Apa Itu Endorsement, Jenis, Manfaat, dan Kekurangannya

Sharing is caring!

Guys, di antara kalian atau circle kalian, ada yang meng-endorse suatu produk, kah? Kan siapa tau follower kalian di media sosial memang banyak bahkan sudah centang biru makanya diminta untuk meng-endorse suatu produk. Sebenarnya endorsement itu punya manfaat apa sih dan jenisnya ada apa saja? Okay deh, baca yuk Apa Itu Endorsement, Jenis, Manfaat, dan Kekurangannya 

Pengertian Endorsement

Menurut Economic Times, endorsement adalah sebuah bentuk iklan yang dilakukan atau dipromosikan oleh selebriti, publik figur atau tokoh terkenal, mendapat kepercayaan, dihormati atau yang memiliki dampak untuk masyarakat.

Endorsement juga diartikan sebagai pengakuan oleh orang yang mengiklankan suatu produk jika si orang ini menggunakan dan menyukai produk yang diiklankan, yang mana tujuannya untuk mempengaruhi calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Seorang selebriti, tokoh terkenal atau influencer adalah orang yang diperhatikan dan dipandang oleh masyarakat. Oleh karena itu, teknik marketing dengan endorsement akan lebih banyak dilihat oleh calon konsumen daripada iklan pada umumnya.

Jenis Endorsement

Berikut ini beberapa jenis endorsement:

Endorsement Berbayar

Endorsement berbayar adalah jenis endorsement yang membutuhkan uang dan kontrak eksklusif untuk melakukan perjanjian dengan publik figur yang ditunjuk untuk mengiklankan produk barang dan jasa tersebut.

Kontrak tersebut berisi tentang hak dan kewajiban untuk publik figur dan brand. Biasanya publik figur akan dibayar dengan sejumlah uang sesuai dengan perjanjian lalu dikirimkan produk atau jasa yang akan ditawarkan agar dicoba terlebih dahulu.

Endorsement Tidak Berbayar

Endorsement tidak berbayar atau endorsement terselubung adalah endorsement yang dilakukan tanpa membayar jasa pengiklan. Sebuah brand cukup mengirimkan sampel produk kepada publik figur agar bisa dicoba dan diulas produknya terlebih dahulu.

Endorsement tidak berbayar bisa juga disebut dengan iklan gratis sehingga tidak ada hak dan kewajiban khusus untuk pengiklan. Pengiklan atau publik figur bisa melakukan endorsement ini karena menyukai produknya dan bebas mengulas tentang produk tersebut dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

Paid Promote

Teknik ini cenderung lebih mudah karena pihak brand akan menyediakan yang dibutuhkan, seperti foto, video, penjelasan caption sehingga pihak ketiga hanya tinggal memasang di akun media sosial mereka. Harga tarif paid promote biasanya bervariasi bergantung pada kesepakatan.

Paid Endorse

Tipe endorsement ini lebih detail dan membutuhkan waktu karena pihak influencer akan menggunakan atau memakai produk lebih dulu sebelum berbagi ulasan, review atau testimoni mereka terkait produk atau jasa tersebut. Selain itu, pihak influence biasanya akan membuat konten foto atau video serta caption atau artikel sesuai dengan pengalaman pemakaian.

Manfaat Endorsement

Berikut ini ada beberapa manfaat dari endorsement:

Membangun Kredibilitas

Masyarakat akan mempercayai dan memandang selebriti yang mengiklankan produk tersebut. Selebriti atau publik figur bisa menunjukkan kelebihan produk tersebut dan membangun sebuah kepercayaan dengan brand.

Membuat Brand Lebih Menonjol

Selebriti mengiklankan produk tersebut dengan membandingkan produk dengan pesaing sehingga membuat konsumen menjadi ingat tentang kelebihan produk tersebut, yang mana digunakan oleh selebriti favorit mereka.

Membuka Pasar Baru

Brand bisa memilih selebritas atau publik figur yang tepat, yang memiliki banyak pengikut dan penggemar untuk membuka peluang brand mencapai pasar baru.

Kekurangan Endorsement

Ternyata endorsement juga memiliki kekurangan, lho. Penasaran? 

Popularitas Selebriti Berubah

Saat brand memilih selebriti atau publik figur untuk mengiklankan sebuah produk lalu publik figur tersebut terkena skandal maka popularitasnya akan berubah dan berpengaruh ke citra produk juga, lho.

Membayangi Produk

Seorang selebriti atau publik figur tidak hanya mengiklankan satu produk kan makanya bisa membayangi produk dari brand tersebut. Ada sebagian fans yang beranggapan jika selebriti tersebut mengaitkan produk lalu menyandingkan dengan merek lain.

Endorsement Mahal

Brand akan mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membayar selebriti untuk melakukan endorsement, bergantung dari popularitas selebriti tersebut. Namun, ada juga beberapa pengiklan yang dibayar mahal tapi kinerja dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Engagement Rate

Dalam endorsement, besarnya jumlah follower tak serta merta lebih efektif dibanding selebgram dengan jumlah follower lebih sedikit. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan endorsement.

Nah, faktor kesuksesan endorse, salah satunya kedekatan selebgram dengan para pengikutnya. Itu sebabnya, tolak ukur keberhasilan dalam iklan endorse adalah melalui engagement rate.

Engagement rate adalah nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial. Semakin tinggi nilai engagement rate maka semakin besar pula peluang keberhasilan endorsement. Angka engagement juga bisa menyeleksi jumlah pengikut palsu atau fake account.

Jadi Guys, bisa dikatakan bahwa dengan dukungan dari selebriti yang memiliki banyak pengaruh maka diharapkan dapat mempengaruhi penjualan. Beberapa produk yang biasanya cukup berhasil dipromosikan melalui strategi endorse adalah produk atau layanan terkait gaya hidup. Bagi kalian yang diminta meng-endorse, silakan lakukan dengan optimal, ya 🙂

Anyway, kalian juga bisa meng-endorse produk terkait membuat website, lho. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit dan silakan pilih produk mana yang akan kalian endorse. Selain itu, Jetorbit juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Endorsement, Jenis, Manfaat, dan Kekurangannya
Artikel
Apa Itu Endorsement, Jenis, Manfaat, dan Kekurangannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya endorsement itu punya manfaat apa dan jenisnya ada apa saja? Okay, baca yuk Apa Itu Endorsement, Jenis, Manfaat, dan Kekurangannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment