apa-itu-internet-marketing

Ingin tahu lebih banyak tentang internet marketing atau pemasaran online? Kalian bisa membuktikan sendiri bagaimana hal tersebut dapat membantu bisnis atau merek kalian, mendorong traffic, prospek, dan penjualan. Baiklah, baca yuk Apa Itu internet marketing? Panduan Untuk Pemasaran Online Hari Ini

Apa Itu Internet Marketing

Internet marketing adalah promosi perusahaan, produk atau layanan melalui alat online yang menghasilkan prospek, mengarahkan traffic, dan meningkatkan penjualan.

Internet marketing mengandalkan saluran digital untuk mendistribusikan pesan promosi sehingga disebut juga sebagai pemasaran online atau pemasaran digital.

Internet marketing adalah istilah umum yang mencakup berbagai strategi dan cara pemasaran, mulai dari email, mesin pencari, posting media sosial, dan artikel blog.

Mengapa Semua Hype (Promosi Sensasional) dengan Bantuan Internet Marketing?

Kalian sudah memahami apa itu internet marketing dan bagaimana hal itu bermanfaat bagi merek kalian. Lalu, ada apa dengan semua hype yang mengelilingi internet marketing?

Internet marketing tentu bukan hanya iseng-iseng karena sudah terbukti hasilnya memang optimal dan efektif. 

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa brand dan marketer memilih menggunakan internet marketing:

  • Pada akhir tahun 2021, industri pemasaran konten global diperkirakan akan mencapai $412 miliar.
  • Konsumen yang membaca bagian kecil saja dari suatu konten brand, 131% lebih mungkin membeli dari brand tersebut dibandingkan dengan konsumen yang tidak membaca konten apapun.
  • 49% pembeli B2B mengatakan bahwa saat ini mereka lebih mengandalkan konten  dibandingkan sebelumnya untuk membuat keputusan pembelian.

5 Contoh Konten yang Bisa Memberikan Timbal Balik yang Besar

Berikut ini ada 5 contoh konten yang dapat digunakan untuk memberikan dampak luar biasa kepada prospek dan membantu kalian untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam pencarian:

Artikel dan Postingan Blog

Ketika kita memikirkan konten, kita biasanya memikirkan posting blog terlebih dahulu. Hal itu karena artikel dan blog merupakan salah satu platform paling umum untuk mengirimkan konten yang bermanfaat.

Blog memang sangat bagus karena menyediakan banyak cara untuk meningkatkan SEO. Blog dapat menjaga situs kalian agar bisa tetap up-to-date dan juga memberikan peluang kepada audiens untuk ikut terlibat.

Kalian dapat menautkan ke situs resmi lainnya, yang mana membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas jangkauan kalian. Namun, kalian juga dapat menautkan kembali ke halaman kalian sendiri, yang mana membuat orang-orang tetap berada di situs kalian lebih lama.

Yang terpenting, blog dapat membantu kalian untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan audiens kalian. Tentu saja semua ini membantu kalian dalam menghasilkan lebih banyak prospek dan menambah pertumbuhan penjualan.

Infografis

Infografis adalah cara kreatif untuk menyampaikan informasi kompleks dalam format yang mudah dimengerti, yakni melalui bagan, gambar, grafik, dan ilustrasi. Infografis memecah kemonotonan teks dengan menyediakan visual yang menyenangkan dan penuh warna bagi pembaca untuk dicerna.

Oleh karena itu, informasi akan menarik, mudah diikuti, dan menyajikan beberapa informasi yang sangat berharga dengan cara yang mudah dipahami orang.

Studi Kasus

Studi kasus juga termasuk dalam bentuk pemasaran konten yang memiliki dampak, lho. Studi kasus adalah cara tambahan bagi merek untuk menyediakan konten otoritatif untuk menginformasikan dan menginspirasi pembaca mereka.

Studi kasus di sini pada dasarnya merupakan suatu dokumentasi yang mendalam terkait interaksi sukses dari pelanggan dengan brand kalian.

Studi kasus biasanya memiliki tujuan untuk mengatasi masalah yang dialami konsumen sebelum si konsumen mengetahui produk atau brand kalian. Selanjutnya, dalam studi kasus ini akan ada poin yang mana menjelaskan bagaimana produk kalian bisa membantu konsumen dalam mencapai tujuan mereka.

Studi kasus dapat membantu membangun kepercayaan dan membangun bisnis dengan cara memberikan bukti nyata tentang efektifnya suatu brand.

Podcast

Tidak semua orang memiliki waktu atau keinginan untuk melakukan penelitian mendalam yang diperlukan untuk artikel blog dan studi kasus.

Nah, podcast adalah alternatif yang bagus!

Podcast juga merupakan cara untuk menambahkan tingkat kepribadian ke kampanye pemasaran kalian.

Pendengar mengenal kalian sebagai suatu identitas brand kalian, yang mana membantu membangun hubungan yang lebih bermakna dengan pengikut kalian.

Kalian juga dapat mendatangkan pembicara tamu yang menambahkan tingkat otoritas lain sambil membantu kalian untuk memperluas audiens kalian.

Video

Pemasaran video telah menjadi tren yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, merek tampaknya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menggunakan secara efektif dan 87% merek yang menggunakan pemasaran video mengatakan bahwa mereka melihat terjadinya peningkatan ROI.

Tidak sulit untuk memahami alasannya.

Video adalah cara yang menghibur untuk mengkonsumsi informasi. Kita tentu merasa nyaman, tidak terlalu banyak menyita waktunya si audiens, dan mudah dibagikan ke audiens.

Mulai Kembangkan Strategi Pemasaran Konten Kalian Sekarang

Keberhasilan kampanye internet marketing kalian sangat bergantung pada kemampuan kalian untuk mengembangkan star content.

Dengan begitu banyak media dan platform yang dapat dipilih, kalian tentu dapat membangun strategi konten yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan audiens target kalian.

Tetapkan beberapa tujuan, putuskan di mana kalian akan menghosting konten kalian (situs, YouTube, media sosial), dan mulai memetakan rencana kalian.

Identifikasi audiens target kalian dan teliti preferensi kata kunci mereka.

Gunakan informasi ini untuk memulai brainstorming topik untuk konten kalian.

Mulai menyusun materi untuk dibagikan dan dipromosikan di social channels.

Ingat, internet marketing adalah tentang menjangkau orang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan informasi yang tepat untuk kebutuhan mereka.

Pendekatan pemasaran yang tidak terlalu mengeluarkan banyak effort ini tentu lebih menarik bagi audiens kalian dan dapat mengarah pada kemungkinan tak terbatas untuk bisnis kalian.

Jadi, singsingkan lengan baju kalian, gali lebih dalam, dan mulailah bekerja Audiens online kalian sudah menunggu!

Good luck

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment