Apa Itu DNS Management

Sharing is caring!

Apakah saat Anda membeli hosting, terdapat juga penawaran berupa DNS Management? Apakah Anda sudah paham terkait DNS Management? Jika belum, yuk baca artikel Apa Itu DNS Management

DNS Adalah …

Penyedia hosting dan domain biasanya menawarkan kepada kliennya berupa layanan DNS Management lengkap.

Pengertian dari Domain Name System adalah database yang fungsi utamanya adalah “menerjemahkan” nama domain menjadi alamat IP dan sebaliknya. Untuk tujuan ini, sistem DNS menggunakan satu set catatan DNS yang dipesan secara hierarkis, yang masing-masing berisi informasi konkret tentang layanan tertentu.

DNS Management

DNS Management adalah layanan yang memungkinkan pemilik domain untuk mengelola catatan DNS mereka. Mereka dapat menentukan server yang ditunjuk oleh berbagai layanan oleh hosts mereka dan secara otomatis mentransfer layanan dari satu server ke server lainnya, jika yang pertama tidak online atau tidak dapat menyediakan layanan yang diinginkan.

DNS Management sangat penting saat ini terutama ketika Anda dapat memiliki beberapa server yang mengelola layanan hanya untuk satu situs web. Sebagian besar perusahaan hosting hari ini telah memisahkan control panel mereka, yakni yang didedikasikan hanya untuk manajemen domain dan penagihan dan untuk pengelolaan konten situs web yang sebenarnya.

DNS Management pada Penyedia Hosting

Penyedia hosting umumnya menawarkan kepada klien kemungkinan untuk mengelola domain dan sub-domain mereka, mail records, SPF records, WHOIS records, A Records, melalui Web Hosting Control Panel.

Propagasi DNS

Setiap kali Anda membuat perubahan DNS record, Anda akan melihat bahwa perubahan ini tidak langsung tercermin secara online. Hal ini karena propagasi DNS. Setelah Anda membuat perubahan DNS record, selanjutnya disimpan di server DNS penyedia hosting. Namun, ketika Anda meminta situs web Anda, Anda memintanya melalui server DNS ISP Anda yang memiliki informasi DNS lebih lama di-cache untuk mempercepat proses penjelajahan web.

Ketika Anda memperbarui DNS records Anda, Anda harus menunggu sampai perubahan ini diteruskan ke server DNS utama agar perubahan tercermin secara online. Proses ini dapat berlangsung dari 4 hingga 48 jam dan disebut propagasi DNS.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu DNS Management
Artikel
Apa Itu DNS Management
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah saat Anda membeli hosting, terdapat juga penawaran berupa DNS Management? Yuk ketahui lebih lanjut dengan baca Apa Itu DNS Management
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment