9 Tren Digital Marketing di Tahun 2022

9 Tren Digital Marketing di Tahun 2022

Sharing is caring!

Digital marketing merupakan cara untuk meningkatkan sales yang sudah digunakan sebagai strategi marketing sejak era digital dimulai. Penggunaan dunia digital yang masif melahirkan strategi yang dapat dikatakan salah satu strategi yang efektif ini. Seperti marketing secara tradisional, digital marketing juga memiliki misi yang sama namun di aplikasikan dalam dunia digital. Okay, simak yuk 9 Tren Digital Marketing di Tahun 2022

Era digital yang sangat dinamis membuat digital marketing memiliki tren yang berbeda di tiap tahunnya. Dengan perbedaan itu, maka timbullah tren-tren yang harus dilihat dan di aplikasikan ke dalam strategi sebuah company atau bisnis.

Kita bersyukur karena tahun ini merupakan tahun yang mana kita sudah bangkit dari pandemi global Covid-19. Banyak hal yang berubah, seperti cara hidup, gaya hidup, dan aturan-aturan yang berlaku. Begitu juga dengan tren yang terjadi di dalam dunia digital. 

Tren Digital Marketing yang Harus Diperhatikan di Tahun 2022

Berikut ini adalah beberapa tren yang harus diperhatikan di tahun ini.

Optimization AI

Artificial Intelligence adalah teknologi di balik banyak layanan, termasuk pembuatan content, chatbot, dan search engine yang telah meningkat pesat sejak awal pandemi COVID-19.

Makin banyak perusahaan telah mempercepat rencana penggunaan AI. Hal ini dilakukan karena melihat benefit-benefit ini:

  • Meningkatkan customer experience
  • Penekanan company cost.
  • Efisiensi dan peningkatan produktivitas.
  • Improve pada decision making.
  • Inovasi terhadap produk atau jasa.

AI juga dapat menganalisis customer behaviour dan pola pencarian mereka serta menggunakan data dari platform social media, seperti Instagram dan blog post untuk membantu bisnis memahami bagaimana pelanggan menemukan produk atau layanan mereka.

Email Marketing

Mungkin terlihat kuno ya jika memasukkan email marketing sebagai tren digital marketing yang harus diperhatikan di tahun 2022. Namun, faktanya nih, email marketing masih menjadi salah satu strategi yang sangat efektif di tahun 2021, begitu pula prediksinya di tahun ini.

Penggunaan email marketing masih memberikan Return on Investment (ROI) yang tertinggi diantara strategi-strategi lainnya. Dengan effort dan cost yang minim, audiens yang dijangkau juga bisa lebih luas. Terlebih lagi, saat ini booking confirmation, offers, discount product dan masih banyak lagi bergerak melalui email. Email merupakan channel yang masih menjadi lahan basah karena semua orang membuka email di setiap harinya, terutama para pekerja.

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Push Notification

Sebagai bagian dari tawaran untuk melibatkan user di beberapa channel, push notification merupakan suatu strategi yang efektif. Hal ini dari tahun ke tahun semakin berkembang. Terlebih ketika push notification sudah melakukan personalisasi kepada user yang mendapatkannya.

Faktanya, menggunakan push notification yang dipersonalisasi meningkatkan konversi:

  • 7% open rate untuk push notification yang tersegmentasi. Hal ini merupakan peningkatan dua kali lipat dibandingkan dengan yang tidak tersegmentasi.
  • 54% pengguna mengonversi dari segmented push notification, dibandingkan dengan broadcast messages yang hanya 15%. Ini merupakan pengingkaran sebanyak 3 kali.

Inilah alasan mengapa push notification menjadi tren yang harus diperhatikan dalam digital marketing di tahun 2022. Saat ini banyak penyedia layanan yang dapat mengatur push notification bagi company atau bisnis kalian. Kalian hanya perlu menggunakan layanannya dan tinggal menunggu output dari strategi ini.

Fokus pada Pemasaran Video

Konten video mendominasi dan pemasaran video tentu akan menjadi tren besar di tahun 2022. Identifikasi apa yang dicari pelanggan kalian secara online dengan kumpulkan riset kata kunci. Selanjutnya, silakan berikan konten video yang menjawab pertanyaan mereka. Setelah kalian membuat video, unggah ke blog perusahaan kalian.

Chatbots

Terapkan chatbots pada tahun 2022 sebagai salah satu tren pemasaran digital teratas untuk meningkatkan keterlibatan situs web kalian. Dengan meningkatkan pengalaman pengguna, chatbots menghasilkan lebih banyak waktu yang dihabiskan di situs web kalian. Selain itu, kalian dapat membantu pelanggan menggunakan chatbot meskipun toko kalian tutup.

Pemasaran Influencer

Pertimbangkan untuk bermitra dengan influencer tahun ini untuk memperbarui strategi pemasaran digital kalian. Temukan influencer yang sudah memiliki banyak pengikut. Selanjutnya kalian dapat meminta mereka untuk mempromosikan produk atau layanan kalian.

Streaming Langsung

Streaming langsung adalah konsep baru dan dengan cepat menjadi saluran pemasaran pilihan setiap marketer. 80% konsumen lebih suka menonton streaming langsung brand daripada membaca blog perusahaan. 74% milenial lebih suka video ketika mereka melakukan perbandingan belanja. Nah, saluran pemasaran digital ini dengan cepat mendapatkan perhatian.

Pemasaran Mobile-First

Apakah kalian tahu kesamaan yang dimiliki sebagian besar konsumen? Jawabannya adalah smartphone. Ponsel cerdas dan tablet semakin populer untuk menjelajahi produk dan layanan online. Jadi, pemilik bisnis perlu waktu untuk membuat konten ramah seluler yang berperingkat lebih baik di mesin telusur untuk menarik konsumen generasi baru ini.

Podcast

Dengan popularitas podcast yang meledak, brand tidak boleh melewatkan tren pemasaran digital yang penting ini. Bahkan, Google menampilkan episode podcast individual di SERP-nya. Squarespace adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang telah menjadi pengadopsi awal iklan podcast. Silakan pertimbangkan untuk menambahkan sponsor podcast juga ke rencana pemasaran kalian pada tahun 2022 ini.

Okay, silakan mulai dulu untuk menentukan strategi digital marketing kalian karena semakin cepat kalian mulai menerapkan tren ini, semakin baik hasil yang akan dirasakan dalam jangka panjang.

Jika ingin tetap relevan di tahun 2022, kalian harus menjadi yang teratas dalam tren pemasaran digital terbaik dan merangkul transformasi digital. Poin yang tak kalah penting adalah kalian perlu memahami bagaimana memanfaatkan tren pemasaran digital ini untuk mengembangkan bisnis kalian.

Have a lovely day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
9 Tren Digital Marketing di Tahun 2022
Artikel
9 Tren Digital Marketing di Tahun 2022
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Seperti marketing secara tradisional, digital marketing juga memiliki misi yang sama. Okay, simak yuk 9 Tren Digital Marketing di Tahun 2022
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like