apa-itu-cpa

Apa Itu Cost Per Action (CPA): Meraup Untung dengan CPA

Sharing is caring!

Apakah Anda sering menemukan orang-orang membicarakan iklan CPC, CPM, dan CPA? Jika Anda seorang pemula, tentu saja akan kebingungan. Yuk kita cari tau di sini dengan membaca Apa Itu Cost Per Action (CPA): Meraup Cuan dengan CPA

Pengertian CPA, CPC, dan CPM

CPA (Cost Per Action)

Jenis iklan CPA ini merupakan bentuk iklan yang mana Anda akan mendapatkan uang apabila pengunjung blog atau website melakukan klik iklan dan melakukan tindakan (action) tertentu, misal ketika mereka berlangganan newsletter atau membeli sebuah produk tertentu.

Bisnis CPA marketing merupakan salah satu bisnis yang paling mudah dan menguntungkan. Lalu apa itu CPA? CPA atau Cost PerAction atau Cost Per Acquisition merupakan turunan dari Affiliate Marketing. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik serta sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rata-rata komisinya besar. Model bisnis ini pun menjadi populer karena fleksibel dan tanpa ikatan.

CPC (Cost Per Click)

Iklan CPC merupakan bentuk iklan yang mana Anda akan mendapatkan uang apabila iklan di klik oleh pengunjung blog atau website Anda. Contoh iklan CPC adalah sebagai berikut:

  1. Google Adsense (harga per klik dengan bayaran Dollar).
  2. KlikSaya (harga per klik rata-rata 300-400 rupiah per klik).
  3. Adsensecamp (harga per klik rata-rata 300-400 rupiah per klik)

CPM (Cost Per Mille)

Jenis iklan CPA ini merupakan bentuk iklan yang mana Anda akan mendapatkan uang apabila iklan banner atau iklan lain ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog. 

apa-itu-cpa-1

Perbedaan Antara Cost Per Action dan Cost Per Acquisition

Apa itu Cost Per Action dan Cost Per Acquisition serta perbedaan dari keduanya? Cost Per Acquisition adalah harga atau nilai untuk satu akuisisi yang dilakukan oleh user. Walaupun sama-sama menghasilkan akuisisi namun keduanya berbeda. Biasanya istilah tersebut sering terdengar di Google Adwords atau jenis bisnis affiliate marketing lainnya. Berikut ini merupakan turunan dari CPA:

  1. Cost Per Lead adalah model pembayaran iklan yang mana seorang advertiser membayar seorang publisher untuk setiap lead yang terjadi. Jenis model ini tidak mewajibkan publisher untuk memperoleh konversi dalam bentuk sales.
  2. Cost Per Sale adalah model pembayaran yang mana seorang advertiser akan membayar publisher ketika terjadi penjualan. CPS merupakan jenis CPA dengan komisi yang lebih besar dibandingkan dengan jenis CPA lainnya.
  3. Cost Per Install adalah model pembayaran yang mana seorang advertiser akan membayar publisher setiap ada install yang dilakukan. Biasanya CPI digunakan untuk memasarkan aplikasi mobile.

Meliputi Apa Saja Action Itu?

Dalam CPA marketing, kita akan mengajak orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan (actions) di atas ke website atau produk atau layanan tertentu. Setiap tindakan yang berhasil dilakukan maka Anda akan mendapatkan komisi.

Bisnis CPA adalah bisnis dengan basis online sistem yang biasa dikenal dengan Pay Per Lead (PPL). Artinya adalah Anda akan dibayar setiap kali ada orang yang merespon. Bisnis ini dominan memberikan sebuah survey atau pengisian polling, kemudian komisinya masuk ke Anda.

Ada beberapa cara bisnis online CPA network, yaitu sebagai berikut:

  • Pay Per Sale (PPS)

Bisnis ini membuat Anda mendapatkan komisi atau keuntungan setiap kali Anda berhasil menjual suatu produk ke orang lain. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis CPA paling mudah, sederhana, dan hampir tanpa resiko. Dapat dikatakan model bisnis ini menempatkan Anda menjadi seorang reseller (affiliate marketing). Besarnya keuntungan, komisi atau uang yang Anda dapatkan setiap berhasil menjual produk, biasanya sesuai kesepakatan Anda sebelumnya.

  • Pay Per Click (PPC)

PPC ini membuat Anda dibayar berdasarkan setiap kali orang mengunjungi website atau link Anda dan mereka melakukan klik di iklan yang Anda buat disana, contohnya adalah Google Adsense. Besarnya fee di setiap klik akan berbeda-beda.

  • Pay Per Action (PPA)

Anda akan mendapatkan uang ketika ada orang yang melakukan tindakan pada website Anda, bahkan hanya dengan mengisi formulir, mendaftar, atau mengunjungi.

Mengapa Cost Per Action Sangat Cocok Bagi Advertiser?

Cost Per Action memungkinkan advertiser untuk mengontrol biaya iklan yang dikeluarkan untuk tujuan pemasaran tertentu. CPA memang dirancang hanya untuk membebankan biaya ketika ada tindakan (action) nyata yang dilakukan.

Dengan sistem tersebut maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk beriklan. Bahkan cara beriklan ini membuat Anda memiliki tingkat konversi penjualan lebih tinggi daripada model periklanan lainnya, terutama jika menggunakan jenis Cost Per Install.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Cost Per Action (CPA): Meraup Untung dengan CPA
Artikel
Apa Itu Cost Per Action (CPA): Meraup Untung dengan CPA
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda sering menemukan orang-orang membicarakan iklan CPC, CPM, dan CPA? Yuk baca Apa Itu Cost Per Action (CPA): Meraup Cuan dengan CPA
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo