membuat-konten-seo

Saat opini publik bergeser, algoritma berubah, dan informasi baru juga muncul, penting untuk menjaga konten SEO kalian agar tetap terkini. Nah, berikut ini ada 9 cara terbukti untuk meningkatkan kualitas konten kalian ke tingkat berikutnya. Yuk baca 9 Tips Membuat Konten SEO Terbaik Tahun Ini

Kalian Harus Menggunakan Konten SEO

Jika kalian tidak memanfaatkan konten SEO untuk suatu keuntungan terbaik, kalian ketinggalan zaman, nih. 

Pada tahun 2021, sebuah penelitian menemukan bahwa 89% bisnis mengandalkan pencarian organik sebagai saluran distribusi mereka yang paling kuat. Oleh karena itu, teknik penjualan yang kalian pelajari satu dekade lalu tidak berfungsi lagi.

Tidak ada jalan lain! Jika kalian ingin perusahaan kalian melakukan penjualan, kalian harus menggunakan konten SEO secara efektif.

Bagaimana Menjadi Penulis Konten SEO yang Fantastis

Kita sekarang tahu nih bahwa menulis konten SEO yang bagus dan luar biasa, memang sangat penting. Tapi, bagaimana kalian harus melakukannya?

Langkah pertama adalah meluangkan waktu untuk mendidik diri sendiri.

Okay, kita pahami bersama yuk beberapa langkah penting di bawah ini:

Tips Membuat Konten SEO

Teliti Kata Kunci Kalian

Kalian mungkin pernah mendengar istilah kata kunci. Itu adalah kata dan frasa yang diketik orang ke mesin telusur untuk menemukan konten. Kata kunci adalah bagaimana kalian bisa membuat konten kalian dilihat oleh publik.

Sebelum kalian mulai menulis, pastikan kalian memiliki setidaknya satu atau dua kata kunci untuk digunakan.

Kalian dapat menggunakan alat SEO berbayar (ini mungkin diperlukan jika Anda memiliki perusahaan atau jaringan situs yang lebih besar). Semrush dan KWFinder adalah dua pilihan yang sangat baik.

Semrush dan akses ke datanya yang kuat akan dikenakan biaya mulai Rp 1.300.000,-/bulan, sementara KWFinder mulai dari Rp 406.000,-/bulan.

Alat gratis bukanlah ide yang buruk jika kalian baru memulai, seperti Ubersuggest. Namun, perlu diingat bahwa kalian akan mendapatkan data yang jauh lebih baik dengan alat berbayar.

Sekarang, bagaimana kalian menemukan kata kunci yang baik?

Kalian membutuhkan kata kunci yang relevan tetapi juga kata kunci dengan data yang bagus dengan skor rendah dalam persaingan sehingga kalian benar-benar mendapat tempat di peringkat.

membuat-konten-seo

Setelah kata kunci kalian siap, kalian dapat memulai pekerjaan yang sebenarnya.

Atur dan Draft

Mengatur pekerjaan kalian sebelumnya sangat penting, lho.

Tidak hanya akan membantu menyelaraskan pikiran kalian dan membuat kalian tetap di jalur ketika kalian terganggu tapi juga akan membuat fase menulis itu sendiri jauh lebih cepat.

Jadi, dilakan cari tahu apa yang ingin kalian katakan, letakkan dalam urutan yang masuk akal, dan tambahkan catatan atau kutipan penting yang akan digunakan.

Sekarang, Lupakan Kata Kunci

Bingung? 

Maksudnya di sini adalah kalian tidak boleh hanya fokus pada kata kunci kalian.

Apa yang harus ada di depan pikiran kalian? Topik itu sendiri.

Jangan salah paham: kalain membutuhkan kata kunci untuk menghasilkan hasil pencarian. Namun, menurut algoritma Google saat ini, kualitas memiliki nilai yang lebih tinggi.

Langkah ini akan membutuhkan latihan tetapi seiring dengan waktu, kalian akan belajar memasukkan kata kunci SEO secara alami ke dalam konten kalian.

Mendalam dan Fokus Pada Pembaca

Semakin dalam tulisan kalian, semakin algoritma Google akan menyukai kalian. Tidak hanya itu tapi juga pembaca kalian.

Semuanya nih, selalu, kembali ke pembaca kalian. Audiens kalian mengontrol perusahaan kalian, mereka diperlukan agar kalian berkembang dan bahkan eksis.

Jadi, ketika kalian menulis konten SEO, cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang pembaca kalian. Beberapa hal berikut perlu kalian ingat:

  • Siapa audiens kalian?
  • Kata kunci apa yang mereka gunakan?
  • Informasi apa yang mereka butuhkan?
  • Mengapa mereka membutuhkan informasi itu?

Seringlah Beristirahat

Istirahat. Bahkan, istirahatlah sesering mungkin. Menulis membutuhkan kekuatan otak sehingga pikiran yang lelah tidak akan menghasilkan tulisan yang bagus.

Menulis juga membutuhkan kreativitas.

Jika bisa, cobalah luangkan waktu sejenak untuk diri sendiri setiap setengah jam hingga dua jam sekali.

Bisa selama lima hingga 10 menit atau hanya 60 detik jika kalian sangat sibuk. Intinya adalah istirahatlah.

Tips lain? Silakan fokus pada sesuatu yang lain meski sebentar.

Optimalkan Tautan

Langkah ini penting. Ada dua jenis tautan yang perlu digunakan dalam konten kalian:

  • Internal: Tautan kembali ke situs perusahaan kalian. Ini bisa berupa toko, halaman kontak, atau posting blog yang relevan.
  • Eksternal: Tautan ke sumber eksternal yang digunakan untuk mendukung klaim kalian dan memberikan kedalaman artikel kalian.

Hal ini sangat diperlukan untuk pembuatan konten SEO tapi kalian harus berhati-hati. Tautan ke situs yang tidak bereputasi baik atau menggunakan informasi kadaluarsa hanya akan merugikan.

Sertakan sekitar satu hingga tiga tautan internal untuk artikel 1.000 kata serta sekitar lima hingga tujuh tautan eksternal, ya bergantung pada konten itu sendiri.

Edit, Lalu Edit Lagi

Langkah wajib lain yang tidak boleh terlewatkan adalah kalian mutlak harus mengedit karya kalian.

Anyway, satu koma yang hilang dapat merusak keseluruhan bagian lho sehingga kalian tidak akan pernah ingin melewatkan sesuatu yang penting.

Jika kalian tidak yakin nih bahwa kalian telah mengerjakan semuanya dengan baik, silakan cari sepasang mata kedua. Tidak ada salahnya, kan?

Manfaatkan Media Sosial Dengan Baik

Ada tips untuk meningkatkan konten kalian setelah fakta. Instagram, Twitter, dan Facebook adalah monster media sosial yang digunakan merek untuk mempromosikan konten SEO mereka.

Ini merupakan cara mudah dan gratis untuk menjangkau audiens kalian.

Silakan membuat satu atau dua akun lalu pastikan untuk memposting konten setidaknya setiap minggu. Idealnya, kalian akan memposting beberapa kali seminggu, hingga 1-2 kali perhari.

Lakukan Riset Asli

Tahu kah kalian bahwa pembaca bisa jadi kebanjiran blog yang merupakan salinan dari salinan posting lain. Jangan mengambil semua sumber kalian dari satu situs lain, temukan milik kalian sendiri.

Menggunakan sumber asli sangat penting untuk SEO saat ini dan itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Tips cepat adalah dengan mencari kata kunci utama kalian di Google, buka semua 10 hasil di halaman pertama, dan memulai penelitian kalian.

Kalian juga dapat mencari kata kunci tertentu plus (statistik) atau (fakta) untuk menemukan informasi yang relevan dengan artikel kalian.

Guys, jika kalian ingin bisnis kalian naik ke puncak, saatnya mengasah keterampilan konten SEO kalian, nih. Dengan dedikasi, kemauan untuk belajar dan mengikuti arus, serta perhatian yang tepat terhadap detail, kalian mampu melangkah jauh. Percayalah dengan kemampuan kalian!

Good luck

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment