Apa Itu Laragon, Fitur, dan Cara Install Laragon

Mungkin bagi penggiat web, web site developer atau website programmer sudah tidak asing dengan aplikasi Laragon dan Xampp. Okay, bagi yang belum paham tentang Laragon, langsung simak sampai kelar yuk Apa Itu Laragon, Fitur, dan Cara Install Laragon

Apa Itu Laragon?

Laragon adalah lingkungan pengembangan universal yang portabel, terisolasi, cepat, dan kuat untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, dan Ruby. Aplikasi ini cepat, ringan, dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga bagus digunakan untuk membangun dan mengelola suatu aplikasi web modern. 

Biner inti itu sendiri kurang dari 2MB serta menggunakan kurang dari 4MB RAM saat dijalankan. Aplikasi ini tidak menggunakan layanan Windows, ya. Jadi, ia memiliki layanannya sendiri yaitu orkestrasi layanan yang mengelola secara asinkron dan nonpemblokiran sehingga kalian akan menemukan semuanya berjalan cepat dan lancar dengan Laragon.

Fitur Laragon

Berikut ini sebagian fitur yang terdapat di dalamnya:

1. Pretty Url’S

Jika kalian menggunakan aplikasi ini maka kalian bisa membuka proyek web site lewat app.test sebagai ganti localhost/app.

2. Portable

Kalian bisa memindahkan folder Laragon (ke disk lain, ke laptop lain, menyinkronkan ke Cloud) tanpa harus merusak platform.

3. Isolated

Laragon memiliki lingkungan yang terisolasi dengan OS kalian. Hal ini akan mempertahankan sistem kalian terus bersih.

4. Easy Operation

Tidak seperti orang lain yang menggunakan konfigurasi bagi kalian, aplikasi ini akan mengotomatiskan berlimpah konfigurasi hal yang rumit. Itulah sebabnya kalian mampu memberikan versi lain berasal dari Php, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, Mysql, Postgresql, dan Mongodb bersama dengan ringan.

5. Modern & Powerful

Aplikasi ini amat modern dan powerful, hadir bersama arsitek modern yang cocok untuk membangun aplikasi website modern. Kalian bisa memakai Apache dan Nginx sekaligus sebab sepenuhnya bisa dikelola dengan baik. Selain itu, Laragon juga membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah.

Cara Download Laragon

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu download dulu aplikasi Laragon, di sini. Selanjutnya, pilih versi yang kalian inginkan.

Cara Install Laragon

Selanjutnya, akan disampaikan cara install Laragon di PC atau laptop kalian. Silakan ikuti panduannya sampai selesai.

1. Buka aplikasi yang sudah kalian download tadi, yaitu laragon-wamp.exe.

2. Klik 2x file laragon.

3. Jika terdapat pesan security, cukup klik Run untuk melanjutkan proses instalasi.

4. Pilih Bahasa English, Klik OK.

5. Lalu, pada Setup – Select Location, pilih lokasi atau direktori yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan folder hasil instalasi Laragon dengan cara klik Browse. Lalu klik Next.

6. Selanjutnya pada Setup – Laragon, biarkan saja dicentang semua secara default. Lalu, klik Next.

7. Pada tampilan Ready to Install, klik Install untuk proses instalasi Laragon.

8. Tunggu proses instalasi beberapa menit.

9. Yeayy, proses instalasi Laragon selesai.

10. Klik Start All untuk memulai Laragon

Simpulan

Okay, jadi itulah pembahasan mengenai aplikasi Laragon, fitur-fitur yang dimilikinya, dan cara menginstalnya. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin membuat website di Localhost selain XAMPP. Tidak sekedar cepat, Laragon juga lebih mudah digunakan dan telah menolong Php, Node.Js, Python, Java, Go, Ruby, nginx, dan apache.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment