Apa Itu Social Bookmarking, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Jika kalian seorang yang berprofesi sebagai blogger atau digital marketing dan sejenisnya, istilah social bookmarking tentu sering dijumpai. Jika kalian pemilik website atau blog yang sedang melakukan optimasi SEO, social bookmarking ini sangat berperan penting dan perlu diperhatikan. Yuk langsung simak saja Apa Itu Social Bookmarking, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Apa Itu Social Bookmarking?

Social bookmarking adalah metode atau cara yang digunakan untuk menaikkan performa SEO dari sebuah website atau bisnis. Konsep ini hampir sama dengan sistem bookmark pada umumnya yang bertujuan untuk menyimpan URL. Namun, social bookmarking juga bermanfaat bagi SEO. 

Melalui social bookmarking, bisa meningkatkan traffic serta backlink berkualitas loh untuk mengoptimasi performa website. Konsep kerja social bookmarking adalah dengan menyimpan atau menautkan URL agar mudah dicari saat ingin membukanya kembali.

Menurut Webopedia, social bookmarking dianggap sebagai tag yang biasa digunakan dalam sebuah blog dengan menargetkan keyword tertentu untuk ditambahkan link di dalamnya. Tag juga berfungsi untuk memudahkan identifikasi sebuah gambar atau kategori topik.

Sedangkan Hubspot mengartikan social bookmarking sebagai metode penyimpanan URL spesifik untuk dikunjungi kembali di lain waktu.

Hal ini juga bermanfaat bagi marketer karena pengguna dapat menambahkan, membuat tulisan, dan berbagi halaman web yang di-bookmark dengan tim mereka. Social bookmarking sendiri bisa bersifat publik maupun seperti search engine.

Manfaat Social Bookmarking dan Pentingnya Bagi SEO

Berikut ini adalah manfaat social bookmarking:

  • Lebih mudah terindeks search engine: Ada perbedaan waktu lamanya indexing antara memposting konten di blog sendiri dan di platform social bookmarking. Robot search engine Google umumnya butuh waktu relatif lama untuk mengindeks konten baru pada website. Sedangkan, konten di social bookmark hanya butuh waktu singkat bahkan dalam hitungan menit.
  • Backlink gratis: Kalian dapat meningkatkan kredibilitas website di mata Google secara free. Caranya dengan membuat artikel di situs social bookmark dan menyisipkan link menuju website milik kalian. Dengan begitu, website memiliki peluang lebih besar mengalami peningkatan peringkat hasil penelusuran.
  • Meningkatkan trafik: Jika ingin meningkatkan trafik maka social bookmarking bisa menjadi salah satu metode yang tepat. Jadi, kalian hanya perlu memposting artikel dan menambahkan backlink yang diarahkan langsung ke halaman website. Cara ini cukup ampuh dan sering digunakan praktisi SEO untuk menaikkan trafik kunjungan.
  • Membangun reputasi: Dengan social bookmarking, memungkinkan membangun reputasi yang baik untuk brand atau bisnis. Apalagi jika isi konten relevan dengan minat pembaca maka membangun sebuah komunitas bukan hal mustahil.
  • Media promosi: Situs social bookmark umumnya bisa diakses secara gratis. Kalian bisa memanfaatkan sebagai media promosi tanpa keluar biaya sama sekali. Dalam promosi, social bookmarking berperan untuk meningkatkan brand awareness produk.

Cara Mengoptimalkan Social Bookmarking

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan jika ingin mengoptimalkan social bookmarking untuk keperluan SEO website, yakni sebagai berikut:

Memprioritaskan platform dofollow

Dalam optimasi SEO ada dua jenis link yang wajib diketahui, yakni dofollow dan nofollow. Perbedaan keduanya terletak di perayapan robot search engine. Backlink dofollow pada sebuah artikel akan dirayapi atau dikunjungi oleh robot crawler. Sedangkan link nofollow akan diabaikan. Makanya, meski keduanya bisa meningkatkan trafik, sebaiknya prioritaskan link dofollow dulu karena berpengaruh terhadap peringkat blog.

Menyesuaikan kategori

Ada berbagai macam jenis platform social bookmarking, misalnya education, news, entertainment, automotive, dan sebagainya. Pastikan pilih platform yang sesuai dengan kategori atau niche blog. Pasalnya hal ini berpengaruh besar terhadap kualitas backlink yang dibuat.

Jangan membuat konten duplikat

Terkadang orang malas sehingga membuat konten social bookmarking dengan cara copy paste konten yang sebelumnya di-publish di blog mereka. Perlu digarisbawahi ya bahwa semua search engine melarang dan sangat membenci duplikasi konten. 

Contoh Social Bookmarking

Anyway, kalian juga wajib tahu beberapa platform social bookmarking yang sering digunakan.

1. Twitter

Berdasarkan laporan dari we are social, di Indonesia sendiri jumlah pengguna Twitter sudah mencapai lebih dari 18 juta orang. Oleh sebab itu, banyak dari para penulis memanfaatkan media ini. Sebab, selain bisa menulis secara gratis, kalian juga bisa mudah mempromosikan tulisan kalian dengan mudah dan menghasilkan banyak pengunjung.

2. Pinterest

Pinterest adalah platform yang berfungsi untuk virtual pinboard, kalian bisa menjelajahi berbagai foto, gambar, serta video yang bisa dipersonalisasikan berdasarkan selera pengguna. Peran Pinterest dalam social bookmark adalah untuk mengategorisasi atau membuat kumpulan karya yang bisa disesuaikan dengan palet, konsep, dan sejenisnya dengan menggunakan keyword yang relevan sehingga bisa muncul di SERP.

3. StumbleUpon

StumbleUpon merupakan situs sosial bookmark yang memungkinkan para penggunanya untuk menemukan dan merekomendasikan konten web yang ada. Fitur-fitur yang ada memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan menilai halaman web. Foto dan video yang dipersonalisasikan sesuai selera dan kepentingan mereka dengan menggunakan peer-sourcing dan prinsip-prinsip situs jejaring sosial.

Saat ini tersedia beberapa versi toolbar untuk Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer. StumbleUpon juga tersedia untuk beberapa penjelajah web independen yang berbasis Mozilla Firefox. Toolbar untuk pihak ketiga juga telah diciptakan untuk Safari dan Opera.

4. Medium

Medium menjadi platform yang bisa digunakan untuk guest post atau sebagai social bookmarking. Dalam hal ini, Medium memfasilitasi penggunanya untuk bebas menuliskan apapun dengan jumlah karakter yang tak terbatas. Manfaat Medium dalam social bookmarking adalah untuk mendapatkan backlink dofollow dengan kualitas baik tanpa harus mengeluarkan biaya.

5. Tumblr

Tumblr adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek.

Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka “dasbor”; nah, di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

6. Quora

Quora adalah media yang bisa digunakan untuk sosial media bookmark demi meningkatkan kualitas backlink. Peran Quora dalam social bookmarking adalah dengan memberikan media untuk mencantumkan link spesifik yang bisa diunggah secara publik.

Sudah Tahu kan Apa Itu Social Bookmarking?

Jadi, bisa disimpulkan bahwa social bookmarking adalah aktivitas yang dilakukan dalam mengelola dan mengunggah konten untuk berbagi informasi ke pengguna lain. Social bookmarking bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan optimasi SEO blog atau website dengan cara menyisipkan link di dalam konten.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment