apa-itu-blog

Bagi kawan-kawan yang baru mengenal blog dan hanya tahu namanya saja, sekarang kalian bisa cari tahu secara lebih lengkap di artikel ini. Okay, yuk baca sampai selesai Apa Itu Blog: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh

Pengertian Blog

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog.

Seringkali blog juga dilengkapi dengan gambar atau link ke website lain.

Jadi, blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Struktur Blog

Pada dasarnya blog memiliki struktur standar sebagai berikut:

  1. Header: biasanya terletak di bagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog, dan menu blog.
  2. Navbar: elemen ini biasanya terletak di atas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
  3. Main blog: biasanya terletak di bagian tengah blog. Di sinilah tempat di mana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur, seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  4. Sidebar: pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Kalian juga dapat menambahkan widget lainya, seperti kalender, jam, dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
  5. Footer: terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Fungsi Blog

Sekarang mari kita bahas fungsi blog:

Sebagai media pribadi (h3)

Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan lain-lain. 

Sebagai media untuk berbisnis

Blog bisnis merupakan blog yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha jualan dengan menawarkan produk dan jasa melalui blog. 

Sebagai media untuk berbagi informasi

Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembaca. Contoh, jika kalian memiliki pengetahuan lebih tentang Android maka kalian bisa berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.

Sebagai media untuk promosi atau iklan

Blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan.

Sebagai bukti profesionalitas

Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan profesionalitas kalian di bidang tertentu. Misal, kalian ini seorang profesional di bidang marketing maka kalian bisa membuat blog yang berisi tips yang berkaitan dengan marketing.

Jenis Blog dan Contohnya

Berikut  ini jenis blog yang bisa kalian kelola:

Blog Pribadi

Blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi pada awal kemunculannya. Kebanyakan orang menggunakan blog untuk menulis cerita-cerita pribadi yang bisa diakses secara online. Konten blog pribadi biasanya sangat bebas, tidak terikat aturan tertentu. 

Blogger yang bisa sukses dengan jenis blog ini adalah Raditya Dika. Raditya bahkan berhasil menerbitkan buku berdasarkan pengalaman yang ditulis di blognya.

Blog Profesional

Blog profesional memiliki batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Biasanya blog profesional berisi konten-konten yang dapat menunjukkan profesionalitas pemilik blog di suatu bidang.

Misalnya, jika kalian ahli di bidang SEO dan digital marketing maka bisa mengisi blog profesional kalian dengan konten yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing. 

Contoh blog profesional yang dapat dijadikan referensi adalah Sugeng.id. Blog Sugeng.id berhasil mengumpulkan banyak pengunjung dan juga dipercaya sebagai ahli di bidang digital marketing, SEO, dan pembuat template blog keren.

Blog Bisnis (Content Marketing)

Blog juga dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan traffic bagi website perusahaan atau toko online, lho.

Alasan harus menggunakan blog adalah karena blog lebih dinamis dan bisa merilis update konten tanpa batasan. Dengan memanfaatkan blog untuk tujuan content marketing, kalian bisa mendatangkan pengunjung melalui keyword yang sering dicari oleh calon konsumen kalian.

Misal, jika kalian memiliki toko online yang menjual sepatu kulit maka kalian bisa membuat konten blog yang berkaitan dengan sepatu kulit, seperti tips cara merawat sepatu kulit atau tips memilih sepatu kulit yang paling cocok untuk kebutuhan si konsumen.

Jadi, udah terpikir belum nih blog seperti apa yang akan kalian buat? Jika kalian sudah memiliki konsep, kalian bisa membuat blog tersebut menggunakan platform WordPress, lho. Kami menyarankan untuk menggunakan WordPress karena WordPress mudah digunakan siapa saja, baik orang awam maupun profesional.

Selamat membuat blog, Guys!


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment