apa-itu-clickbait

Apa Itu Clickbait?

Sharing is caring!

Anda sering mengklik artikel yang ada unsur clickbait? Apa yang Anda rasakan setelah mengklik link tersebut? Bagi Anda yang belum terlalu memahami terkait clickbait, baca sampai selesai yuk Apa Itu Clickbait?

Jika Anda pernah menghabiskan waktu di internet, Anda mungkin pernah melihat artikel dan gambar dengan tajuk utama seperti contoh di bawah ini. Ini hanyalah contoh kecil dari apa yang dikenal sebagai clickbait.

apa-itu-clickbait-1

Apa Itu Clickbait

Clickbait adalah judul sensasional yang mendorong Anda untuk mengklik link ke artikel, gambar atau video. Alih-alih menyajikan fakta objektif, tajuk utama clickbait seringkali menarik emosi dan keingintahuan Anda. Setelah Anda mengklik, situs yang menghosting tautan tersebut memperoleh pendapatan dari pengiklan tetapi konten sebenarnya biasanya akurasi dan kualitasnya dipertanyakan. Situs menggunakan clickbait untuk menarik klik sebanyak mungkin sehingga meningkatkan pendapatan iklan mereka.

Meskipun konten dan headline sensasional telah digunakan sejak abad ke-19, judul dan konten tersebut telah tersebar luas di dunia digital. Meskipun didasarkan pada ide lama namun clickbait masih memiliki tujuan yang sama dengan leluhurnya, yaitu untuk menarik perhatian Anda dengan cara apapun yang diperlukan.

Mengapa Clickbait Menjadi Masalah?

Saat situs menggunakan clickbait, mereka biasanya lebih menghargai untuk mendapatkan klik daripada menghasilkan informasi berkualitas. Artinya, mereka tidak peduli jika mereka membuang waktu Anda dengan konten yang sebenarnya biasa-biasa saja.

Namun, clickbait bisa berbahaya jika digunakan bersamaan dengan pembuatan berita palsu (fake news). Berita utama palsu yang keterlaluan tersebut dapat memicu emosi pembaca kemudian menyebarkan konten tersebut di media sosial. Anda mungkin bertanya-tanya: apa yang memungkinkan clickbait dan berita palsu terus menyebar meskipun kualitas dan akurasinya buruk? Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa 6 dari 10 orang berbagi berita utama di media sosial tanpa membaca artikel yang sebenarnya.

Di mana Anda Dapat Menemukan Clickbait?

Anda dapat menemukannya hampir di mana saja di internet sehingga membuatnya sulit untuk dihindari. Judul clickbait biasa terjadi di media sosial dan blog. Sementara banyak situs terkemuka seperti laporan cuaca dan kantor berita menawarkan ruang iklan untuk konten clickbait. Artinya, Anda harus tetap berhati-hati sebelum mengklik tautan bahkan saat Anda berada di situs berkualitas.

Bagaimana Anda Bisa Mengenalinya?

Anda biasanya dapat melihat clickbait melalui gambar atau judul yang keterlaluan tetapi tidak selalu semudah ini. Terkadang sulit untuk menemukan perbedaan antara clickbait dan judul yang sah. Bagaimanapun juga, setiap berita memang membutuhkan perhatian Anda.

Ada beberapa elemen umum yang digunakan dalam konten clickbait, seperti gambar dan judul tidak jelas yang membuat imajinasi Anda menjadi tidak menentu. Clickbait juga menggunakan keterkejutan (shock) dan kemarahan untuk menarik perhatian Anda serta daftar bernomor, seperti 17 Fakta yang Tidak Akan Anda Percayai Benar. Banyak tautan menggunakan kombinasi elemen-elemen tersebut untuk memikat Anda agar mengklik.

Berikut cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda sedang melihat artikel clickbait: apabila tajuk berita memberi tahu Anda bagaimana merasakan alih-alih membiarkan Anda memunculkan reaksi Anda sendiri, mungkin itu adalah clickbait.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Clickbait?
Artikel
Apa Itu Clickbait?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi Anda yang belum terlalu memahami terkait clickbait, baca sampai selesai yuk artikel Apa Itu Clickbait? hanya di Jetobit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo