Apa Itu Mbps dan MBps pada WiFi

Ternyata masih banyak orang yang belum tahu apa itu Mbps. Apalagi ada istilah lain yang mirip, yakni MBps. Meski hanya berbeda satu huruf saja, artinya sudah beda, loh. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja Yuk Ketahui Apa Itu Mbps dan MBps pada WiFi.!

Apa Itu Mbps?

Mbps adalah singkatan dari megabit per second. Di jaringan internet, istilah ini artinya kecepatan transfer data sesuai dengan nilai besaran Kbps yang mampu untuk upload atau download dalam satu detik.

Sedangkan Kb atau kilobyte merupakan satuan untuk mengukur kecepatan transfer data tersebut. 

Kalian sudah tahu artinya, kah? Jadi, itu artinya jika bandwidth koneksi sebesar 30 Mbps maka koneksi internet tersebut mampu mentransfer sebanyak 30 juta bit setiap detiknya. Karena 1 Mbps = 1.000.000 bps atau bit per second.

Perbedaan Mbps dan MBps

Mau tahu perbedaan antara Mbps dan MBps? Okay, kita bahas satu persatu yuk.

Mbps

Mbps adalah megabit per second. Jika dibandingkan dengan MBps, Mbps tentu lebih kecil. Karena kecepatan 8 bit pada Mbps = 1 byte pada MBps. 

Perlu diketahui bahwa bit merupakan satuan paling kecil yang terdapat di dalam komputasi, yang berupa bilangan biner, bisa 1 atau 0.

Bit juga bisa digunakan untuk mengukur data yang bergerak, selain digunakan untuk mengukur kecepatan internet. 

MBps

MBps adalah singkatan dari megabyte per second. Jika Mbps sering digunakan pada jaringan internet atau ISP, seperti Indihome, Biznet, atau yang lain.

MBps digunakan pada perangkat seperti smartphone, komputer, modem, dan lain-lain. Sudah jelas kan bahwa kecepatan internet yang diterima antara Mbps dan MBps tentu berbeda.

Agar kamu lebih paham perbedaan antara keduanya, di bawah ini akan kami sajikan tabel perbedaannya.

MbpsMBps
Megabit per secondMegabyte per second
Mengukur kecepatan koneksi internetMengukur kecepatan transfer data pada perangkat
1 Kbps = 1.000 bps1 KBps = 1.024 Bps

Tips Memilih Kecepatan Mbps pada WiFi

Okay, setelah memahami apa itu Mbps pada WiFi maka sudah bisa memilih layanan ISP yang memiliki nilai kecepatan akses yang berbeda-beda. Selain itu, parameter harga dan adanya FUP ternyata dapat mempengaruhi kecepatan Mbps yang dibutuhkan dalam satu gedung atau perkantoran.

1. Tentukan Kebutuhan Mbps Sesuai Kebutuhan Pengguna

Kecepatan Mbps pada WiFi dapat ditentukan dengan berbagai faktor antara lain jumlah pengguna dan aktivitas yang dominan dilakukan dalam satu area. Secara umum, kebutuhan Mbps pada WiFi yang digunakan oleh satu orang dengan berbagai aktivitas adalah 3 hingga 25 Mbps.

Namun, jika aktivitasnya ringan seperti halnya browsing, email, atau nonton oleh dua orang maka dapat menggunakan 3 hingga 8 Mbps. Berbeda dengan yang aktivitasnya dilakukan oleh empat orang bahkan lebih maka butuh lebih dari 25 Mbps agar akses internet lancar.

2. Pilih Layanan ISP Berdasarkan Kecepatan Akses Internet

Layanan provider yang berbeda biasanya dilihat dari beberapa faktor, salah satunya adalah kecepatan akses dan perlu dibandingkan ya dari segi spesifikasi Mbps. Selain itu, perlu diperhatikan juga dari segi satuan yang terukur oleh aplikasi Ookla Speedtest dengan nilai yang akan berbeda.

Seperti, provider A memiliki 8 Mbps atau setara dengan 1 MBps sedangkan provider B dengan 64 Mbps atau 8 MBps. Sehingga, provider B lebih cepat yang mana satuan MBps jauh lebih kencang dibanding dengan Mbps yang notabene nilainya tidak terlalu besar.

3. Cek Harga dan Adanya FUP

Harga merupakan salah satu faktor utama untuk memilih layanan ISP dengan budget yang dimiliki karena mempengaruhi waktu penawaran yang berlaku. Selain itu, adanya FUP dapat merugikan pengguna karena jika sudah tercapai kuota yang terpakai maka kecepatan akses internet pun akan diturunkan.

Satuan Kecepatan Internet Kbps, Mbps, dan Gbps

Selanjutnya akan dibahas satuan lain yang pastinya sudah sering ditemui, yakni Kbps, Mbps, dan Gbps beserta dengan kecepatan jaringannya.

Anyway, perlu tahu dulu ya bahwa semuanya berasal dari satuan terkecil, yaitu bps atau bit per second

Kbps = kilobit per second, Mbps = Megabit per second, sedangkan Gbps = Gigabit per second.

Lalu untuk besaran kecepatan jaringannya masing-masing yakni sebagai berikut:

  • 1 Kbps = 1.000 bps
  • 1 Mbps = 1.000.000 bps / 1.000 Kbps
  • 1 Gbps = 1.000.000.000 bps / 1.000 Mbps / 1.000.000.000 Kbps

Sudah Tahu kan Apa Itu Mbps?

Okay, bisa disimpulkan bahwa Megabit per second atau Mbps adalah satuan yang sering digunakan dalam kecepatan koneksi jaringan. Secara keseluruhan, pengguna wajib jeli untuk memilih provider yang terbaik untuk digunakan dengan memahami apa itu Mbps pada WiFi. Jika tidak mengetahui hal tersebut maka akan tertipu dengan marketing harga dan FUP yang mengakibatkan lambatnya akses internet.

Luncurkan website berbasis WordPress kalian dengan Jetorbit yuk, dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta gratis Theme Premium! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Yuk Ketahui Apa Itu Mbps dan MBps pada WiFi.!”

  1. […] nama AP (Access Point). Sederhananya, SSID adalah sebuah nama yang dimiliki oleh jaringan WiFi, yang mana jika ingin tersambung dengan koneksi internet harus mencari nama yang sesuai dengan […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment