profesi digital marketing

Salah satu alasan mengapa karier di digital marketing begitu menarik adalah karena bidang ini terus berkembang seiring dengan diperkenalkannya berbagai platform. Apalagi seorang digital marketing manager selalu melihat tren. Okay, tak perlu berlama-lama, simak saja yuk Apa Itu Profesi Digital Marketer dan 10 Peluang Pekerjaan dalam Digital Marketing

Membangun pengalaman dalam digital marketing mencakup hampir semua aspek kehadiran brand secara online. Saat search engine meluncurkan pembaruan baru maka seorang digital marketer menentukan bagaimana pengaruhnya terhadap website ranking. Dari sanalah seluruh tim marketing akan bekerja sama untuk membuat strategi.

Mengapa Profesi Digital Marketer Sangat Penting?

Kalian tentu menyadari bahwasanya traditional marketing masih memiliki tempatnya. Sedangkan digital marketing dengan cepat mengambil alih berkat keterjangkauan dan analitiknya yang sangat akurat dan bisa diolah dengan cepat.

Seorang digital marketing manager saat ini dapat melihat dengan tepat dari mana orang-orang berasal, apa yang mereka lakukan di suatu website, dan taktik mana yang menghasilkan ROI tertinggi. Pendekatan berbasis data ini memudahkan para profesional untuk membuktikan value mereka dan para pemimpin untuk melihat strategi mana yang paling efektif.

Bagaimana Memulai Profesi sebagai seorang Digital Marketer?

Saat kalian memulai digital marketing, penting untuk memahami spesialisasi utama dalam industri ini. Ada banyak peran pekerjaan digital marketing yang perlu dipertimbangkan tentu dengan keahlian masing-masing untuk dikuasai, antara lain:

Email Marketing

Salah satu keahlian seorang digital marketer biasanya perlu menguasai adalah kemampuan pada email marketing, yang mana kalian mengirim email ke daftar yang ditargetkan. Nah, poinnya adalah penargetan itulah yang membutuhkan keterampilan khusus.

Email marketing dikirim ke daftar pelanggan dan prospek untuk menghidupkan bisnis dan membangun awareness produk dan layanan sebuah bisnis. Email marketing juga sering dikirim untuk melibatkan audiens, bahkan ketika tidak ada penjualan. Tugas seorang digital marketer untuk menguji subject, teks, dan format yang berbeda untuk melihat email mana yang paling menarik perhatian.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO mungkin akan memainkan peran penting dalam digital marketing. Ini adalah tulang punggung dari setiap konten yang ditulis karena semua konten memiliki tujuan untuk dapat ditemukan.

Salah satu peran penting dalam digital marketing inilah yang membutuhkan seorang SEO specialist. Ada kebutuhan besar bagi para profesional yang memahami social media, content quality scoring, competitive analysis, mobile search, dan website analytics. Semua dasar ini harus dicakup untuk memaksimalkan traffic online.

Copywriting

Saat kalian mendapatkan pengalaman dalam digital marketing, kalian akan menyadari betapa banyak penulisan yang terlibat dalam prosesnya. Copywriter menghasilkan berbagai konten, termasuk tagline, deskripsi produk, email, iklan, dan banyak lagi. Mereka bahkan memproduksi konten non-digital seperti surat langsung dan skrip video. Copywriter tentu membutuhkan latar belakang menulis yang kuat tapi di luar itu, mereka juga harus kreatif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, lho.

Content Writing

Sepintas, penulisan konten dan copywriting mungkin tampak seperti peran digital marketing tapi saat kalian memulai digital marketing, kalian akan melihat bahwa mereka memiliki dua pekerjaan yang berbeda.

Content writer fokus secara khusus pada content yang lebih panjang yang menarik pembaca ke website dan memelihara mereka sepanjang sales cycle. Mereka membuat whitepaper dan studi kasus, posting blog, dan e-book yang mengedukasi pembaca dan membuat mereka kembali lagi.

Social Media Marketing

Bukan rahasia lagi bahwa social media marketing adalah bagian besar dari digital marketing. Seorang social media manager mempromosikan brand di berbagai channel, seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan sebagainya.

Social media manager mengembangkan strategi campaign, video, serta grafik; dan meneliti tren audiens untuk tampil di depan orang yang tepat. Ini merupakan pekerjaan yang menjembatani penulisan, desain, dan project management, dan seringkali membutuhkan kemampuan untuk bekerja di luar jam kerja guna menanggapi pesan yang masuk.

Search Engine Marketing (SEM)

Masih banyak yang masih keliru membedakan antara Search Engine Marketing (SEM) dengan Search Engine Optimization (SEO). perbedaan utamanya adalah SEM menyertakan taktik berbayar. Seorang SEM manager meneliti tren keyword untuk melihat apa yang dicari orang dan menentukan jumlah yang sesuai untuk menawar istilah tersebut sehingga halaman perusahaan muncul di hasil pencarian. Ini adalah perpaduan antara SEO dan advertising yang membantu menarik traffic ke website.

Ada banyak tools dan platform yang digunakan untuk meneliti istilah pencarian, mengelola bidding, dan melakukan A/B testing untuk melihat variasi mana yang paling efektif.

Masih banyak lagi skill lho yang diperlukan untuk menjadi seorang digital marketer ketika kalian ingin berkarier di bidang digital marketing.

Peluang Pekerjaan di Bidang Digital Marketing

Berikut beberapa peluang pekerjaan yang bisa kalian dapatkan jika belajar digital marketing:

1. Content Strategist/Social Media Strategist

Content strategist atau ada yang menyebutnya social media strategist, bertanggung jawab dalam mengatur strategi yang tepat untuk konten-konten yang akan dibagikan, membuat rencana untuk sebuah campaign agar mencapai KPI (Key Performance Indicator), merancang strategi promosi melalui berbagai social media. Seorang content strategist harus mampu menganalisis traffic social media dengan memiliki kemampuan SEO (Search Engine Optimization).

2. Social Media Specialist

Social media specialist merupakan sebuah profesi yang mana seseorang bertugas membuat konten yang telah dirancang oleh seorang content strategist atau social media strategist. Konten-koten tersebut dapat berupa podcast, artikel, video, maupun gambar.

3. Copywriter

Biasanya copywriter akan diminta membuat tulisan untuk sebuah iklan billboard, televisi, website, media sosial ataupun membuat email marketing. Copywriter membuat sebuah tulisan dengan tujuan untuk mengajak orang lain untuk berinteraksi dengan sebuah produk. Untuk menjadi seorang copywriter, kemampuan yang harus kalian miliki yaitu mengolah kata menjadi kalimat call to action. Kata yang harus dirangkai oleh seorang copywriter harus berbentuk persuasif dan seorang copywriter harus tahu juga nih terkait bagaimana menulis seusai dengan target pasarnya.

4. Content Writer

Content writer berfokus untuk membuat konten dalam bentuk tulisan yang bertujuan untuk mengedukasi atau menghibur. Seorang content writer memang dituntut untuk menjadi kreatif. Seorang content writer dapat menulis di berbagai platform, seperti blog dan website. Terkadang mereka juga diminta untuk membuat skrip video.

5. SEO/SEM Specialist

SEO/SEM specialist bertujuan untuk memaksimalkan traffic website, membuat website agar berada di pencarian paling atas sehingga website mudah untuk ditemukan. Seorang SEO/SEM specialist harus memahami algoritma dari mesin pencarian. SEO merupakan bagian dari SEM. SEO berfokus pada memaksimalkan traffic website sedangkan SEM bagaimana memasarkan website melalui iklan ataupun hasil pencarian organik.

6. Desain Grafis

Apabila memiliki keterampilan mendesain, boleh sekali lho kalian menjadi desain grafis. Desain juga menjadi salah satu bagian dari marketing karena dengan desain yang bagus tentunya akan menarik perhatian target pasar, kan. Untuk menjadi desain grafis, kalian mesti memiliki kemampuan menggunakan beberapa software editing, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustration, Canva, Figma, dan sebagainya.

7. Web/Mobile Developer

Website menjadi salah satu kebutuhan bagi seorang pebisnis. Membangun website berarti membuka peluang 24 jam untuk mendatangkan pelanggan. Setuju, kan? Oleh sebab itu, web developer dibutuhkan dalam bidang ini. Nah, untuk menjadi seorang web developer tentu ada beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai, seperti JavaScript, HTML, CSS, JQuery, dan bahasa pemrograman lainnya.

8. UI/UX Designer

Sebelum membangun website/mobiletentunya membutuhkan bantuan seorang UI/UX designer. UI/UX designer inilah yang nantinya akan merancang bagaimana konsep sebuah website. UX designer bertanggung jawab untuk membuat pengguna merasa puas atau merasa senang ketika mengakses website/mobile. Sedangkan UI designer bertanggung jawab untuk membuat desain UI yang baik sesuai arahan UX designer.  

9. PPC Specialist

Seorang PPC specialist bertanggung jawab untuk merencanakan strategi pengiklanan. PPC specialist biasanya akan menggunakan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads, maupun Instagram Ads. PPC specialist harus mengetahui keyword yang tepat untuk menargetkan pasar, melacak metrik, dan tentunya harus mengikuti tren yang ada.

10. CRM Staff

CRM (Customer Relationship Management) staff bertanggung jawab menjaga hubungan antara pengguna dengan perusahaan. Seorang CRM harus mampu berkomunikasi dengan pengguna, mengakuisisi pengguna baru, dan menjaga hubungan dengan pengguna lama.

Okay, jadi itulah penjelasan terkait skill yang umum dikuasai di bidang digital marketing serta pekerjaan apa saja yang bisa diraih dengan mempelajari digital marketing. Gimana, kalian tertarik untuk belajar digital marketing dan bekerja di bidang tersebut?



Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment