Apa Itu Mailcoach, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Mailcoach, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Mailcoach hadir sebagai jawaban atas tantangan ini dengan menawarkan solusi manajemen e-mail yang tidak hanya efektif namun juga mengutamakan privasi penggunanya. Ada yang belum paham dengan mailcoach? Tenang, kalian hanya perlu membaca artikel ini sampai selesai. Okay, tak perlu banyak basa-basi, langsung simak saja yuk Apa Itu Mailcoach, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Mailcoach?

Mailcoach merupakan platform pemasaran melalui email yang dapat di host sendiri maupun di hosting secara terintegrasi dengan layanan, seperti Amazon SES, Mailgun, Postmark, atau Sendgrid untuk mengirimkan email massal dan kampanye dengan biaya terjangkau. Platform ini dapat melacak semua email transaksional yang dikirimkan oleh aplikasi kalian, loh.

Dalam bentuk cloud, mandiri, atau terintegrasi dalam suatu proyek, platform ini merupakan layanan daftar email yang sempurna untuk blogger, pengrajin, dan pengusaha. Plugin ini memungkinkan administrator untuk membuat formulir langganan ke daftar email mailcoach. Hal ini dapat diintegrasikan ke website dengan menggunakan kode singkat.

Kegunaan Mailcoach

Berikut ini beberaoa kegunaan dari mailcoach:

  1. Administrasi Langganan: Memungkinkan pengaturan daftar langganan email dengan efisien, termasuk pembuatan, pengelolaan, dan penyusunan daftar langganan sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  2. Pengiriman Pesan Email: Kalian dapat menggunakannya untuk mengirimkan pesan email kepada pelanggan. Pesan ini dapat dikirim baik dalam jumlah kecil maupun besar dengan alat pengelolaan dan pengiriman email yang efektif.
  3. Desain dan Kustomisasi Pesan: Memberikan kemampuan untuk mendesain dan menyesuaikan tampilan serta konten pesan email. Hal ini dapat disesuaikan dengan identitas merek, menciptakan pesan yang menarik dan informatif.
  4. Segmentasi Pelanggan: Kalian dapat melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan berbagai kriteria, seperti preferensi, lokasi geografis, atau riwayat pembelian, memungkinkan pengiriman pesan sesuai dengan kelompok pelanggan.
  5. Analisis Kinerja: Mailcoach menyediakan alat analisis untuk memahami kinerja kampanye email, melacak jumlah email terbuka, tautan yang diklik, tingkat bounce, dan metrik penting lainnya.
  6. Integrasi dengan Website: Dapat diintegrasikan dengan website, terutama jika menggunakan platform WordPress, memudahkan manajemen dan penyusunan formulir langganan yang terhubung langsung ke daftar email.
  7. Otomatisasi dan Alur Kerja: Kalian dapat mengonfigurasi otomatisasi dan alur kerja untuk mengirimkan pesan email sesuai dengan interaksi atau perilaku pelanggan, seperti mengirimkan pesan selamat datang setelah pelanggan berlangganan.
  8. Optimalisasi Waktu Pengiriman: Kalian dapat mengoptimalkan waktu pengiriman pesan sehingga pesan lebih efisien dan memiliki dampak yang lebih besar pada penerima. Oia, dengan mailcoach juga memungkinkan untuk menyesuaikan jadwal pengiriman email untuk mendukung tujuan dan strategi komunikasi, loh.
  9. Pengelolaan Aplikasi Pihak Ketiga: Membantu dalam pengelolaan integrasi dan penggunaan aplikasi pihak ketiga, meningkatkan fungsionalitas kampanye email.

Kelebihan Mailcoach

Selanjutnya berikut ini kelebihan yang dimiliki Mailcoach yaitu:

  1. Fleksibilitas Desain: Mailcoach memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mendesain dan menyesuaikan tampilan email, formulir langganan, dan konten email sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.
  2. Integrasi WordPress: Integrasi yang kuat dengan platform WordPress, memudahkan pengguna yang sudah terbiasa dengan WordPress untuk mengintegrasikan Mailcoach dengan website mereka.
  3. Manajemen Langganan yang Baik: Menyediakan alat untuk mengelola langganan dengan baik, termasuk opsi untuk mengatur daftar email, segmentasi pelanggan, dan memantau tingkat engagement.
  4. Analisis Kinerja: Menyediakan analisis yang mendalam tentang kinerja kampanye email, membantu pengguna untuk memahami efektivitas kampanye, dan membuat perbaikan berdasarkan data yang diperoleh.
  5. Kontrol Penuh: Memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas data pelanggan mereka, kampanye email, dan kebijakan privasi yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Mailcoach

Berikut ini beberapa kekurangan yang perlu dipahami dalam penggunaannya.

  1. Keterbatasan Fungsi pada Versi Gratis: Versi gratis mungkin memiliki keterbatasan dalam hal fungsionalitas dan fitur dibandingkan dengan versi berbayar.
  2. Kurangnya Dukungan yang Mumpuni: Dalam versi gratis, dukungan teknis dapat terbatas sehingga pengguna mungkin mengalami kesulitan jika menghadapi masalah kompleks.
  3. Biaya Berlangganan: Untuk fitur-fitur canggih dan dukungan premium maka butuh biaya berlangganan tambahan yang mungkin tidak sesuai dengan anggaran bagi beberapa pengguna.
  4. Kompleksitas Penggunaan Awal: Meski Mailcoach memiliki antarmuka yang cukup intuitif, pengguna baru mungkin butuh waktu untuk memahami seluk-beluk platform ini dan memanfaatkannya sepenuhnya.
  5. Keterbatasan Integrasi: Meski terintegrasi dengan WordPress dengan baik, Mailcoach mungkin memiliki keterbatasan integrasi dengan beberapa platform atau sistem manajemen konten lainnya.

Cara Menggunakan Mailcoach

Berikut ini cara menggunakan mailcoach agar dapat mengoptimalkan strategi komunikasi melalui email dengan efektif.

  1. Memasang Kredensial

Sebelum dapat melanjutkan pemasangan kredensial, tentunya kalian butuh Token API dan URL Mailcoach yang dapat diperoleh dari pengaturan profil Mailcoach kalian. Setelah hal tersebut dilakukan. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Login ke instansi dan akses pengaturan profil Mailcoach kalian.
  • Buat Token API baru.
  • Di panel admin WordPress kalian, buka pengaturan Mailcoach dan masukkan Token API dan URL Mailcoach.
  • Simpan pengaturannya.

Pastikan bahwa kalian dapat melihat semua daftar email dengan jumlah pelanggan. Jika tidak ada daftar yang ditampilkan, pastikan untuk membuat daftar di instansi mailcoach dahulu.

  1. Membuat Formulir

Setelah tahap memasang kredensial telah dilakukan, tahapan selanjutnya adalah beralih ke fungsionalitas inti dari plugin. Berikut ini tahapan-tahapan yang dapat dilakukan selanjutnya:

  • Buka Formulir atau bagian tambah formulir di panel admin WordPress. Pada tahapan ini dapat dengan mudah mendesain dan menyesuaikan formulir dengan HTML. Hal ini bertujuan untuk mengintegrasikan dengan tampilan dan nuansa website.
  • Bisa jadi nantinya akan ditemui peringatan mengenai daftar email dengan pesan langganan formulir eksternal tidak diaktifkan untuk daftar ini. Maka, silakan aktifkan di dashboard mailcoach. Untuk mengaktifkan langganan formulir eksternal ini, kalian dapat membuka pengaturan daftar email pada instansi mailcoach.
  • Akses tab onboarding dan aktifkan opsi izinkan post dari formulir eksternal dan jangan lupa untuk menyimpannya, ya.
  • Setelah menyimpan formulir, nantinya akan terlihat suatu kode singkat yang tidak dapat diperbarui. Salin kode singkat ini untuk nantinya digunakan. Kalian juga memiliki opsi untuk menyesuaikan pesan yang ditampilkan kepada pengguna setelah mereka mencoba berlangganan.
  1. Membedakan Formulir Pada Halaman

Tahapan selanjutnya adalah menampilkan dan membedakan formulir langganan di halaman-halaman tertentu. Silakan simak langkah-langkah berikut ini untuk dapat membedakan formulir pada halaman mailcoach:

  • Buka halaman yang diinginkan yang mana kalian ingin menampilkan formulir.
  • Tempelkan kode singkat di lokasi yang diinginkan pada halaman.
  • Pastikan kode singkat tersebut dilingkupi dalam [kurung siku].
  • Setelah memasukkan kode singkat, pratinjau halaman untuk memverifikasi fungsionalitas formulir. Harap dicatat bahwa cloudflare menyediakan perlindungan spam untuk formulir kalian.

Jadi, bisa dikatakan bahwa mailcoach merupakan sebuah platform manajemen email yang mengutamakan keamanan, privasi, dan efektivitas dalam komunikasi elektronik. Jadi, sudahkah kalian mencoba mailcoach? 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like