Apa Itu Arch Linux serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Arch Linux serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sharing is caring!

Arch Linux (dikenal juga dengan ArchLinux atau Arch) merupakan sebuah distribusi Linux untuk komputer i686 dan x86_64 yang didesain untuk dijadikan ringan dan sederhana. Cara pengucapan Arch Linux merupakan [ɑːrtʃ] atau [aːtʃ] (seperti pada kata archer atau parchment). Okay, simak ulasannya yuk tentang Apa Itu Arch Linux serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Sejarah

Terinspirasi dari CRUX, Judd Vinet memulai proyek Arch Linux pada bulan Maret 2002. Vinet memimpin proyek ini hingga 1 Oktober 2007. VersiTak seperti Distribusi Linux yang lain, seperti Debian, Fedora, Ubuntu dan sebagainya, Arch Linux tidak menciptakan jadwal rilis untuk waktu tertentu, melainkan memakai sistem “Rolling release”. Arch Linux menyediakan paket-paket baru setiap hari. Dengan kata lain, untuk memperbarui sistem, pengguna hanya perlu memperbarui paket-paket dalam sistemnya.

Live Arch

Rilis resmi Arch Linux hanya menyediakan sistem dasar dengan standar CLI (antarmuka berbasis teks). Namun, telah dikembangkan pula beberapa Distribusi Linux berbasis Arch Linux yang menyediakan GUI (antarmuka umum):

  1. Archie – Memakai anggota yang terkait desktop Xfce
  2. Chakra – Memakai anggota yang terkait desktop KDE
  3. Arch Live – Memakai anggota yang terkait desktop LXDE
  4. ArchBang – Memakai window manager Openbox

Apa Itu ArchLinux?

Arch Linux adalah distro yang awalnya terinspirasi oleh distro tersebut Crux meskipun saat ini tidak memiliki dasar. Slogan distro mengatakan distribusi ringan yang sederhana, yang diterjemahkan artinya distribusi yang sederhana dan ringan.

Arch Linux berusaha untuk menjaga sistem agar dimuat semaksimal mungkin dengan mengikuti prinsip KISS, menghindari aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya dan bagian lain yang tidak diunakan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi.

Ini adalah rilis bergulir, artinya bahwa membebaskan dari penginstalan ulang sistem karena versinya tidak dirilis.

Apa Kelebihan Arch Linux?

Berikut ini beberapa kelebihannya:

  1. Prinsip KISS: merakit sistem sesuai keinginan, hanya menginstal yang kami butuhkan.
  2. Karakter rilis bergulir: menghindari penginstalan ulang distribusi karena versi baru tidak dibekukan.
  3. Manajer paket Pacman: manajer paket Pacman adalah manajer yang cukup cepat.
  4. Yogurt: alat ini memungkinkan kita untuk menggunakan repositori AUR, terkadang menghindari keharusan menginstal file .tar.gz.
  5. ABS: ABS memungkinkan kita untuk mengemas dan membangun program dari kode sumbernya.
  6. Wiki: Arch Linux Wiki cukup luas tetapi tidak diterjemahkan ke dalam semua bahasa.

Apa Kekurangan dari Arch Linux?

Arch Linux juga memiliki kekurangan, yakni:

  1. Instalasi: Instalasi dapat membuat takut orang yang baru mengenal Linux.
  2. Karakter rilis bergulir: Menjadi rilis bergulir dapat menyebabkan masalah dengan beberapa paket meskipun Arch Linux adalah salah satu distro yang lebih stabil.
  3. Periferal: Memasang periferal seperti printer, bisa jadi membosankan dalam beberapa kasus.

Perintah untuk Arch Linux yang Harus Diketahui

Perlu dicatat bahwa cara terbaik untuk mengetahui perintah untuk Arch Linux adalah Wiki dari distro itu sendiri, yang mana terdapat informasi yang sangat lengkap dan memadai untuk setiap perintah.

Kompilasi ini tidak lebih dari panduan referensi cepat untuk mempelajari setiap perintah (penggunaannya, utilitas, sintaks, antara lain). Kami sangat menyarankan untuk pergi ke Arch Linux Wiki.

Pacman dan Yaourt: 2 perintah Penting untuk Arch Linux

Pacman y yogurt jadikan Arch Linux salah satu distro terbaik yang ada saat ini. Melalui mereka, kita dapat menikmati ribuan paket dan program yang tersedia untuk diinstal dengan perintah-perintah ini. Dengan cara yang sama, kedua alat bekerja dengan cara yang sangat mirip sehingga mempelajari cara menggunakannya sangat sederhana.

Pacman adalah manajer paket default Arch Linux. Sementara itu, yogurt adalah pembungkus yang memberi kita akses ke repositori komunitas AUR, tempat kita bisa mendapatkan salah satu katalog paket terkompilasi terbesar yang ada saat ini.

Perintah dasar Pacman dan Yaourt yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut. Kita akan mengelompokkan berdasarkan apa yang mereka lakukan, kalian dapat melihat kemiripan perintahnya, dengan cara yang sama, sorot bahwa pacman dijalankan dengan sudo dan untuk yaourt tidak perlu.

sudo pacman -Syu // Perbarui sistem yaourt -Syu // Perbarui sistem yaourt -Syua // Perbarui sistem selain paket AUR sudo pacman -Sy // Sinkronkan paket dari database yaourt -Sy // Sinkronkan paket dari database sudo pacman -Syy // Paksa sinkronisasi paket dari database yaourt -Syy // Paksa sinkronisasi paket dari database sudo pacman -Ss paket // Memungkinkan Anda untuk mencari paket di repositori yaourt -Ss paket // Memungkinkan Anda untuk mencari paket dalam repositori sudo pacman -Ya paket // Dapatkan informasi tentang paket yang ada di repositori yaourt -Ya paket // Dapatkan informasi dari paket yang ada di repositori sudo pacman -Qi paket // Tampilkan informasi dari paket yang terinstal yaourt -Qi paket // Tampilkan informasi dari paket yang terinstal sudo pacman -S paket // Instal dan / atau perbarui paket yaourt -S paket // Instal dan / atau perbarui paket sudo pacman -R paket // Hapus paket yaourt -R paket // Hapus paket sudo pacman -U / path / ke / the / package // Instal paket lokal yaourt -U / path / ke / the / package // Instal paket lokal sudo pacman -Scc // Kosongkan cache paket yaourt -Scc // Hapus cache paket sudo pacman -Rc paket // Hapus paket dan dependensinya yaourt -Rc paket // Hapus paket dan dependensinya sudo pacman -Rnsc paket // Hapus sebuah paket, dependensi dan pengaturannya yaourt -Rnsc paket // Hapus sebuah paket, dependensi dan pengaturannya sudo pacman -Qdt // Tampilkan paket yatim piatu yaourt -Qdt // Tampilkan paket yatim piatu

Okay, jadi itulah yang bisa kami sampaikan terkait Arch Linux, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Arch Linux serta Kelebihan dan Kekurangannya
Artikel
Apa Itu Arch Linux serta Kelebihan dan Kekurangannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Arch Linux merupakan sebuah distribusi Linux untuk komputer i686 dan x86_64. Baca yuk Apa Itu Arch Linux serta Kelebihan dan Kekurangannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like