by

silvia

apa-itu-deep-web

Pernah mendengar istilah deep web? Bisa jadi kalian belum familiar dengan istilah tersebut namun sudah sering berkunjung ke deep web. Ketahui lebih lanjut yuk di artikel Apa Itu Deep Web?

Apa Itu Deep Web?

Deep web mengacu pada bagian internet yang tidak dapat diakses sepenuhnya melalui mesin telusur standar, seperti Google, Yahoo, dan Bing. Deep web mencakup halaman yang tidak diindeks, situs berbayar untuk layanan (Fee-For-Service sites), database pribadi, dan dark web.

Kesimpulan Utama Deep Web

  • Deep web mengacu pada bagian internet yang tidak dapat diakses sepenuhnya melalui mesin telusur standar, seperti Google, Yahoo, dan Bing.
  • Deep web mencakup halaman yang tidak diindeks, situs berbayar, database pribadi, dan dark web.
  • Deep web memberi pengguna akses ke lebih banyak informasi daripada yang tersedia di internet dan juga meningkatkan privasi.

Memahami Deep Web

Deep web juga disebut web tersembunyi (hidden web) atau web tak terlihat (invisible web), deep web berbeda dari web permukaan (surface web), yang mana konten dapat diakses melalui mesin telusur. Informasi di situs seperti Jetorbit adalah bagian dari web permukaan karena dapat dicapai melalui mesin pencari.

Kebanyakan ahli memperkirakan bahwa deep web jauh lebih besar daripada surface web. Banyak halaman web dibuat secara dinamis atau tidak memiliki tautan dari situs lain. Tanpa link dari situs yang diindeks sebelumnya, mesin pencari tidak dapat menemukannya. Itulah mengapa mendapatkan tautan dari halaman lain adalah prinsip dasar dari search engine optimization (SEO).

Situs berbayar untuk layanan (Fee-For-Service sites) adalah sumber utama konten deep web lainnya. Meskipun situs berbayar, seperti Netflix, terlihat di web namun sebagian besar kontennya tidak. Pelanggan harus membayar suatu biaya, membuat user ID, dan mengatur password untuk mendapatkan sebagian besar materi yang ditawarkan oleh situs-situs ini. Hanya mereka yang bersedia dan mampu membayar biaya untuk situs-situs inilah yang dapat mengakses konten mereka. 

Database pribadi juga merupakan komponen penting dari deep web. Database pribadi bisa sesederhana beberapa foto yang dibagikan antar teman di Dropbox. Mereka juga memasukkan transaksi keuangan yang dilakukan di situs utama, seperti PayPal. Fitur penting dari database pribadi adalah orang-orang harus membagikan atau menyimpan informasi ini tanpa membagikannya dengan semua orang. Itu menjadikannya bagian dari deep web, bukan surface web.

Situs web gelap (dark web) adalah bagian dari deep web. Silk Road mungkin adalah situs paling terkenal di dark web. Banyak situs gelap dapat dijangkau oleh mesin pencari khusus yang dirancang untuk tujuan itu tetapi tidak oleh mesin pencari standar. Untuk mengakses mesin pencari dan situs ini, perlu menggunakan browser tertentu, seperti Tor Browser. Web gelap memungkinkan pengguna yang sah untuk menghindari penyensoran tetapi juga menciptakan peluang untuk kejahatan dunia maya (cybercrime).

Penting: Terlepas dari semua publisitas yang didapatnya, dark web hanyalah satu bagian kecil dari deep web.

Manfaat Deep Web

Deep web memberi pengguna akses ke lebih banyak informasi daripada surface web. Informasi ini mungkin hanya halaman yang tidak cukup penting untuk dicantumkan. Namun, itu juga mencakup acara TV terbaru, database yang penting untuk mengelola keuangan pribadi Anda, dan cerita yang disensor di surface web. Sebagian besar konten di deep web tidak akan tersedia sama sekali jika hanya surface web yang ada.

Privasi, yang biasanya disediakan oleh enkripsi, adalah manfaat lain dari deep web. Enkripsi di deep web memungkinkan biaya bagi situs layanan untuk menjaga konten mereka dari pengguna internet yang tidak membayar sambil menyajikannya kepada pelanggan mereka. Enkripsi atas database mutlak diperlukan agar semua bentuk fintech berfungsi dengan baik. Tanpa keamanan ini, baik perusahaan maupun individu tidak dapat melakukan transaksi keuangan dengan aman melalui internet. Dark web dirancang terutama untuk memberi pengguna lebih banyak privasi.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment