meningkatkan profit dengan digital marketing

Digital marketing masih merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan sebuah profit perusahaan. Jika kalian melakukan digital marketing dengan action yang tepat maka engagement akan meningkat, kalian akan mengetahui audiens, dan konversi yang akan berujung pada meningkatnya profit. Okay, simak sampai selesai yuk 9 Tips Meningkatkan Profit dengan Digital Marketing

9 Strategi Digital yang Harus Diterapkan pada Bisnis

Berikut ini ada beberapa tips dan cara terbaik agar profit kalian mengalami peningkatan ketika menggunakan digital marketing.

SEO

Sebaiknya memiliki tim yang berfokus untuk mengelola SEO untuk kalian jika ingin benar-benar berhasil. Meskipun kalian dapat mempelajari dasar-dasarnya, tentu tidak bisa sepenuhnya fokus pada hal tersebut dan ingin memiliki seseorang yang ahli dalam bidang SEO.

Anyway, satu strategi baru-baru ini melibatkan persyaratan HTTPS baru yang sudah mempengaruhi hasil SEO. Jika kalian terbiasa menggunakan halaman HTTP, sekarang Google menyarankan kalian untuk beralih ke format HTTPS. Alasannya adalah banyaknya formulir kontak yang menggunakan halaman HTTP tidak dianggap cukup aman.

Dikarenakan ketidakamanan hal tersebut, penting untuk memperbarui website kalian dengan penetapan HTTPS. Kalau tidak, memiliki label “tidak aman” di situs kalian bisa mempengaruhi visibilitas website kalian di mesin pencari.

Memiliki pakar SEO dan spesialis pemasaran digital adalah jalan keluar bagi masalah ini.

Search Engine Marketing

Search engine marketing adalah bentuk pemasaran digital yang mana kalian meningkatkan SERP kalian melalui metode iklan berbayar.

Kalian perlu juga memiliki seorang ahli dalam bidang ini, terutama yang bekerja dengan iklan Google dan mencari / menampilkan iklan.

Nah, poin yang mengesankan dari Google ialah mereka membuat sistem pemasarannya sendiri yaitu Google Ads. Google Ads dikenal karena kemudahannya dalam kustomisasi iklan yang kelak akan digunakan, seperti Text Ads, Youtube Video Ads, In-App Mobile Ads, dan sebagainya. Bergantung pada bisnis kalian dan target customer yang diinginkan.

Bahkan Google membuatnya jauh lebih mudah dengan kemampuan lokalisasi iklan, ditambahnya metrik yang berguna untuk mentracking seberapa efektif iklan kalian.

Content Marketing

Sebagai media penghubung, content marketing adalah bagian yang penting dalam menarik target customer kalian. Kalian perlu membuat konten yang relevan dan konsisten terhadap apa yang ditawarkan serta mampu membuat orang tertarik

Agar content Marketing berfungsi dengan baik, kalian harus fokus pada konten seluler, marketing menggunakan influencer terkenal maupun marketing automation.

Remarketing

Aspek penting lainnya untuk digital marketing adalah mencari variasi baru jika  dengan konten yang kalian buat tidak mampu menarik calon pelanggan kalian. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan tracking pada para pengunjung website melalui cookies dan membuat iklan baru pada situs terkait.

Kalian juga dapat membuat iklan baru di situs kalian untuk menargetkan prospek kalian dengan lebih baik. Informasi yang didapatkan dari pengunjung situs kalian, dapat memberi kalian data berharga untuk mengubah iklan kalian ke arah yang lebih disukai pengunjung.

Responsive Web Design

Mencapai pelanggan dengan media smartphone kurang lebih menjadi hal dasar yang wajib dikuasai dan akan terus berkembang ke depannya. Membuat website kalian sesuai dengan layar smartphone adalah salah satu bagian terpenting dari digital marketing. Satu-satunya cara kalian agar dapat membuat pekerjaan ini berhasil adalah melalui desain web yang responsif.

Dengan pemrograman responsif, kalian dapat membuat website kalian secara otomatis sesuai dengan semua layar ponsel. Hal ini berarti lebih dari satu format, termasuk tablet.

Kalian harus melibatkan desainer web untuk membuat poin ini, selain responsive juga perlu diperhatikan mengenai kecepatan website dimuat pada smartphone. Semakin besar resiko kalian kehilangan calon pelanggan kalian karena semakin lambat loading page website kalian.

Email Marketing

Email marketing adalah penggunaan email untuk mempromosikan produk atau jasa. Definisi email marketing yang lebih baik adalah penggunaan email untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan potensial. Email marketing adalah salah satu segmen pemasaran internet, yang meliputi pemasaran online melalui website, media sosial, blog, dan lain-lain. Pada dasarnya sama dengan surat langsung yang dikirim secara elektronik melalui email.

Dikarenakan kalian dapat menggabungkannya dengan media lain maka email marketing menjadi metode pemasaran yang paling terintegrasi.

Social Media Marketing

Sosial media marketing (SMM) adalah bentuk pemasaran internet yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai alat pemasaran, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Tujuan SMM adalah untuk menghasilkan konten yang akan dibagikan pengguna dengan jejaring sosial untuk membantu perusahaan meningkatkan pemaparan merek dan memperluas jangkauan pelanggan.

Salah satu komponen kunci SMM adalah optimasi media sosial atau social media optimization. Seperti halnya SEO, SMO adalah strategi untuk menarik pengunjung baru dan unik ke website. SMO dapat dilakukan dua cara: menambahkan tautan media sosial ke konten, seperti umpan RSS dan tombol berbagi atau mempromosikan aktivitas melalui media sosial dengan memperbarui status atau tweet atau posting blog.

Marketing Automation

Marketing automation ialah menggunakan software untuk mengotomatiskan kegiatan pemasaran. Banyak departemen pemasaran mengotomatiskan tugas yang berulang seperti pemasaran email, posting media sosial bahkan kampanye iklan. Teknologi marketing automation membuat tugas-tugas marketing kalian jauh lebih mudah.

Untuk hal ini kalian bisa menggunakan platform CRM karena CRM memiliki informasi kontak. Mengotomatiskan konten pemasaran langsung ke daftar kontak kalian dapat membantu kalian untuk mengintegrasikan pemasaran kalian di satu tempat daripada menggunakan sumber yang berbeda.

Poin yang paling penting dengan otomatisasi adalah menjaga konten kalian agar bisa konsisten di semua saluran untuk menghindari kebingungan merek.

Strategi Influencer

Strategi selanjutnya adalah penggunaan influencer sebagai salah satu media mempromosikan produk atau jasa yang ada. Influencer nantinya akan membantu kalian untuk membangun awareness dan trust pada perusahaan. Namun, harus diperhatikan bahwa pemilihan influencer tak bisa sembarangan lho, harus benar-benar ketat.

Silakan kalian perhatikan berapa jangkauan audiens yang dimiliki dalam platformnya lalu bagaimana interaksinya kemudian bagaimana citra yang ada dalam diri influencer tersebut, apakah sudah sesuai dengan nilai perusahaan atau tidak. Kesalahan memilih influencer akan berakibat fatal pada gagalnya penyampaian pesan pada konsumen.

Okay Guys, jadi itulah 9 tips menggunakan digital marketing untuk meningkatkan profit perusahaan. Jika kalian melakukan dengan action yang benar dan juga memperhatikan segala hal sebelum kalian mempublikasikan konten maka hasilnya pun tidak akan buruk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment