colocation server

Dalam dunia IT, colocation adalah suatu layanan penitipan server atau PC pelanggan di data center oleh pihak penyedianya. Artinya, kamu tak perlu lagi menyimpan server internal di kantor maupun pusat data pribadi. Mau tahu selengkapnya? Yuk simak Apa Itu Colocation Server, Jenis, Manfaat, dan Kelebihannya

Apa Itu Colocation Server?

Colocation adalah layanan penitipan server pelanggan yang disimpan di data center milik penyedia layanan.

Penyedia colocation menyediakan tempat khusus untuk penyimpanan atau penitipan server yang menggunakan infrastruktur pendukung berkeamanan tingkat tinggi, baik fisik atau nonfisik.

Dengan begitu, pengguna colocation tidak perlu repot memikirkan penyimpanan internal server perusahaan karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

Jenis Colocation Server

Server colocation dibagi menjadi dua kategori dilihat dari dukungan penyedia layanannya.

1. Managed Colocation

Managed colocation adalah dedicated server yang disewakan kepada pelanggan. Ketika pelanggan menggunakan layanan ini, server khusus yang disediakan oleh penyedia layanan telah dikonfigurasikan ke spesifikasi tertentu menggunakan aplikasi software yang dapat dijalankan oleh user.

Managed colocation adalah layanan sempurna bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis minimal atau yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk memecahkan masalah dan memelihara server.

Namun, colocation terkelola sebagai layanan juga memiliki keterbatasan, seperti managed server yang hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang didukung oleh server. 

2. Unmanaged Colocation

Unmanaged colocation adalah layanan untuk menjalankan server yang tidak butuh dukungan vendor. Atau, jika ingin lebih mengontrol konfigurasi dan penggunaan server lebih banyak maka unmanaged colocation adalah pilihan terbaik.

Layanan unmanaged colocation berbeda dengan layanan managed colocation, yang mana pelanggan harus menyiapkan hardware mereka sendiri dan mengelola semua software serta perangkat keras mereka sendiri.

Selain itu, penilaian warna yang unmanaged colocation adalah layanan yang memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pelanggan, tetapi kelemahannya adalah pengguna memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Selain itu, pelanggan masih terikat dengan perjanjian penyedia layanan, sehingga sebagian besar perjanjian melarang hal-hal tertentu yang dapat dan tidak dapat dilakukan di server yang dihosting. Larangan ini termasuk pornografi, email massal yang menghabiskan banyak lalu lintas jaringan, dan apa pun yang menyebabkan masalah serius bagi penyedia layanan.

Manfaat Penggunaan Colocation Server 

Berikut ini manfaat dari menggunakan layanan colocation hosting:

1. Pengoptimalan biaya

Kalian tahukah bahwa colocation adalah layanan yang dapat mengoptimalkan biaya kalian? Memang, jika kalian membuat server penyimpanan atau pusat data kalian sendiri, membangun gedung, membeli lemari, mengontrol suhu udara, dan biaya lainnya akan mahal.

Belum pula kalian harus mengeluarkan biaya tambahan, termasuk perawatan dan pembaruan bangunan yang rusak. Sedangkan nih, jika membayar untuk colocation server, layanan colocation merupakan pilihan yang sangat cocok karena dapat menghemat biaya. 

2. Kontrol dan kendali

Colocation adalah layanan yang dimiliki dan dikendalikan sepenuhnya oleh user. Makanya user bebas memaksimalkan layanan yang tersedia di layanan ini. Kalian mendapatkan fleksibilitas yang tidak dimiliki oleh layanan cloud publik dan pribadi.

3. Waktu respons lebih cepat

Colocation adalah layanan yang memiliki waktu respons lebih cepat dibanding layanan hosting lainnya karena perangkat lunak dan perangkat kerasnya bersertifikat. Selain itu, kalian juga dapat menambahkan lebih banyak RAM atau memori loh yang bisa mempercepat waktu pemrosesan dan bandwidth sesuka kalian.

4. Bandwidth lebih besar

Bandwidth pada layanan server colocation adalah yang terbaik karena diatur pada kecepatan industri sehingga internet stabil saat melakukan operasi hosting. Jika kalian merasa kok lebih buruk, kalian dapat meningkatkan bandwidth internet kalian.

5. Sistem pendingin

Sistem pendingin atau pengatur suhu air sangat penting karena digunakan untuk menjaga suhu di dalam ruangan agar tidak terlalu panas agar unit dapat berfungsi secara optimal.

Hal ini telah diatur oleh penyedia layanan host untuk mengakomodir kinerja perangkat agar dapat beroperasi secara optimal pada suhu yang telah ditentukan agar penghemat tetap berjalan dengan lancar.

6. Alamat IP

Hosting instalasi server colocation melibatkan penyediaan dan bisnis tempat kalian mengoperasikan alamat IP untuk menyediakan akses melalui Internet.

7. Daya tidak terbatas

Keuntungan menggunakan layanan hosting server di bawah ini adalah Anda akan terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh listrik. Memang, colocation adalah layanan yang memiliki akses ke sumber penghasil energi besar seperti generator dan inverter.

8. Pemantauan di tempat

Colocation adalah layanan yang mana teknisi memantau fasilitas yang kalian miliki setiap hari, tanpa hari libur.! Layanan ini akan sangat bermanfaat untuk membantu kalian ketika masalah muncul setiap saat.

Kelebihan Colocation Server

Colocation server memiliki sejumlah kelebihan, yakni sebagai berikut:

  • Skalabilitas: Colocation memungkinkan kalian untuk meningkatkan fasilitas dan infrastruktur server sesuai kebutuhan. Perkembangan website perusahaan terus bertambah sehingga butuh sistem dan fasilitas memadai.
  • Efisiensi: Layanan server satu ini bisa menghemat tenaga dan biaya. Tak perlu lagi membeli berbagai fasilitas, seperti fire detector, pendingin, rak, hingga tim pengelola server. Penyedia layanan data center telah menyediakan semuanya.
  • Reliabilitas: Performa server lebih terjamin karena layanan ini menggunakan teknologi yang memadai. Sebut saja seperti generator, baterai cadangan, hingga stabilizer. Dengan begitu, risiko terjadinya berbagai masalah arus listrik bisa terhindari.
  • Performa: Server colocation menawarkan kecepatan, up-time, dan performa tingkat tinggi. Selain itu, layanan ini tersedia dengan level bandwidth sangat besar guna menunjang semua kebutuhan server.
  • Keamanan: Colocation server merupakan layanan high security, yang mana keamanan fisik maupun nonfisik sudah terjamin. Penyedia layanan akan melindungi server kalian nonstop 24 jam. Oleh karena itu, kalian tak perlu cemas terhadap berbagai jenis serangan seperti pencurian data atau virus.
  • Fasilitas: Layanan ini menyediakan fasilitas ideal untuk menunjang kinerja server. Fasilitas yang dimaksud, yaitu climate control system, cooler, dan sebagainya. Nah, untuk proteksi sendiri nih, di tempat server biasanya terpasang pendeteksi kebakaran, pemadam, hingga CCTV.

Kekurangan Colocation Server

Colocation server pun memiliki sejumlah kelebihan, yakni sebagai berikut:

  • Kontrol: Pihak penyedia layanan biasanya memiliki beberapa aturan sendiri, contohnya ketentuan jadwal kunjungan. Kalian tidak dapat mengontrol atau mengakses server secara leluasa. Aktivitas tersebut hanya boleh dilakukan pada waktu tertentu saja.
  • Akses: Kebanyakan penyedia layanan data center berlokasi di kota-kota besar saja. Jika lokasi perusahaan atau tempat tinggal kalian di kota yang berbeda, kalian perlu mengorbankan waktu untuk mengunjungi penyedia layanan data center tersebut.

Siapa Saja yang Pantas untuk Menggunakan Colocation Server?

Berikut ini pihak yang cocok untuk menggunakan colocation server.

Penyedia Layanan Cloud

Colocation server adalah layanan terkenal dari penyedia infrastruktur berbasis cloud. Dengan menggunakan layanan ini, penyedia layanan cloud dapat menyewakan ruang server mereka dan memberi pengguna cloud akses ke server ini.

Industri Teknologi

Industri teknologi adalah area yang mendukung penggunaan colocation server. Layanan ini memudahkan pengelolaan dan pemeliharaan server untuk instansi dan perusahaan. Alih-alih memecahkan masalah server, kalian dapat fokus pada tugas lain yang lebih penting.

Kesimpulan 

Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa banyak hal yang harus dipersiapkan dalam membangun sebuah website, termasuk server yang akan digunakan.

Colocation adalah alternatif terbaik bagi kalian yang memiliki pengetahuan teknis yang minim atau tidak memiliki waktu untuk mengelola server.

Biasanya, pengguna colocation ini seperti penyedia cloud hosting dan juga industri teknologi.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Apa Itu Colocation Server, Jenis, Manfaat, dan Kelebihannya”

Leave a Comment