Algoritma Google Terbaru Tahun 2021

Sharing is caring!

Algoritma Google terbaru 2021 merupakan update algoritma Google yang menjadi rujukan SEO website. Tujuannya adalah memperbaiki masalah dan meningkatkan kualitas layanan sehingga para pengguna Google akan merasa puas saat menggunakan mesin pencari Google. Kalau gitu, baca yuk Algoritma Google Terbaru Tahun 2021

Apa Itu Algoritma Google

Algoritma Google adalah sistem kompleks yang digunakan untuk mengambil data dari indeks penelusuran dan langsung memberikan hasil terbaik untuk kueri. Mesin pencari menggunakan kombinasi algoritma dan berbagai faktor peringkat untuk memberikan halaman web yang diberi peringkat berdasarkan relevansi pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

Algoritma Google merupakan serangkaian langkah-langkah atau prosedur yang digunakan Google untuk perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran secara otomatis. Pengolahan sebuah data akan lebih cepat dan efisien dengan adanya algoritma sehingga Google mampu memberikan jawaban yang tepat dalam hitungan detik kepada orang yang sedang bertanya kepada Google.

Jenis Algoritma Google

Berikut ini beberapa jenis Algoritma Google sebagai bahan pembelajaran bagi kalian:

Panda

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 24 Februari 2011.

Bahaya: konten duplikat/ dijiplak, konten spam atau tidak berkualitas, keyword stuffing.

Cara Kerjanya: pembaruan algoritma Panda ini memberikan apa yang disebut “skor kualitas” ke halaman web. Skor ini lalu digunakan sebagai faktor peringkat. Awalnya, efek Panda ringan tapi pada Januari 2016 efek itu secara permanen dimasukkan ke dalam algoritma inti Google. Sejak itu peluncuran pembaruan menjadi lebih sering sehingga penalti dan pemulihan Panda sekarang terjadi lebih cepat.

Cara Menyesuaikan: jalankan pemeriksaan situs reguler untuk duplikasi konten, konten spam, konten tidak berkualitas, dan keyword stuffing. Untuk melakukannya, kalian membutuhkan site crawler atau tools lain yang bisa melakukan pengecekan hal tersebut. Contohnya SEMrush untuk yang berbayar. Sedangkan untuk cek konten plagiat bisa gunakan Copyscape. Selain itu, silakan pastikan juga artikel atau konten kalian tidak copy paste dari website lain, ya.

Penguin

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 24 April 2012.

Bahaya: tautan berisi spam atau tidak relevan; tautan dengan teks tautan yang terlalu dioptimalkan.

Cara Kerjanya: tujuan Algoritma Google Penguin adalah menurunkan peringkat situs yang backlinknya terlihat tidak wajar. Pembaruan ini mengakhiri pembuatan backlink ilegal, seperti membeli tautan dari kumpulan tautan dan PBN (private blog network).

Cara Menyesuaikan: agar tetap aman dari efek pembaruan Algoritma Google Penguin, pantau terus pertumbuhan backlink kalian dan jalankan audit rutin dengan pemeriksa backlink, seperti SEO SpyGlass atau SEMrush. Di dashboard, kalian akan menemukan grafik pertumbuhan profil tautan kalian. Waspadai lonjakan yang tidak biasa karena bisa jadi hasil dari serangan SEO negatif oleh pesaing kalian.

Jika ternyata ada link yang berbahaya atau spam, tambahkan ke file Disavow, unduh, dan upload ke Disavow Link Tool.

Hummingbird

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 22 Agustus 2013.

Bahaya: keyword stuffing atau memasukkan kata kunci secara berlebihan dan konten berkualitas rendah.

Cara Kerjanya: algoritma Hummingbird membantu Google menginterpretasikan kueri penelusuran dengan lebih baik dan memberikan hasil yang cocok dengan maksud user (berbeda dengan istilah individual dalam kueri). Meskipun kata kunci tetap penting, algoritma Hummingbird memungkinkan laman untuk menentukan peringkat kueri meskipun tidak berisi kata persis seperti yang dimasukkan oleh user. Hal ini dicapai dengan bantuan pemrosesan bahasa alami yang bergantung pada pengindeksan semantik laten, istilah yang muncul bersamaan, dan sinonim.

Cara Menyesuaikan: perluas penelitian kata kunci kalian dan fokus pada konsep di balik kata kunci. Analisis dengan cermat penelusuran terkait, sinonim, dan istilah yang muncul bersamaan. Selain itu, pastikan juga konten kalian bermanfaat dan tidak terlalu banyak memasukan kata kunci yang sama secara berulang. Intinya adalah utamakan kualitas dibanding kuantitas.

Mobile

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 21 April 2015.

Bahaya: website tidak mobile responsive.

Cara Kerjanya: Google memberi peringkat semua situs berdasarkan seberapa cepat dan userfriendly versi seluler mereka. Jadi, website yang tidak mobile friendly dan tidak user-friendly akan kecil kemungkinannya untuk berada di halaman pertama pencarian.

Cara Menyesuaikan: optimalkan halaman kalian untuk penelusuran seluler dan fokus pada kecepatan dan kegunaan. Ramah seluler dan uji kecepatan halaman dari Google akan membantu kalian dalam melihat aspek mana dari halaman kalian yang perlu ditingkatkan. Kalian dapat memeriksa pengoptimalan seluler halaman kalian sebagai bagian dari audit situs kalian secara keseluruhan.

RankBrain

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 26 Oktober 2015.

Bahaya: kurangnya relevansi khusus kueri; UX yang buruk.

Cara Kerjanya: RankBrain adalah Algoritma Google seperti sistem pembelajaran mesin yang mana membantu Google untuk memahami makna di balik kueri dan menyajikan hasil penelusuran yang paling cocok untuk menanggapi kueri tersebut. Google menyebut RankBrain sebagai faktor peringkat terpenting ketiga. Algoritma ini memiliki fungsi untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih akurat di Google. 

Cara Menyesuaikan: silakan optimalkan halaman kalian untuk relevansi dan kelengkapan dengan bantuan analisis kompetitif. Kalian bisa riset menggunakan tools untuk menemukan seluruh daftar istilah, kata, dan konsep relevan yang digunakan oleh sejumlah besar pesaing peringkat teratas kalian. Jadi, silakan temukan cara untuk menambahkan kata atau istilah ini ke konten kalian dan kalian akan melihat relevansi pencarian kalian meningkat secara dramatis.

Medic

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 4 Mei 2018.

Bahaya: kurangnya otoritas di situs web YMYL; sinyal E-A-T yang lemah.

Cara Kerjanya: pembaruan Google Medic tampaknya secara tidak proporsional mempengaruhi situs medis serta situs lain yang berkaitan dengan keputusan yang berpotensi mengubah hidup (keuangan, hukum, pendidikan). Meskipun tidak dikonfirmasi secara eksplisit, perwakilan Google telah mengisyaratkan bahwa pembaruan tersebut menerapkan beberapa sinyal E-A-T (Expertise, Authority, and Trust) dari dokumen Pedoman Penilai Kualitas.

Cara Menyesuaikan: sampai saat ini, tidak ada strategi pemulihan yang terbukti untuk pembaruan Medic. Beberapa SEO menyarankan untuk mempekerjakan penulis ahli di bidangnya untuk memberikan kredibilitas ke situs kalian. Sedangkan yang lain mengklaim bahwa solusinya adalah membangun entitas untuk merek kalian. 

Namun, jika berpegang pada fakta maka satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan otoritas situs kalian adalah dengan mengembangkan profil backlink. Pendekatan yang efisien adalah dengan menggunakan alat penelitian backlink, seperti SEO SpyGlass dan meminjam ide backlink dari pesaing.

Bert

Algoritma ini dirilis oleh Google pada tanggal 22 Oktober 2019.

Bahaya: konten yang ditulis dengan buruk; konten tidak fokus; kurangnya konteks.

Cara Kerjanya: pembaruan algoritma Google ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk lebih memahami kueri penelusuran, menafsirkan teks, mengidentifikasi entitas, dan hubungan antarentitas. By the way, kita bisa melihat bersama bahwa pembaruan Panda, Hummingbird, dan RankBrain menjauh dari kata kunci, dan pembaruan BERT merupakan puncak dari upaya ini. Hal ini memungkinkan Google untuk memahami lebih banyak nuansa dalam kueri dan hasil penelusuran.

Cara Menyesuaikan: pastikan konten kalian ditulis dengan baik, isinya saling berkaitan satu sama lain, dan gunakan bahasa yang baku.

Fred

Algoritma ini diluncurkan pada tanggal 8 Maret 2017.

Tujuannya adalah untuk menyaring halaman berkualitas rendah dari hasil pencarian yang memiliki tujuan utama untuk mendapat untung dari iklan dan tautan ke situs lain.

Setelah Fred diluncurkan, Google langsung menyingkirkan website yang melanggar standar optimasi web master. Terutama halaman web yang berisi link ke website lain yang tidak relevan dengan tujuabn untuk mendapatkan keuntungan iklan.

Venice

Pembaruan algoritma Google Venice adalah pembaharuan yang patut diperhatikan karena menunjukkan bahwa Google memahami bahwa penelusur terkadang mencari hasil yang bersifat lokal bagi mereka. Setelah Venice, hasil penelusuran Google akan menyertakan laman berdasarkan lokasi yang kalian tetapkan atau alamat IP kalian.

Pigeon

Pembaruan Google terkait burung lainnya diikuti pada tahun 2014 dengan Google Pigeon, yang mana berfokus pada SEO lokal. Pembaruan Pigeon mempengaruhi halaman hasil dan Google Maps. hal ini mengarah ke pelokalan yang lebih akurat dan memberikan preferensi pada hasil di dekat lokasi pengguna. Selain itu, bertujuan untuk membuat hasil lokal lebih relevan dan berkualitas lebih tinggi dengan mempertimbangkan faktor peringkat organik.

HTTPS / SSL

Untuk menggarisbawahi pentingnya keamanan, Google memutuskan untuk memberikan sedikit peningkatan peringkat ke situs yang menerapkan HTTPS dengan benar untuk membuat koneksi antara website dan pengguna memang aman. Pada saat itu, HTTPS diperkenalkan sebagai sinyal peringkat yang ringan. Namun, Google telah mengisyaratkan kemungkinan menjadikan enkripsi yang lebih penting begitu webmaster memiliki waktu untuk menerapkannya.

Possum

Bulan September 2016 membuat pembaruan lokal lainnya, yakni pembaruan algoritma Google Pembaruan Possum menerapkan beberapa perubahan pada filter peringkat lokal Google untuk lebih meningkatkan penelusuran lokal. Setelah Possum, hasil lokal menjadi lebih bervariasi, lebih bergantung pada lokasi fisik pencari, dan frase kueri. Untuk beberapa bisnis nih, yang mana tidak berhasil dalam penelusuran organik, merasa lebih mudah untuk menentukan peringkat secara lokal setelah pembaruan ini. Hal ini menunjukkan bahwa pembaruan ini membuat penelusuran lokal lebih independen dari hasil organik.

Pirate

Pembaruan dari algoritma Pirate ini bertujuan untuk memerangi penyebaran ilegal konten berhak cipta. Metode ini menganggap banyaknya permintaan penghapusan DMCA (Digital Millennium Copyright Act) untuk website sebagai faktor peringkat negatif untuk pertama kalinya sejak diterapkan.

Algoritma Google 2021 Terbaru

Saat ini Google selalu melakukan update algoritma agar konten yang disajikan di SERP semakin berkualitas. Berikut ini beberapa algoritma Google terbaru tahun 2021 yang harus kalian ketahui, terutama bagi kalian penggiat SEO atau pemilik website.

Core Update

Algoritma ini diupdate pada tanggal 13 Januari 2020. Google tidak memberikan penjelasan yang spesifik terkait update ini. Namun, meski begitu kami sarankan agar kalian cek SERP untuk kata kunci yang kalian targetkan. Setelah pembaruan terjadi, kalian dapat memeriksa pesaing mana yang naik atau turun peringkatnya dan mencoba membuat tebakan cerdas tentang faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Featured Snippet Decluttered

Algoritma ini diupdate pada tanggal 22 Januari 2020. Algoritma ini berdampak pada rich snippet pada SERP. nah, dikarenakan hal tersebut maka SERP di Google akan semakin rapi.

Page Experience

Algoritma ini rencananya akan mulai dirilis pada bulan Mei 2021. Algoritma Page Experience ini berhubungan dengan User Experience (UX) atau pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan sebuah website.

Tujuannya agar visitor merasa nyaman saat mengunjungi website yang mereka klik di hasil pencarian. Jika ini bisa dimaksimalkan terhadap website bisnis kalian maka tentu akan sangat menguntungkan karena besar kemungkinan website kalian diprioritaskan oleh Google untuk berada di halaman pertama.

Menurut SEMrush nih, ada beberapa aspek yang mempengaruhi Page Experience ini. Berikut ini sinyal yang merupakan bagian dari Page Experience:

  • Core Web Vitals
  • Mobile Friendly
  • Safe Browsing
  • HTTPS
  • Mobile Popup Algorithm/no intrusive interstitials

Untuk Core Web Vitals ini terdiri dari Largest Contentful Paint (LCP) untuk mengukur performa loading, First Input Delay (FID) untuk mengukur interaktivitas, dan Cumulative Layout Shift (CLS) untuk mengukur stabilitas visual.

Nah, jadi itu Guys pembahasan mengenai jenis-jenis algoritma untuk SEO dan Algoritma Google 2021 terbaru. Oia, untuk Algoritma Page Experience, silakan pastikan skor core web vital website kalian baik yaa serta perhatikan juga aspek mobile friendly dan keamanannya.

Jika kalian ingin aspek dari Page Experience tersebut baik, salah satu langkah dasar yang bisa kalian ambil, yaitu memilih hosting yang berkualitas. Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas, lho. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Algoritma Google Terbaru Tahun 2021
Artikel
Algoritma Google Terbaru Tahun 2021
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Algoritma Google terbaru 2021 merupakan update algoritma Google yang menjadi rujukan SEO website. Baca yuk Algoritma Google Terbaru Tahun 2021
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment