Apa Itu Disavow Links dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Disavow Links dan Cara Menggunakannya

Sharing is caring!

Kalian pernah tahu tentang penolakan link yang mengarah ke suatu website, kah? Iya, ditolak. Wah, gimana cara menolak backlink tuh? Okay, ketahui seluk beluknya yuk di artikel Apa Itu Disavow Links dan Cara Menggunakannya

Tidak semua backlink bagus, lho. Banyak backlink yang dianggap spam oleh Google, yang mana hasilnya bukan membuat peringkat website menjadi naik, ehh justru membuat peringkat menjadi turun.

Disavow link adalah tindakan melakukan penolakan backlink yang kita tidak inginkan, berupa backlink negatif dari serangan SEO negatif dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menyingkirkan hasil SERP halaman website.

Google disavow link adalah alat yang disediakan Google untuk menolak backlink yang tidak diperlukan yang bahkan memberikan efek SEO negatif pada website kalian.

Kapan Tools Ini Digunakan?

Tools ini dapat digunakan ketika kalian merasa tindakan backlink yang dilakukan berpengaruh negatif pada peringkat website, misalnya membuat peringkat website turun atau terburuknya adalah sampai hilang dari halaman mesin pencari. Saat itulah bisa menggunakan tools ini.

Nah, ketika hal itu terjadi, kalian bisa menolak backlink-backlink yang diberikan dengan menggunakan Google Disavow Links Tools ini.

Lalu, dari mana kita bisa tahu nih kalau website kita pernah dikirimi backlink spam? Di halaman webmaster tools atau Google Search Console bisa dicek kok terkait website mana saja yang memberikan backlink ke website kita. Misal, kalian bisa melihat gambar di bawah ini terkait adanya backlink yang memberikan anchor seperti ini :

apa itu disavow links 1

Indikasinya adalah website kalian mengalami penurunan peringkat, biasanya ini terjadi secara tiba-tiba. Trus, penurunan peringkatnya terjadi secara tidak wajar, turunnya drastis.

Jika hal ini terjadi, silakan cek lebih dahulu apa penyebabnya. Beberapa penyebab turunnya peringkat adalah sebagai berikut:

  • Update algoritma google
  • Server Down
  • Website di hack
  • Pesaing melakukan optimasi yang lebih baik
  • Serangan Backlink Spam

Kalian bisa cek dari daftar di atas, yang pertama cek apakah ada update algoritma Google yang menyebabkan peringkat website kalian turun.

Tahapan atau Cara Untuk Mengecek

Cara pertama adalah kalian bisa terus melakukan update website.

Jika ternyata tidak ada update maka kalian bisa cek yang tahap kedua. Apakah servernya down? Kalau ini kalian coba saja akses websitenya. Apabila bisa diakses dan normal berarti aman dan bukan ini penyebabnya.

Tahap ketiga adalah cek apakah website kalian terkena hack. Untuk hosting-hosting tertentu ada layanan untuk cek masalah ini dan biasanya mereka akan memberikan email pemberitahuan jika website kalian terindikasi terkena hack.

Tahap keempat mungkin bisa dilewati, yakni jika hanya pesaing melakukan optimasi biasanya hanya turun satu dua peringkat.

Jika keempat poin ini bukan penyebabnya berarti bisa jadi penyebabnya adalah yang kelima, yaitu website diserang backlink spam. 

Nah, bagaimana cara ceknya? Okay, tetap simak sampai selesai, ya.

Masuk ke Google Search Console (Google Webmaster). Syaratnya adalah website kalian sudah didaftarkan ya agar datanya bisa tampil.

apa itu disavow links 2

Klik link yang ada di menu kiri.

apa itu disavow links 3

Di bawah top linking sites nanti ada tulisan more. Klik tulisan tersebut sehingga terbuka list website yang memberikan backlink ke website kalian.

Setelah itu, kalian harus cek satu persatu, mana website yang mencurigakan. Kalau kalian melakukan optimasi sendiri pastinya kalian tahu website mana saja yang digunakan untuk backlink sehingga website-website yang kelihatan asing bisa kalian list untuk dimasukan ke tools disavow links.

  • Gunakan aplikasi notepad
  • Nama file harus diakhiri dengan .txt
  • Contoh link :

http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

format tersebut digunakan untuk menghapus per -url

domain:namakamu.net

format ini digunakan untuk menghapus semua backlink dari satu website.

Contoh :

apa itu disavow links 4

Contoh di atas adalah list yang mau dihapus backlink dari satu domain. List ini kemudian di save.

apa itu disavow links 5
  • Pilih website yang ingin kalian hapus backlinknya lalu klik disavow links
apa itu disavow links 6
  • Klik Disavow Links
apa itu disavow links 7
  • Klik Choose File dan pilih file yang sudah dipersiapkan sebelumnya
  • Klik submit
  • Selesai

Google membutuhkan waktu beberapa minggu untuk memprosesnya. Sabar, ya.

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Disavow Links dan Cara Menggunakannya
Artikel
Apa Itu Disavow Links dan Cara Menggunakannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagaimana cara menolak backlink? Okay, ketahui seluk beluknya yuk di artikel Apa Itu Disavow Links dan Cara Menggunakannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like