video-meeting-terbaik

9 Aplikasi Video Meeting Terbaik Saat Work From Home

Sharing is caring!

Apakah organisasi Anda seperti kebanyakan, yakni memiliki anggota tim yang tersebar di berbagai lokasi serta melayani pelanggan di berbagai wilayah atau hanya bekerja dari jarak jauh dalam lingkungan kerja yang fleksibel? Salah satu alat yang paling berguna untuk meningkatkan produktivitas pekerja jarak jauh adalah konferensi video, apalagi di kondisi pandemi saat ini. Yuk baca selengkapnya di 9 Aplikasi Video Meeting Terbaik Saat Work From Home

Ada banyak aplikasi dan platform untuk konferensi video dan kolaborasi. Beberapa seperti Cisco WebEx merupakan standar industri tetapi bisa memiliki harga yang mahal. Berikut ini adalah daftar 9 aplikasi obrolan video teratas untuk memudahkan pertemuan online yang produktif untuk tim Anda.

Aplikasi Video Meeting Terbaik

Zoom

Zoom adalah salah satu solusi konferensi video paling populer untuk bisnis. Zoom kaya dengan fitur serta berbagai paket berdasarkan ukuran dan kebutuhan bisnis. Harga berkisar dari level gratis untuk basic personal meetings hingga Rp 293.000,-/bulan/host  (dengan minimal 100 host) untuk perusahaan besar.

video-meeting-terbaik-1

Fitur untuk paket level perusahaan mencakup hingga 200 peserta rapat, penyimpanan cloud tak terbatas, custom emails, sebuah vanity meeting URL, dan banyak lagi.

Google Meet

Dibuat untuk pelanggan perusahaan, Google Meet merupakan versi Google Hangouts yang telah di-upgrade. Google Meet dirancang untuk rapat video terjadwal di antara anggota tim, dengan fitur yang mirip dengan Zoom, seperti sinkronisasi kalender, pemesanan ruang konferensi, dan interface pengguna yang lebih halus.

video-meeting-terbaik-2

GoToMeeting

GoToMeeting memiliki banyak fitur berguna, termasuk instant meetings atau meeting scheduling, layanan transkripsi rapat, dan perpesanan rapat dalam aplikasi antar peserta. Harga GoToMeeting mulai dari Rp 205.000,-/bulan untuk grup hingga 10 peserta rapat dan biaya Rp 425.000,-/bulan untuk grup yang lebih besar dengan 150 peserta.

video-meeting-terbaik-3

Skype for Business

Layanan Skype yang populer dari Microsoft ditambah sebagai alat konferensi video yang siap untuk perusahaan. Skype memiliki beberapa fitur bisnis, seperti memungkinkan hingga 250 peserta dalam rapat dan koneksi dengan pengguna Skype lain serta kemampuan virtual whiteboarding.

video-meeting-terbaik-4

Namun ada beberapa batasan, seperti kurangnya fitur konferensi audio dial-in yang terintegrasi dan kurangnya dukungan hardware dengan paket online-only. Biaya pengguna mulai dari Rp 29.000,- per pengguna perbulan.

Cisco WebEx

Layanan standar industri, terutama bagi mereka yang memiliki anggota tim dalam jumlah besar atau perusahaan yang sangat besar, layanan konferensi video Cisco WebEx beroperasi seperti gabungan konferensi web dan layanan panggilan suara. Hal tersebut dikarenakan memungkinkan bergabung dengan rapat secara online atau melalui telepon, bergantung pada lokasi dan kemampuan peserta saat itu. Harga mulai dari Rp 198.000,- /host/bulan.

video-meeting-terbaik-5

BlueJeans

BlueJeans adalah aplikasi konferensi web berfitur lengkap yang terintegrasi dengan alat kolaborasi. Dapat dikatakan bahwa Blue Jeans melakukan pendekatan yang sederhana dan modern, berbeda dengan beberapa layanan yang lebih kompleks yang ditawarkan oleh pesaing. BlueJeans menggunakan sebuah sistem dari rapat, rooms, dan acara untuk memungkinkan video meeting  di mana saja.

video-meeting-terbaik-6

Tidak ada software yang dibutuhkan dengan kemampuan untuk melakukan rapat dari browser. Selain itu, layanan ini memungkinkan untuk melihat dengan mudah semua aktivitas konferensi video di organisasi Anda. Paket mulai dari Rp 244.000,-/bulan/host untuk tim perusahaan.

Slack 

Merupakan alat kolaborasi yang sangat populer yang digunakan di dalam organisasi di seluruh dunia, Slack telah mengintegrasikan fitur konferensi video. Jika organisasi Anda tidak menggunakan Slack, mengadopsinya untuk konferensi video mungkin bisa dikatakan tidak masuk akal.

video-meeting-terbaik-7

Ada sebuah poin yang mana bisa dikatakan sebuah keunggulan dari Slack, yakni konferensi video seperti sebuah add-on untuk fungsionalitas dari Slack dan dapat menjadi alat yang hebat untuk mengintegrasikan sebuah tim yang luar biasa. Obrolan video satu lawan satu adalah bagian dari penawaran akun gratis Slack. Namun untuk rapat yang lebih besar, Slack menawarkan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan tentunya Anda dapat mengambil penawaran harga terbaik dari pihak Slack dan disesuaikan dengan ketersediaan budget.

Appear.in

Layanan obrolan video ini sangat ideal untuk organisasi kecil yang menginginkan metode sederhana untuk menghubungkan anggota tim. Merupakan fitur layanan yang cepat karena sifatnya yang efisien. Appear.in bisa menawarkan layanan gratis namun jika tim Anda ingin membayar layanan mereka, maka bisa saja membayar sebesar  Rp 1.466.000,-  per bulan, yang memungkinkan digunakan hingga 150 pengguna.

video-meeting-terbaik-8

BigBlueButton

Layanan terakhir dalam daftar ini adalah BigBlueButton open-source. BigBlueButton merupakan fitur dengan whiteboard capability untuk kepentingan produktivitas di dalam suatu pertemuan atau meeting. Selain itu, BigBlueButton memang dirancang khusus untuk pendidikan dan pembelajaran online (online learning). Sebagai alat open-source gratis, ada banyak add-on dan integrasi melalui pengembang pihak ketiga yang memungkinkan pengalaman konferensi web yang disesuaikan, termasuk integrasi dengan Learning Management Systems (LMS) yang akan memberikan pengalaman siswa dan guru dengan baik.

video-meeting-terbaik-9

Tim remote Anda tidak dapat berjalan dengan optimal tanpa aplikasi konferensi video yang bagus, apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang. Kadangkala ada beberapa pekerjaan yang mesti dikomunikasikan bersama rekan kerja yang lain melalui aplikasi konferensi video.

9 aplikasi konferensi video meeting terbaik untuk rapat virtual ini akan membantu tim Anda untuk melakukan semua yang kalian butuhkan. Aplikasi manakah yang sering digunakan oleh tim Anda? Sharing yuk di kolom komentar.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
9 Aplikasi Video Meeting Terbaik Saat Work From Home
Artikel
9 Aplikasi Video Meeting Terbaik Saat Work From Home
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Alat untuk meningkatkan produktivitas pekerja jarak jauh ialah konferensi video. Yuk baca 9 Aplikasi Video Meeting Terbaik Saat Work From Home
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo