10+ Tips SEO untuk Website Toko Online

Bagi kalian yang sedang membuka online shop, jangan lupa ya untuk menggunakan strategi SEO atau Search Engine Optimization. Yuk simak tips optimasi SEO untuk kalian aplikasikan di toko online kalian! Baca sampai kelar yuk 10+ Tips SEO untuk Website Toko Online

Tips SEO untuk Toko Online

Berikut ini adalah 10 tips SEO untuk toko online yang bisa kamu lakukan.

1. Kata Kunci

Kata kunci merupakan bagian penting dari proses SEO untuk semua jenis website, termasuk ecommerce. Hal pertama yang perlu diketahui adalah apa yang dicari oleh pelanggan potensial serta kata dan frase apa yang mereka gunakan untuk menemukan produk yang ditawarkan. 

Ada beberapa kata kunci yang dapat membantu dalam meneliti kata kunci, termasuk Keyword Planner gratis dari Google. Selain itu, ada juga Long Tail Pro, Moz’s Keyword Difficulty Tool, dan Research Central from Raven yang merupakan pilihan bagus jika bersedia untuk mengeluarkan sedikit uang.

2. Desain Web yang Responsif

Kalian juga pasti tahu bahwa jumlah pengguna internet yang mengakses website melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet terus meningkat pesat. Nah, jika ada website yang sulit diakses oleh pengunjung pada perangkat mobile, akibatnya adalah berdampak pada hilangnya kesempatan penjualan.

Santuy, ada beberapa cara untuk membuat situs kalian mudah di akses pada mobile. Kalian bisa membuat situs baru yang secara khusus untuk pengunjung pada perangkat mobile dengan desain web yang responsif.

Desain dan tata letak yang responsif dapat membuat kalian terhindar dari masalah loh, seperti duplikasi konten yang terkadang muncul dari situs mobile yang terpisah. Yang pasti nih, kalian bisa memberikan pengalaman yang positif bagi pengguna.

3 . Label Judul

Label judul adalah salah satu faktor paling penting pada optimasi halaman dan terkadang menyebabkan masalah bagi situs ecommerce. Setiap label judul di halaman situs seharusnya asli dan deskriptif, kan. Harus dipastikan bahwa judul pada setiap halaman unik dan tidak diulang pada halaman lain.

Oia, label judul juga harus deskriptif, ya. Idealnya, tentu kita ingin judul tersebut sesuai dengan apa yang dicari pembeli dan spesifik. 

tips seo toko online

Judul dengan halaman yang deskriptif akan lebih mudah ditemukan oleh seseorang yang mencari kamera dengan model tertentu. The Amazon memberikan judul pada halaman kamera khusus dengan “Canon EOS 5D Mark III 22.3 MP Full Frame CMOS with 1080p Full-HD Video Mode Digital SLR Camera (Body)”. 

4. Deskripsi Produk

Nah, ini nih salah satu kesalahan yang tidak terpikirkan pada SEO. Masih kurangnya konten original pada halaman produk! Google menginginkan halaman dengan konten original dan tidak diduplikasi pada halaman lain. Oia, apabila teks deskripsi pada halaman produk sangat singkat, sulit juga loh untuk mencapai peringkat pencarian yang kalian inginkan.

Setiap halaman produk harus memiliki deskripsi produk yang rinci untuk menunjukkan pada Google bahwa ada beberapa konten asli pada halaman tersebut. 

Jika sudah memiliki ratusan atau ribuan halaman produk dengan konten yang sangat sedikit, silakan memulai dengan produk utama yang ditambahkan kalimat yang lebih deskriptif. 

5. Review Pelanggan

Yups, kalian pasti juga sudah tahu kan bahwa review pelanggan telah terbukti dapat meningkatkan jumlah penjualan. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ulasan negatif memiliki dampak positif.

Ulasan ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan kemungkinan pembelian dari pengunjung namun juga berdampak baik untuk SEO.

Ulasan dari pelanggan akan memperbanyak konten pada halaman produk dan memberi kesempatan yang lebih baik lagi agar dapat ditemukan dalam pencarian..

6. Rich Snippets

Rich Snippets adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Ketika seseorang mengetik kata kunci maka mesin pencari seperti Google akan menyajikan data yang telah dibuat oleh pemilik web.

Rich Snippets membantu halaman produk agar dapat  dilihat di SERPs dan sangat membantu user karena ada tambahan informasi pada hasil pencarian.

Secara teknis penggunaan ini tergantung pada platform ecommerce atau CMS yang kalian gunakan, ya. Pengguna WordPress dapat menambahkan Rich Snippets dengan bantuan dari All in One Schema.org Rich Snippets Plugin atau Rich Snippets WordPress Plugin.

 7. Gunakan Blog

Salah satu strategi terbaik untuk meningkatkan SEO dari situs ecommerce adalah dengan menambahkan blog. Blog sangat membantu dalam menambahkan konten asli pada website, membuat link bekerja, dan mendorong interaksi di media sosial.

Link pada postingan blog secara langsung mungkin tidak mengarahkan traffic ke halaman produk tetapi link ini dapat meningkatkan otoritas domain sehingga memungkinkan semua halaman memiliki peringkat yang lebih tinggi.

Posting blog juga sangat efektif untuk peringkat kata kunci tertentu atau frase dan mengarahkan pengunjung ke produk yang relevan di situs. Kalian juga dapat menggunakan blog untuk menulis review produk, bercerita tentang pelanggan yang telah menggunakan produk, memberikan tutorial terkait cara menggunakan produk, dan lain-lain. 

8. Media Sosial

Eitss, situs ecommerce punya kalian perlu dipromosikan pada jaringan sosial besar, seperti Facebook dan Twitter. Secara khusus bisa kita lihat pada topik SEO dalam meningkatkan peringkat pencarian di Google yaitu dengan cara aktif di Google+.

Jika punya tombol berbagi di media sosial atau widget pada halaman produk, hal ini bisa berdampak baik atau buruk, loh. Hal baiknya adalah jika pengunjung berbagi mengenai produk kalian ke kawan-kawan mereka. Namun, di sisi lain tombol dan widget ini juga bisa menjadi gangguan yang mengalihkan perhatian pengguna dari tujuan mereka untuk membeli.

Nah, cara yang paling efektif adalah mengintegrasikan blog kalian dengan media sosial agar dapat menarik lebih banyak pengunjung baru dan menggunakan postingan blog untuk mengarahkan pengunjung ke halaman produk kalian.

Cara lain untuk memanfaatkan media sosial adalah mengintegrasikannya dengan review. 

9. Meta Description

FYI, meta description sebenarnya tidak dapat meningkatkan peringkat di Google tapi sangat efektif dalam menarik pencari untuk mengklik link kalian. Sebuah penjelasan yang baik akan memberitahu pencari terkait isi halaman dan akan mendorong mereka untuk mengklik.

Jika tidak memasukkan meta description pada halaman, secara otomatis gambaran produk akan muncul dan kalian tidak dapat mengontrol apa yang ditampilkan pada SERPs.

10. Halaman URL

Sebelum memulai bisnis situs ecommerce, pastikan kalian memilih platform yang memungkinkan dapat mengontrol permalinks, ya. Shopify, BigCommerce, dan WordPress memberikan kesempatan untuk mengontrol halaman URL.

Idealnya sih, URL sebaiknya dapat membuat pengunjung  memiliki pemikiran yang baik mengenai konten pada halaman dan mengandung beberapa kata kunci yang akan membantu mesin pencari. Sebagai contoh, berikut URL halaman produk pada iStock adalah http://www.istockphoto.com/photo/family-potret-8239229.

Meskipun memiliki nomor ID, tapi masih mudah dipahami oleh pengunjung mengenai konten apa yang ada di halaman tersebut. Selain itu, memudahkan mesin pencari karena memiliki kata kunci target “foto” dan “potret keluarga” dengan frase yang relevan.

11. Gambar Produk

Kalian sudah tahukah bahwa Gambar produk yang menarik tidak hanya akan membantu dalam menarik pelanggan potensial namun juga berdampak pada traffic dan SEO. Gambar yang menarik akan lebih mungkin untuk di-share oleh pengunjung. Foto juga dapat digunakan untuk membangun link dari situs yang berorientasi pada visual. 

Nah, kalian harus menambahkan tag alt pada masing-masing gambar ya suapaya gambar dan foto memilki dampak yang baik untuk SEO. Jadi, tag alt berisi penjelasan mengenai kata kunci atau frase yang ditargetkan. Oia, jika memungkinkan, kalian harus menggunakan kata kunci dan frase pada nama file gambar kalian.

12. Membuat Link

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan link:

  • Produk Review: salah satu cara terbaik untuk mendapatkan link ke situs ecommerce adalah melalui review produk yang dilakukan oleh situs dan blog lain.
  • HARO: situs seperti  Help A Reporter Out (HARO) dan Response Source akan mengarah link ke situs kalian sebagai referensi.
  • Blogging:  cukup dengan menambahkan blog ke situs ecommerce kalian. Hal ini tidak akan membuat ratusan link baru memenuhi traffic tapi akan memberikan kesempatan bagi kalian untuk menampilkan konten.
  • Broken Link: membangun link yang rusak bisa sangat butuh waktu lama tapi cara ini dapat membantu untuk mendapatkan kualitas link yang baik.
  • Link Internal: link dari dalam situs kalian sendiri bisa sangat efektif dalam mempertahankan pengunjung agar lebih lama berada di situs kalian, loh. Selain itu, membantu pengunjung menemukan halaman lain serta produk yang menarik perhatian mereka serta dapat membantu SEO.
  • Dapat Diwawancarai: banyak blog yang mempublikasikan hasil wawancara untuk mempromosikan produk dan mendapatkan link. Jika ingin mencari peluang wawancara, cari saja blog yang telah mewawancarai orang lain dalam industri kalian di Google dan silakan kalian lihat apakah mereka tertarik juga untuk mewawancarai kalian.
  • Mention Pesaing Anda: gunakan Mention atau Google Alerts agar kalian tahu saat pesaing kalian disebutkan pada situs dan blog lain. Hal ini sangat efektif jika orang mengeluh tentang pesaing kalian. Sehingga, akan memberikan kalian sebuah kesempatan untuk menghubungi mereka. Mungkin saja mereka juga akan menambahkan link ke situs kalian.
  • Mention Perusahaan / Merek Sendiri: kalian juga dapat menggunakan alat yang sama untuk melacak apabila perusahaan atau nama merek kalian disebut. Hal ini dapat membantu dalam membangun link karena beberapa website dan blog menyebutkan kalian tanpa memasukkan link ke situs kalian.
  • Giveaways Blog: ada kemungkinan giveaway akan mencakup beberapa informasi tentang perusahaan dan produk kalian serta link ke situs kalian.
  • Galeri Desain: blog ini difokuskan pada desain web karena kualitas desain juga dapat membantu dalam membangun link. Oia, kalian dapat menggunakan layanan, seperti CSS Galeri List atau Galeri Rush.

Okay, jadi itulah 12 tips SEO yang bisa dicoba di website toko online kalian. Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “10+ Tips SEO untuk Website Toko Online”

Leave a Comment