remote procedure calls

Singkatan RPC ini ada beberapa kepanjangan nih makanya di sini kami ingin membahas salah satu kepanjangan RPC, yakni Remote Procedure Calls. Tak usah kelamaan bingungnya, simak sampai tuntas saja yuk Apa Itu RPC, Kelebihan, dan Cara Kerja

Apa Itu RPC

Remote Procedure Call (RPC) adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain. Untuk dapat melakukan ini, sebuah server harus menyediakan layanan remote procedure.

Pendekatan yang dilakukan adalah sebuah server membuka socket lalu menunggu client yang meminta prosedur yang disediakan oleh server. Jika client tidak tahu harus menghubungi port yang mana, client bisa me-request kepada sebuah matchmaker pada sebuah RPC port yang tetap. Matchmaker akan memberikan port apa yang digunakan oleh prosedur yang diminta client.

RPC masih menggunakan cara primitif dalam pemrograman, yaitu menggunakan paradigma procedural programming. Hal itu membuat kita sulit ketika menyediakan banyak remote procedure. RPC menggunakan socket untuk berkomunikasi dengan proses lainnya. Pada sistem seperti SUN, RPC secara default sudah ter-install ke dalam sistemnya.

Implementasi RPC

Untuk prosesnya kurang lebih sama dengan RMI. Kalau RMI kita mengenal proxy dan skeleton, pada RPC dikenal dengan Stub (Client stub dan Server stub)

implementasi RPC

Remote Reference Modul dan Communication Modul berada pada tatanan sistem operasi. Contoh implementasinya adalah Sun Microsystems Open Network Computing (ONC): RPC specification, XDR (eXternal Data Representation) standard, UDP, atau TCP transport protocol. 

Courier: RPC model, data representation standard, XNS (Xerox Network Systems), SPP (Sequenced Packet Protocol) sebagai transport protocol, Apollo s Network Computing Architecture (NCA), RPC protocol, NDR (Network Data Representation).

Cara Kerja RPC

Tiap prosedur yang dipanggil dalam RPC maka proses ini harus berkoneksi dengan server remote dengan mengirimkan semua parameter yang dibutuhkan, menunggu balasan dari server, melakukan proses kemudian selesai. Proses di atas disebut juga dengan stub pada sisi klien. Sedangkan stub pada sisi server adalah proses menunggu tiap message yang berisi permintaan mengenai prosedur tertentu.

apa itu RPC

Diagram di atas memberikan gambaran mengenai flow dari eksekusi dalam proses RPC. Berikut ini adalah diagram yang akan menjelaskan secara rinci mengenai proses yang terjadi pada klien dan server dalam eksekusi suatu prosedur RPC:

Berikut adalah penjelasan dari diagram di atas:

  1. Klien memanggil prosedur stub lokal. Prosedur Stub akan memberikan parameter dalam suatu paket yang akan dikirim ke jaringan. Proses ini disebut sebagai marshalling.
  2. Fungsi Network pada O/S (Operating system – Sistem Operasi) akan dipanggil oleh stub untuk mengirim suatu message.
  3. Kemudian Kernel ini akan mengirim message ke sistem remote. Kondisi ini dapat berupa connectionless atau connection-oriented.
  4. Stub pada sisi server akan melakukan proses unmarshals pada paket yang dikirim pada network.
  5. Stub pada server kemudian mengeksekusi prosedur panggilan lokal.
  6. Jika eksekusi prosedur ini telah selesai maka eksekusi diberikan kembali ke stub pada server.
  7. Stub server akan melakukan proses marshals lagi dan mengirimkan message nilai balikan (hasilnya) kembali ke jaringan.
  8. Message ini akan dikirim kembali ke klien.
  9. Stub klien akan membaca message ini dengan menggunakan fungsi pada jaringan.
  10. Proses unmarshalled kemudian dilakukan pada message ini dan nilai balikan akan diambil untuk kemudian diproses pada proses lokal.

Proses di atas akan dilakukan berulang-ulang (rekursif) dalam pengeksekusian RPC dalam suatu remote sistem. Contoh aplikasi untuk meremote pada teknik RPC (Remote Procedure Call) adalah menggunakan putty untuk melakukan SSH.

Kelebihan RPC

Berikut ada beberapa kelebihan dari RPC:

  • Relatif mudah digunakan.
  • Pemanggilan remote procedure tidak jauh berbeda dibandingkan pemanggilan local procedure. Sehingga, pemrogram dapat berkonsentrasi pada software logic, tidak perlu memikirkan low level details, seperti soket, marshalling, dan unmarshalling.
  • Robust (sempurna).
  • Sejak th 1980-an RPC telah banyak digunakan dalam pengembangan mission-critical application yang membutuhkan scalability, fault tolerance, dan reliability.

Kelemahan RPC

Berikut beberapa kelemahan dari RPC:

  • Tidak fleksibel terhadap perubahan.
  • Static relationship between client & server at run-time.
  • Berdasarkan prosedural/structured programming yang sudah ketinggalan jaman dibandingkan Object Oriented Proggraming.
  • Kurangnya location transparency.
  • Misalnya pemrogram hanya boleh melakukan pass by value, bukan pass by reference.
  • Komunikasi hanya antara 1 klien & 1 server (one-to-one at a time).
  • Komunikasi antara 1 klien & beberapa server membutuhkan beberapa koneksi yang terpisah.

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa Remote Procedure Call (RPC) merupakan sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain. Nah, untuk dapat melakukan ini, sebuah server harus menyediakan layanan remote procedure

Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan kalian, lho.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment