Apa Itu FAQ, Tujuannya, dan Cara Membuat FAQ di WordPress

Apa Itu FAQ, Tujuannya, dan Cara Membuat FAQ di WordPress

Apakah website kalian sudah ada fitur FAQ? FAQ itu suatu halaman pada suatu halaman website yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengunjung website. Nah, kalau belum ada, bikin saja karena sama sekali tidak ribet, kok. Okay, tak perlu mengulur waktu, langsung simak yuk Apa Itu FAQ, Tujuannya, dan Cara Membuat FAQ di WordPress

Apa Itu FAQ?

FAQ adalah salah satu fitur wajib yang harus ada pada website, ya.

Frequently Asked Question (FAQ) merupakan suatu halaman website yang isinya berupa daftar pertanyaan dan jawaban, baik informasi umum maupun informasi terkait produk secara spesifik.

FAQ tentunya ditujukan kepada pembaca atau pengunjung website. Melalui FAQ, pengunjung website bisa lebih mengenal produk atau isi konten dari website. Halaman FAQ biasanya dapat ditemukan di bagian paling bawah website.

Tujuan FAQ

Saat kalian mengakses suatu website toko online, pasti muncul pertanyaan-pertanyaan di diri kalian terkait produk yang ada di toko online tersebut.

Begitu juga yang terjadi dengan pelanggan lain yang mengunjungi suatu website toko online, berkunjung dengan membawa pertanyaan karena rasa ingin tahu mereka.

Bagaimana jika terjadi sampai berkali-kali? Bisa jadi tim support kalian justru akan menghabiskan waktu mereka setiap hari untuk menjawab pertanyaan umum tersebut

Untuk itulah mengapa halaman FAQ ini harus dibuat. Dengan begitu, halaman FAQ akan sangat membantu dari sisi pengunjung website dan juga tim support.

Selain itu, halaman FAQ juga dapat membantu calon pengunjung untuk membuat keputusan sendiri terkait produk-produk yang akan dibeli.

Persiapan Membuat FAQ

Sebelum lanjut, sebaiknya kalian persiapkan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Membuat Daftar Pertanyaan

Dalam proses ini, silakan berdiskusi dengan tim produk, tim support, tim teknis, dan tim marketing karena memang sangat dibutuhkan.

Melalui diskusi inilah akan dirumuskan daftar-daftar pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan oleh pengunjung website.

Selain melakukan diskusi, untuk memantabkan terkait pertanyaan apa saja yang dibutuhkan pelanggan, bisa juga dengan riset atau survei. Riset atau survei bisa dilakukan melalui sosial media. 

Menyusun Jawaban Pertanyaan

Persiapan selanjutnya adalah menyusun jawaban pertanyaan.

Sebisa mungkin kalian membuat kalimat yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat. Tentunya harus jelas, singkat, akurat, dan mudah dipahami. 

Oia, jangan lupa ya untuk mencantumkan keunggulan-keunggulan dari produk yang dapat menunjang jawaban pertanyaan yang telah disusun.

Membuat Kategori FAQ

Jika di dalam website toko online kalian tidak hanya 1 produk, kalian bisa membuat kategori FAQ sesuai masing-masing produk, ya.

Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa jelas, FAQ ini untuk produk mana saja. Selain itu, dapat memberikan kesan profesional pada bisnis kalian.

Cara Membuat FAQ di Website WordPress

Jika sudah memiliki website WordPress, kalian langsung saja buat FAQ dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Kalau belum memiliki? Silakan kalian bisa pilih hosting WordPress sesuai dengan kebutuhan untuk memulai membuat website.

Login WordPress

Silakan login WordPress dulu. Untuk login WordPress, silakan akses alamat website kalian dengan menambahkan /wp-admin/ di samping kanan alamat website.

Masukkan username atau email dan password admin dashboard WordPress.

apa itu faq

Install Plugin Quick and Easy FAQ

Pada WordPress, kalian bisa membuat halaman FAQ dengan menggunakan Plugin Quick and Easy FAQ.

Silakan buka tab Plugins di samping kiri lalu klik Add New.

apa itu faq

Setelah itu ketik Quick and Easy FAQ di kolom pencarian sebelah kanan atas dan klik Install Now untuk melakukan instalasi. Untuk mengaktifkannya langsung saja klik Activate.

apa itu faq

Membuat Daftar FAQ

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat daftar pertanyaan. Kalian bisa membuka tab FAQS yang ada di samping kiri lalu klik Add New. Kalian bisa mulai menambahkan pertanyaan-pertanyaan yang telah kalian rumuskan.

daftar faq

Pertama, silakan tulis pertanyaan pada kolom Add Title. Kedua, tambahkan jawaban pertanyaan pada kolom di bawahnya. Kalian juga bisa menambahkan kategori FAQ.

add title

Menampilkan FAQ

Langkah terakhir adalah kalian harus menampilkannya terlebih dahulu. Silakan mengakses tab Pages dan klik Add New.  Kalian bisa menambahkan judul halaman, misal Frequently Asked Question (FAQ) pada kolom Add Title. Lalu tambahkan script berikut ini pada body text.

[faqs]

Setelah itu langsung saja klik Publish.

menampilkan faq

Maka halaman FAQ akan muncul dan dapat diakses.

menampilkan faq

Sudah Siap Membuat FAQ di Website Kalian?

Sekarang sudah paham kan mengapa FAQ sangat bermanfaat pada suatu website?

Sangat mudah membuatnya. Tertarik untuk membuatnya, kah? Yuk lakukan sekarang juga!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like