis, kan? 

Kini, dengan VPS dari windows, kalian tak perlu khawatir karena memberikan kalian akses ke dalam server secara remote. Makanya, kalian dapat masuk ke dalam server di mana pun dan kapan pun yang diinginkan.

Kelebihan VPS Windows

  • User interface yang kemungkinan besar sudah cukup banyak orang familiar karena kesehariannya, sudah sering bersinggungan dengan software windows. Dengan begitu, tak perlu butuh waktu yang terlalu lama untuk beradaptasi.  
  • Kompatibel dengan .NET framework yang sangat ideal untuk .NET application.
  • Database yang kompatibel dengan software Microsoft SQL server and access.
  • Panel kontrol yang berkualitas bagus karena menunjang berbagai penjalanan aplikasi.
  • Terintegrasi dengan produk-produk microsoft lainnya semacam sharepoint dan exchange.
  • Bisa diakses secara remote.

Kekurangan VPS Windows

  • Harga yang relatif lebih mahal karena adanya biaya tambahan untuk lisensi.
  • Relatif lebih berat karena memiliki sumber daya yang lebih banyak.
  • Dijalankan dengan sistem yang tertutup, hanya yang punya lisensi yang bisa mengakses. 
  • Membutuhkan downtime yang lebih lama setelah mengalami pembaharuan.

Cara Kerja VPS Windows

Cara kerja dari VPS windows sama seperti VPS pada umumnya. Di sini ada sebuah server fisik yang terbagi ke dalam beberapa server virtual yang memiliki sumber dayanya sendiri-sendiri.

Contoh, ada server fisik dengan spesifikasi 8 core, RAM 8GB, dan ruang penyimpanan 512 GB. Selanjutnya, server fisik tersebut ingin pengelola bagi menjadi 8 bagian server virtual. Dengan demikian, masing-masing user memperoleh 1 core, RAM 1 GB, dan penyimpanan 64 GB.

Ya memang di sini masih harus berbagi server dengan user lain sih namun sumber dayanya eksklusif untuk kalian saja. Tidak akan sampai tercampur dengan sumber daya user lain, kok. Hal yang membuat website maupun aplikasi yang diciptakan menjadi lebih optimal. 

Oia, poin yang tak kalah penting adalah keamanannya pun lebih terjamin karena semua sudah ada proteksinya. Apabila website atau aplikasi yang dibuat sedang trouble, tidak akan menulari user lain, kok. Begitu pun sebaliknya.

Memilih VPS Windows yang Tepat

Bagaimana cara memilih layanan yang tepat dari sekian banyak pilihan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan? Berikut ini beberapa pertimbangan yang patut kalian perhatikan: 

  1. Perhatikan Harga dan Layanan yang Didapatkan

Umumnya manusia akan berupaya mendapatkan harga yang murah saat membeli. Namun, perlu diingat pula bahwa harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Makanya, kalian wajib cari tahu dulu ya aspek-aspek seperti di bawah ini:  

  • Kompetensi dari CS saat merespon pertanyaan user.
  • Ada tidaknya perawatan rutin pada VPS.
  • Kualitas perangkat penyimpanan.
  1. Lebih Baik Jika Mendapatkan Bantuan Pengelolaan

Secara umum, mayoritas VPS yang berada di bawah naungan windows memberikan layanan managed dan unmanaged. Dalam layanan managed, artinya setelah memperoleh jatah server maka tak akan ditinggalkan begitu saja. Namun, mendapatkan supervisi dari para ahli yang perusahaan sediakan. 

Salah satu keuntungan adanya supervisi ini adalah membuat kalian tak perlu pusing memikirkan soal maintenance. Sebab, sudah diurus oleh orang yang mendapat tanggung jawab untuk membantu mengelola server.  

Sedangkan pada unmanaged, kalian pasti akan merasa kerepotan sebab semuanya harus dilakukan secara mandiri. Layanan ini sangat tidak direkomendasikan jika belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai soal pengelolaan server. Makanya, jika berencana membuka server, jangan terlalu terburu-buru, ya. 

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment