ram-timing

Apa Itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?

Sharing is caring!

RAM merupakan komponen inti komputer. Jika tidak memiliki desain rad heat spreader dan aksesoris RGB, RAM jarang terkena sinar matahari. Yuk baca selengkapnya Apa Itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?

Menemukan RAM Clock Speed Anda

Kecepatan RAM Anda dapat ditemukan pada kotak atau modul melalui software, seperti CPU-Z atau di dalam BIOS/UEFI. Nama lengkap modul RAM Anda akan menjadi seperti berikut:

DDR4 3200 (PC4 25600)

DDR4 menjelaskan generasi DDR yang kompatibel dengan chip. Nomor yang sama (2, 3, atau 4) muncul di nomor PC, menjelaskan hal yang sama.

Angka empat digit pertama, 3200 dalam contoh di atas, sering dikatakan menunjukkan RAM clock speed dalam megahertz. Itu sebenarnya hanya tipuan pemasaran namun tidak perlu merasa buruk: kesalahpahaman secara langsung didorong oleh PC OEM dan pengecer. Angka tersebut sebenarnya melaporkan kecepatan data, diukur dalam megatransfers per detik atau 106 operasi transfer data perdetik.

Dalam DDR RAM, clock speed sebenarnya adalah setengah dari kecepatan data – 1600 MHz, dalam contoh di sini, meskipun kecepatan tersebut ditingkatkan dari internal clock speed RAM 400 MHz melalui multiplicative pre-fetch bits. Namun, karena DDR mentransfer data dua kali perdetak jam, clock speed efektif dapat dikatakan dua kali lipat clock speed sebenarnya. Hasilnya, kecepatan data efektif sama dengan clock speed nyata RAM dalam MHz.

Nomor PC, 25600 dalam contoh di sini, menunjukkan kecepatan transfer yang diukur dalam megabyte perdetik (MB/s). Dengan mengalikan kecepatan data (dalam megatransfers) dengan lebar dari I/O bus (64-bit di semua motherboard modern), kita dapat menentukan kecepatan transfer maksimum yang memungkinkan:

3200 megatransfers perdetik x 64 bits pertransfer / 8 bits perbyte = 25600 MB/s

Setiap angka secara independen memberitahu Anda seberapa cepat RAM. Namun kedua angka tersebut memberikan informasi yang sama, hanya saja dalam bentuk yang berbeda.

Apa Itu RAM Timing?

Pengaturan waktu (timing) adalah cara lain untuk mengukur kecepatan RAM. Pengaturan waktu mengukur latensi antara berbagai operasi umum pada chip RAM.

Latensi adalah penundaan antaroperasi. Hal ini dapat dianggap sebagai “waiting time”. Pengaturan waktu minimum ditentukan oleh spesifikasi sehingga Anda dapat membaca tabel pengaturan waktu RAM tercepat untuk setiap spesifikasi DDR.

Di sini mengukur waktu RAM dalam siklus jam. Pengecer mencantumkan waktu sebagai empat angka yang dipisahkan oleh tanda hubung, seperti 16-18-18-38. Angka yang lebih kecil, lebih cepat. Urutan angka akan memberi tahu Anda terkait artinya.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. 

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?
Artikel
Apa Itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
RAM merupakan komponen inti komputer. Jika tidak memiliki desain rad heat spreader dan aksesoris RGB. Yuk baca Apa Itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo