apa-itu-bridge

Apa Itu Bridge dalam Jaringan Komputer dan Bagaimana Cara Kerja dan Jenisnya

Sharing is caring!

Apakah Anda pernah mendengar istilah Bridge di bidang teknologi informasi? Bridge bisa diterjemahkan menjadi jembatan. Lalu, apakah Bridge di sini juga berfungsi sebagai jembatan? Yuk baca Apa Itu Bridge dalam Jaringan Komputer dan Bagaimana Cara Kerja dan Jenisnya

Jaringan komputer merupakan basis komunikasi di bidang teknologi informasi. Jaringan ini digunakan dengan cara yang berbeda dengan menggunakan jenis jaringan yang berbeda. Koneksi jaringan komputer dapat dilakukan dengan menghubungkan sekumpulan komputer sehingga informasi dapat dibagikan.

Apa yang Dimaksud dengan Bridge dalam Jaringan Komputer?

Bridge dalam jaringan komputer adalah salah satu jenis perangkat jaringan, digunakan untuk memisahkan jaringan menjadi beberapa bagian. Setiap bagian dalam jaringan merepresentasikan collision domain yang memiliki bandwidth terpisah. Oleh karena itu, kinerja jaringan dapat ditingkatkan dengan menggunakan bridge. Pada model OSI, bridge bekerja pada layer-2, yaitu lapisan data link. Fungsi utamanya adalah untuk memeriksa traffic yang masuk dan memeriksa apakah akan memfilternya (filter it) atau meneruskannya (forward it).

apa-itu-bridge-1

Prinsip Kerja Bridge

Prinsip kerja bridge adalah memblokir atau meneruskan data bergantung pada alamat MAC tujuan dan alamat ini dituliskan ke dalam setiap data frame.

apa-itu-bridge-2

Dalam jaringan komputer, bridge memisahkan LAN menjadi segmen yang berbeda, seperti segment1 dan segment2 dan lain-lain serta alamat MAC dari semua PC dapat disimpan ke dalam tabel. Misalnya, PC1 mengirimkan data ke PC2, yang mana data tersebut akan dikirim ke bridge terlebih dahulu. Jadi bridge membaca alamat MAC dan memutuskan apakah akan mengirimkan data ke segment1 atau segment2. Oleh karena itu, PC2 dapat diakses di segment1, yang berarti bridge hanya mentransmisikan data di segment1 dan menghilangkan semua PC yang terhubung di segment2. Dengan cara inilah bridge mengurangi traffic di jaringan komputer.

Penggunaan Bridge di Jaringan Komputer

Sebuah bridge dalam jaringan komputer terhubung dengan jaringan bridge lain yang menggunakan protokol serupa. Perangkat jaringan ini bekerja pada lapisan data link dalam model OSI untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda dan menyediakan komunikasi di antara keduanya. Mirip dengan hub dan repeater, menjembatani broadcast data ke setiap node. Namun, mempertahankan tabel alamat MAC (media access control) untuk mengetahui segment baru. Bridge menggunakan database untuk menentukan ke mana harus mengirimkan jika tidak menghapus data frame.

Jenis-jenis Bridge

Bridge dalam jaringan komputer diklasifikasikan menjadi tiga jenis berikut ini:

Bridge Transparan (Transparent Bridge)

Ini adalah bridge tak terlihat dalam jaringan komputer. Fungsi utama bridge ini adalah untuk memblokir atau meneruskan data tergantung pada alamat MAC-nya. Perangkat lain dalam jaringan tidak menyadari keberadaan bridge. Jenis bridge ini paling populer dan beroperasi secara transparan ke seluruh jaringan yang terhubung ke host.

Bridge ini menyimpan alamat MAC dalam tabel yang mirip dengan tabel routing. Ini memperkirakan informasi ketika paket dirutekan ke posisinya sehingga bisa juga menggabungkan beberapa bridge untuk mengecek traffic masuk dengan cara yang lebih baik. Bridge ini diimplementasikan terutama di jaringan ethernet.

Bridge Translasional (Translational Bridge)

Bridge translasi memainkan peran kunci dalam mengubah sistem jaringan dari satu jenis ke jenis lainnya. Bridge ini digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda, seperti token ring & ethernet. Bridge ini dapat menambah atau menghapus data berdasarkan arah perjalanan dan meneruskan frame dari lapisan data link di antara LAN yang menggunakan berbagai jenis protokol jaringan. Koneksi jaringan yang berbeda adalah ethernet ke FDDI atau token ring, sebaliknya ethernet pada UTP (unshielded twisted pair) untuk coax dan di antara FOC serta kabel tembaga (copper wiring).

Source-route Bridge

Source-route Bridge adalah salah satu jenis teknik yang digunakan untuk jaringan Token Ring dan dirancang oleh IBM. Di bridge ini, total rute frame tertanam dalam satu frame sehingga memungkinkan bridge untuk membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana frame tersebut diteruskan menggunakan jaringan. Dengan menggunakan metode ini, dua segmen jaringan serupa dihubungkan ke lapisan data link. Hal ini dapat dilakukan dengan cara terdistribusi di mana pun stasiun akhir bergabung dalam algoritma penghubung.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Bridge dalam Jaringan Komputer dan Bagaimana Cara Kerja dan Jenisnya
Artikel
Apa Itu Bridge dalam Jaringan Komputer dan Bagaimana Cara Kerja dan Jenisnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda pernah mendengar istilah Bridge di bidang TI? Yuk baca Apa Itu Bridge dalam Jaringan Komputer dan Bagaimana Cara Kerja dan Jenisnya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo