ekstensi-vs-code

Tahukah Anda, hanya dalam waktu tiga tahun, Visual Studio Code telah berubah dari yang tidak ada sama sekali menjadi editor kode paling populer di antara semua pengembang (developer) menurut survei Stack Overflow tahun 2018. Lalu kaitannya dengan pengembang, ekstensi apa saja dari VS Code yang harus dimiliki oleh para pengembang? Yuk baca ulasannya di artikel Ekstensi VS Code yang Harus Dimiliki oleh Pengembang

Dapat dikatakan bahwa VS Code itu minimal namun sangat kuat, gratis, open source, dan hal penting yang membuatnya lebih lengkap adalah ekstensi. Ekstensi ini sangat membantu dalam menulis kode yang lebih bersih, efisien, dan dalam waktu yang lebih singkat.

VS Code memiliki ekstensi untuk semuanya serta memiliki begitu banyak variasi pilihan sehingga cukup sulit untuk memilih salah satu yang memang cocok untuk Anda.

Ekstensi VS Code yang Harus Dimiliki oleh Pengembang

Berikut ini ada beberapa ekstensi VS Code yang menurut kami harus dimiliki oleh setiap pengembang karena dapat membantu untuk meningkatkan alur kerja.

Prettier

Menulis kode yang bersih merupakan sebuah seni dan tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Selain itu, bisa menjadi sesuatu yang menakutkan untuk men-debug kode pada proyek yang besar dan semakin besar. Kita patut berterima kasih pada Prettier karena menyediakan cara yang lebih mudah untuk memasukkan kode dengan benar agar lebih mudah dibaca, indah, dan lebih bersih. Prettier melakukan pemformatan atas HTML, CSS, dan JavaScript.

ES Lint

Linter termasuk sangat bagus untuk menemukan error dalam kode Anda. ES Lint adalah linting utility untuk JavaScript. ES Lint ini dapat membantu debug pada JavaScript. ES Lint pun memeriksa kode Anda untuk kesalahan umum (common errors) dan memberi tahu Anda di editor itu sendiri.

Live Server

Live Server akan menghemat banyak waktu untuk refresh halaman web ketika Anda mengubah satu baris dari kode setiap saat. Tentunya sangat menyenangkan memiliki browser window langsung terbuka di sisi editor teks sehingga menghemat waktu dan membuat alur kerja Anda pun jauh lebih efisien.

Polacode

Kita dapat menggunakan ekstensi ini untuk membuat code polaroid yang bagus dan dapat pula untuk membagikannya (share). Polacode bahkan sudah diunduh lebih dari 282 ribu unduhan. Apabila Anda seorang penulis dan menulis tentang pemrograman, Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan code blocks yang indah ke tulisan Anda.

Jika Anda seorang pengembang (developer), Anda bisa menggunakannya dalam presentasi Anda. Polacode dapat berfungsi dengan beberapa tema dan Anda dapat memilih tema apapun yang menurut Anda cocok untuk Anda.

JavaScript (ES6) Code Snippets

Terkadang kita perlu menulis kode berulang untuk beberapa operasi dasar. Dalam kasus seperti itu, kita membutuhkan snippets. Snippets adalah blok pendek (short blocks) dari kode yang dapat Anda tambahkan ke kode Anda untuk mendapatkan fungsionalitas yang diinginkan.

Ekstensi ini menyediakan JavaScript, React, Vue, TypeScript, dan HTML code snippets. Dengan lebih dari 3 juta unduhan maka ini merupakan ekstensi yang harus dimiliki untuk setiap pengembang.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment