8 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Sharing is caring!

Text editor merupakan sebuah senjata utama bagi kalian yang berprofesi sebagai programmer. Setuju, kan? Text editor juga kadang digunakan juga oleh seorang web designer untuk menciptakan halaman web yang didesain olehnya. Terus, adakah text editor terbaik yang direkomendasikan untuk pemrograman? Okay, yuk baca aja 8 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Text Editor Terbaik

Ada berbagai macam text editor yang populer saat ini, Guys. Hal tersebut karena  kelebihan fitur lengkap yang dimiliki, ringan, atau dukungan dengan berbagai bahasa pemrograman maupun integrasi dengan program lain. 

Notepad ++

Aplikasi text editor ini merupakan aplikasi yang pertama menjadi penunjang kegiatan coding. Meski dalam penamaan hampir sama dengan notepad tapi fitur yang ditawarkan notepad++ jauh lebih banyak dan lengkap lho. Bahasa pemrograman yang didukung pun cukup lengkap. Keren! 

Selain itu, dengan kemudahan dalam penggunaannya serta ringan maka hal inilah yang menjadikan notepad++ populer di kalangan para programmer. Salah satu faktor yang paling penting adalah gratis dan kalian bisa download aplikasi ini di situs resminya.

Situs resmi: https://notepad-plus-plus.org/

Sistem operasi: Windows

Sublime Text

Tampilannya yang dinamis dan banyaknya fitur, membuat sublime menjadi salah satu text editor yang paling banyak digunakan. Selain itu, sublime dapat berjalan di berbagai platform berbeda. Nah, text editor ini pun dapat digunakan secara gratis dengan cara download langsung di situs resminya. Namun, jika kalian ingin mengakses full fitur nih, kalian perlu membeli lisensinya.

Situs resmi: https://www.sublimetext.com/

Sistem operasi: Linux, Mac Os, dan Windows

Visual Code Studio

Microsoft juga mengeluarkan aplikasi text editor lho, Guys. Namanya Visual Code Studio. Meskipun masih baru tapi aplikasi text editor ini disukai oleh banyak programmer. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman, seperti vb.net, C#, C, C++, Java, XML, HTML, .ASP, PHP, dan lain-lain.

Meski dikembangkan oleh Microsoft tapi Visual Code editor ini dapat berjalan di berbagai platform kok, tidak hanya di Windows saja. Nah, kalian dapat mendownload secara gratis di situs resminya juga.

Situs resmi: https://code.visualstudio.com/

Sistem operasi: Linux, Mac Os, dan Windows

Komodo Edit

Text editor satu ini dapat menjadi alternatif dari sublime text. Komodo Edit memiliki banyak fitur dan juga cukup ringan digunakan. Kalian pun dapat memilih tema untuk tampilan editor ini.

Anyway, aplikasi text editor ini juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti bahasa pemrograman python, perl, ruby, tcl, sql, html, sql, css, smarty, xhtml, php, dan sebagainya. Selain itu, Komodo Edit juga dapat berjalan di berbagai platform.

Situs resmi: https://www.sublimetext.com/

Sistem operasi: Linux, Mac Os, dan Windows

Atom

Atom terkenal di kalangan para programmer web, text editor ini memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan sehingga sering digunakan para developer, seperti web based technology desktop text editor, file system browser, fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace, multiple cursors and selections, multiple panes, snippets, code folding, a clean preferences UI, TextMate grammars importing, modular design, nodejs integration, dan sebagainya. Selain itu, atom juga dapat digunakan di berbagai platform berbeda.

Situs resmi: https://atom.io/

Sistem operasi: Linux, Mac Os, dan Windows

Vim

Jika kalian pengguna Linux, pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Yups, Vim merupakan text editor bawaan Linux yang sering bermanfaat untuk membuka dan mengedit baris kode di dalam file. 

Aplikasi ini dapat kalian gunakan secara gratis dengan berbagai macam fitur. Vim bahkan mendukung ribuan bahasa pemrograman, seperti bash script, C, dan PHP. Vim juga mempunyai catatan riwayat edit yang dapat membantu untuk kembali ke awal ketika terjadi kesalahan. Okay, langsung saja ke situs resminya dan download secara gratis!

Situs resmi: https://www.vim.org/

Sistem operasi: Linux, Mac, BSD, Solaris, dan Windows

Geany

Geany ini merupakan text editor alternatif yang dimiliki oleh Linux. Geany merupakan text editor yang ringan, sama halnya dengan Notepad++. Geany hanya membutuhkan library GTK+ runtime untuk bisa dijalankan lho, Guys.

Meskipun ringan, ada beberapa fitur Geany yang bisa kalian manfaatkan, antara lain syntax highlighting, code folding, autocompletion programming, code navigation, dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman, seperti C, Java, PHP, HTML, Python, dan lain-lain. Nah, kalian langsung kunjungi saja ke situs resminya dan dapatkan secara gratis!

Situs resmi: https://geany.org/

Sistem operasi: Linux, Mac, BSD, Solaris, dan Windows

BlueFish

BlueFish merupakan text editor multi-platform yang juga dapat kalian gunakan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac OS, dan Linux. Namun aplikasi ini lebih optimal di sistem operasi Linux.

Meskipun sangat ringan, Bluefish bisa digunakan untuk menangani ukuran file yang cukup besar secara berkala dan bisa menjaga kecepatan pemrosesannya tetap stabil. Kalian juga dapat memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia dalam toolbar maupun tab menu, seperti pencarian, format baris kode, dan penambahan tabel. 

Situs resmi: http://bluefish.openoffice.nl/index.html

Sistem operasi: Linux, Mac OS, dan Windows

Nah, Kawan-kawan, jadi itu beberapa text editor terbaik yang kami rekomendasikan. Silakan sesuaikan pilihan dengan kebutuhan kalian ya. Kalau kalian ingin sharing terkait pembahasan kali ini, boleh lho ninggalin komen atau saran atau kritik di kolom komentar 🙂

Keep healthy and always stay alert, Guys!

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Artikel
8 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Text editor merupakan sebuah senjata utama bagi kalian yang berprofesi sebagai programmer. Yuk baca 8 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment