9 Ide Marketing untuk Memulai Tahun 2021 dengan Sukses

Sharing is caring!

Kita akan memasuki tahun 2021 dan akhirnya mengucapkan selamat tinggal ke tahun 2020. Tahun 2020 merupakan tahun yang mana terjadi sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, seperti pandemi Covid-19, pemilihan wakil rakyat yang bergejolak, kebangkitan TikTok, dan lain-lain. Baca saja yuk 10 Ide Marketing untuk Memulai Tahun 2021 dengan Sukses.

Untuk membantu Anda mulai meningkatkan marketing, kami ingin membagikan beberapa ide marketing yang kreatif, termasuk:

  • Ide marketing yang cepat dan mudah yang dapat Anda tangani bulan ini untuk membantu Anda memulai tahun 2021 dengan tepat.
  • Ide untuk membantu Anda terkait mengatur dan menyederhanakan perencanaan sehingga Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi sasaran marketing Anda sepanjang tahun.
  • Liburan Januari, perayaan, dan tema untuk membantu Anda merencanakan promosi, kalender sosial, dan acara bisnis di sekitar.

Ide Marketing yang Cepat dan Mudah untuk Memulai Tahun 2021 Anda dengan Baik

Perbarui Profil Google My Business

Profil Google My Business yang bagus, kini bisa menjadi lebih penting dari sebelumnya. Jika bisnis Anda ingin muncul saat penelusur lokal mencoba menemukan bisnis seperti milik Anda di Google atau di Google Maps, profil Google Business yang lengkap serta dioptimalkan merupakan tempat untuk memulai.

ide-marketing-2021-1

Luangkan waktu sebentar untuk memastikan profil Anda diklaim, selanjutnya selangkah lebih maju dengan mengoptimalkan listing Anda:

  • Isi bagian Q&A di profil Anda dengan pertanyaan umum.
  • Tambahkan beberapa gambar atau video yang menampilkan bisnis Anda.
  • Pastikan untuk menanggapi semua review.

Umumkan Promosi atau Acara yang Akan Datang

Pasarkan bisnis Anda secara online dan offline dengan menyoroti acara yang akan datang untuk tahun 2021. Hari libur yang akan datang, seperti Tahun Baru Masehi 2021.

Jika Anda memiliki rencana untuk acara tersebut, seperti penawaran spesial Tahun baru Masehi 2021 yang akan datang di perusahaan Anda maka silakan beritahu pelanggan! Kalender promosi merupakan cara yang bagus untuk memberi informasi kepada pelanggan terkait promosi atau acara mendatang yang disponsori atau diselenggarakan oleh bisnis Anda.

Memulai Loyalitas Pelanggan atau Program Rujukan (Referral Program)

Setiap pemilik bisnis mengetahui tentang nilai pelanggan setia. Pelanggan setia berarti bisnis yang berulang (repeat business) dan juga lebih cenderung merujuk pelanggan lain.

Namun bagaimana Anda bisa membangun loyalitas pelanggan? Salah satu caranya adalah melalui loyalitas pelanggan atau program rujukan dan Januari bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukannya!

Berikut beberapa ide untuk program loyalitas pelanggan Anda:

  • Buat dan cetak member card sederhana untuk pelanggan. Setiap pembelian atau layanan maka nilainya sama dengan satu cap (stamp). Setelah 10 cap, pelanggan dapat menerima produk gratis, layanan diskon, atau penawaran menarik lainnya.
  • Tawarkan kepada pelanggan saat ini sebuah diskon untuk setiap pelanggan baru yang mereka referensikan.
  • Buat program loyalitas berjenjang sehingga pelanggan dapat naik dalam tingkatan berdasarkan riwayat pembelian mereka (semakin tinggi tingkatannya, semakin baik diskonnya).
ide-marketing-2021-2

Pastikan untuk mempromosikan program loyalitas Anda di media sosial dan di lokasi Anda sehingga pelanggan dapat mengetahuinya dengan mudah.

Jalankan Campaign Iklan Facebook

Jika Anda belum menguji periklanan Facebook, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya guna memulai marketing Anda dengan benar. Pikirkan tentang sasaran marketing tertentu yang ingin Anda capai, misalnya mendapatkan lebih banyak pengunjung di situs Anda, meningkatkan audiens Anda di Facebook, atau mengumpulkan prospek (leads). Anda dapat melakukan semua itu dengan iklan Facebook tertentu.

Jika Anda memiliki beberapa penawaran khusus atau promosi awal tahun yang bagus, Anda dapat menggunakannya dalam teks iklan untuk menarik pelanggan baru.

Perkuat Tujuan Tahunan Anda atau Rencana Marketing

Baik Anda seorang agency marketer, pemilik bisnis, atau freelancer, penting untuk memiliki tujuan profesional dan pribadi untuk tahun tersebut. Luangkan waktu di awal bulan untuk memastikan tujuan Anda dan rencana marketing memang solid.

Seperti yang kita ketahui, banyak hal dapat berubah dengan cepat tetapi memiliki rencana yang terdokumentasi atau strategi pertumbuhan dapat membuat perbedaan tersendiri antara mencapai sasaran pendapatan Anda untuk tahun 2021 dengan melewatkannya begitu saja.

Buat Resolusi Tahun Baru untuk Bisnis Anda

Jadikan Resolusi Tahun Baru Anda tampak menonjol dengan cara membagikan dengan komunitas online Anda lalu minta ke penggemar dan pengikut Anda untuk membagikannya! Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan audiens Anda dan membuat orang-orang mengikuti resolusi Anda sendiri.

ide-marketing-2021-3

Selain itu, Anda dapat membuat konten biasa berdasarkan resolusi Anda. Berikut ini ada beberapa contoh:

  • Restoran dan layanan katering dapat menulis blog atau posting Facebook dengan resep sehat.
  • Daycares dapat membuat blog tentang ide organisasi mainan untuk ruang bermain dan area mainan.

Mulailah dengan Inbox yang Bersih

Tidak ada yang kurang mengasyikkan daripada melihat jumlah email baru di inbox Anda saat Anda kembali dari liburan. Mulailah tahun baru dengan inbox yang bersih. Anda bisa melihat email lama yang Anda “beri bintang” (starred) dan jangan pernah untuk follow up atau menghapusnya.

Jika Anda belum menggunakan folder untuk email Anda, silakan buat beberapa untuk membantu Anda menjaga inbox Anda agar tetap teratur.

Tinjau Kembali Apa yang Berhasil Tahun Lalu dan Apa yang Tidak

Sekarang setelah Anda memiliki data setahun penuh, luangkan waktu untuk melihat apa yang berhasil dalam marketing Anda tahun lalu dan apa yang tidak.

Berikut ini beberapa ide terkait apa yang harus dilihat:

  • Konten atau halaman web apa yang berkinerja terbaik untuk Anda?
  • Apa yang selaras dengan audiens Anda di media sosial (postingan teratas, postingan paling menarik, dan lain-lain)?
  • Baris subjek email (email subject lines) apa yang mendapatkan open rates terbaik?
  • Strategi marketing, campaign, atau channel apa yang menghasilkan prospek paling banyak?
  • Apa yang tidak berkinerja sebaik yang Anda kira dan bagaimana cara memperbaikinya?

Baca tentang Prediksi dan Tren Marketing 2021

Dengan datangnya tahun baru, banyak konten baru tentang apa yang diharapkan di dunia marketing dan bisnis secara umum. Temukan beberapa artikel atau posting blog yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan para ahli untuk menjadi luar biasa di tahun 2021 dalam industri Anda sendiri dan tuliskan beberapa ide atau tren yang mungkin ingin Anda coba!

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
9 Ide Marketing untuk Memulai Tahun 2021 dengan Sukses
Artikel
9 Ide Marketing untuk Memulai Tahun 2021 dengan Sukses
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kita akan memasuki tahun 2021 dan mengucapkan selamat tinggal tahun 2020. Baca yuk 10 Ide Marketing untuk Memulai Tahun 2021 dengan Sukses
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment