aplikasi cek grammar bahasa inggris

Hi, Orbiters! Bagaimana kabar kalian? Selalu jaga kesehatan kalian, ya. Oia, di antara kalian nih, ada yang suka menulis? Ya menulis artikel, menulis buku atau novel, atau sedang mengerjakan tugas akhir. Nah, jika ada tulisan dalam bahasa Inggris, jangan sampai ada kesalahan pada pengetikan dan struktur kalimat, ya. Tenang, ada solusi untuk perkara tersebut, kok. Kalau begitu simak yuk 8 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

Kegunaan Tool Cek Grammar

Berikut beberapa kesalahan yang akan dicek aplikasi ini:

  • Kesalahan penulisan (typo). Bisa jadi ingin menulis habit tapi yang ditulis adalah habbit. Jika menggunakan tool cek grammar, hal-hal sesimpel ini tidak akan luput.
  • Kalimat pasif. Penggunaan kalimat aktif lebih disukai karena dianggap bisa memperjelas ide dan pesan yang ingin disampaikan. Eits, bukan berarti kalimat pasif tidak efektif, ya. Dengan adanya tool cek grammar online, kalian bisa tahu berapa banyak kalimat pasif yang digunakan sehingga dapat disesuaikan dengan konten.
  • Tanda baca. Penggunaan tanda baca memberikan makna yang tersirat untuk konten. Sekiranya kalian membutuhkan bantuan untuk tahu mana kalimat yang harus disisipkan tanda koma, tanda petik, atau tanda baca lainnya, tool cek grammar punya fitur yang akan mempermudah aktivitas ini.
  • Penggunaan kata yang terlalu sering. Tool cek grammar bahasa Inggris biasanya akan memeriksa kata yang terlalu sering digunakan di konten kalian, lho. Nah, tool ini akan merekomendasikan daftar kata alternatif supaya postingan lebih bervariasi.

8 Aplikasi Cek Grammar Terbaik

Yuk, baca apa saja keunikan dan keunggulan dari masing-masing aplikasi.

1. Grammarly

Banyak alasan memilih Grammarly sebagai tool cek grammar online terbaik. Pertama, tool ini dipakai oleh hampir 20 juta pengguna internet. Jumlah yang sangat mencengangkan ini tak lepas dari kompatibelnya Grammarly ketika dipasangkan di browser populer dan Microsoft Office. Software ini juga menyediakan Grammarly Keyboard lho untuk diinstall di smartphone.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 1

Kedua, Grammarly gratis dan mudah diinstall. Setelah ekstensinya dipasang ke browser, indikatornya akan muncul di sudut kanan bawah editor text. Kalian akan tahu berapa banyak kesalahan tata bahasa yang dibuat.

Setiap kata yang penulisannya salah akan ditandai dengan garis merah. Untuk memperbaikinya, cukup arahkan kursor ke kata tersebut.

Fitur yang paling disuka dari Grammarly adalah kemampuannya mengenali istilah teknis, termasuk singkatan dan akronim. Bagi Grammarly, istilah-istilah ini tidak akan dianggap sebagai kesalahan tata bahasa.

Jika kalian ingin Grammarly mengecek hal lain selain tata bahasa dan tanda baca, Anda bisa memanfaatkan Grammarly text editor. Tool ini nantinya memberikan saran mengenai unsur formalitas, apakah konten singkat dan padat, serta diksi.

Untuk mengunakan Grammarly text editor, kalian harus berlangganan Grammarly Premium. Biayanya sebesar Rp 419.000,-an /bulan untuk paket bulanan, Rp 270.000,-an /bulan untuk paket tiga bulan, dan Rp 163.000,-an/bulan untuk paket tahunan.

2. Hemingway

Ernest Hemingway, pria berkebangsaan Amerika yang menulis berbagai karya sastra ini dikenal karena gaya menulisnya yang singkat dan efektif. Inilah yang menjadi tujuan pembuatan tool cek grammar, Hemingway.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 2

Cara kerjanya mirip dengan aplikasi cek grammar lainnya tapi Hemingway akan memastikan kalau kalimat yang ditulis tidak terlalu panjang dan mudah untuk dicerna. Hal pertama yang akan direkomendasikan adalah penggunaan kata keterangan dan kalimat pasif sesedikit mungkin.

Tool ini memberikan pilihan alternatif yang lebih simpel dari kata yang digunakan saat ini. Bahkan, jika kalian menulis kalimat yang rumit, Hemingway akan menyarankan untuk membagi kalimat tersebut menjadi dua kalimat atau lebih.

Aplikasi ini membantu agar kalian bisa menyalurkan ide dalam struktur kalimat yang singkat dan mudah dipahami. Fitur ini dinilai sangat berguna bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris, termasuk kalian.

Software cek grammar gratis berbasis browser ini menawarkan beragam kustomisasi teks, misalnya heading, ukuran tes, dan penomoran. Hemingway juga tersedia dalam versi desktop yang dapat dibeli dengan satu kali pembayaran saja, yakni sebesar Rp 279.000,-.

3. After the Deadline

Software open-source ini dapat dipasangkan di sejumlah platform, termasuk WordPress. Ketika kalian mengedit konten dengan WordPress, tool ini akan mengecek grammar dan memudahkan aktivitas menyunting.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 3

Ada tiga tipe dan cara cek grammar yang diterapkan oleh tool ini:

  • Contextual Spell Checking (Pengecekan ejaan)
  • Advanced Style Checking (Pengoreksian tingkat lanjut)
  • Intelligent Grammar Checking (Pengecekan tata bahasa)

Sama seperti tool cek grammar bahasa Inggris online pada umumnya, After the Deadline juga berfungsi untuk mengoreksi kesalahan penulisan yang sering terjadi. Hanya saja perbedaan aplikasi ini dengan aplikasi lainnya adalah tidak ada biaya yang dibebankan kepada pengguna.

Untuk melihat apa saja yang perlu dikoreksi, klik ikon After the Deadline yang muncul di sudut kanan bawah. Teks yang salah akan ditandai dengan garis merah. Tersedia pula opsi untuk mengabaikan saran yang diberikan terkait kesalahan tata bahasa.

Selain WordPress, tool cek grammar online gratis ini juga dapat diaktifkan di Google Chrome, Firefox, dan OpenOffice.

4. WhiteSmoke

Sebagai aplikasi cek grammar bahasa Inggris online, WhiteSmoke bertugas untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa, pengucapan, gaya, dan tanda baca. Tool ini hadir dalam tiga versi, yakni versi mobile, versi PC, dan versi web.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 4

Selain mendapatkan fitur koreksi tata bahasa, kalian juga bisa menonton video tutorial dan membaca panduannya. Dengan kehadiran sumber belajar ini, kalian juga dapat memperkaya pengetahuan soal penulisan, pengejaan, dan tata bahasa. WhiteSmoke juga terintegrasi dengan plagiarism checker lho (tool untuk mengecek plagiarisme) serta mendukung fitur pengecekan tata bahasa di Gmail.

Bagi pengguna Windows, WhiteSmoke bisa langsung dipakai. Namun, bagi pengguna MacOS, mereka harus berlangganan paket Premium atau Business.

Semua fitur penting yang ada di versi PC juga bisa diakses di versi mobile, seperti translator dan one-click in stand proofreading (pengoreksian sekali klik). Untuk menggunakannya di perangkat mobile, kalian harus membayar biaya sekitar Rp 14.000,-.

Jika tertarik berlangganan WhiteSmoke, kalian bisa memulainya dengan membeli paket seharga Rp 14.000,-/bulan terlebih dulu. Setelah itu, upgrade ke paket sekitar Rp 161.000,-/bulan yang telah dilengkapi dengan garansi tambahan dan bantuan pelanggan.

5. Language Tool

Keunggulan utama LanguageTool adalah kemampuannya menganalisa kesalahan tata bahasa dari 20 lebih bahasa. Bahkan tool cek grammar ini juga bisa mengoreksi versi bahasa Inggris dari negara lain, misalnya Inggris Amerika, Inggris British, Inggris Afrika Selatan, dan Inggris Australia. Dari rekomendasi yang diberikan, kalian bisa tahu kosakata bahasa Inggris untuk negara tertentu.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 5

Tool cek kalimat bahasa Inggris ini bisa diakses secara gratis. Kalian hanya perlu mengunduh dan memasang ekstensinya di browser, kok. Tulis atau salin teks ke kolom yang tersedia lalu klik Check Text untuk mengecek kesalahan tata bahasa dan pengucapan.

Setiap kata yang ditandai akan memperlihatkan titik masalahnya dan mengapa harus ditulis dengan benar. Tak hanya kesalahan penulisan, saran yang diberikan LanguageTool juga memuat penggunaan contoh kata dalam kalimat yang sesuai konteks. Keren, kan.

Selain menawarkan tool cek grammar bahasa Inggris gratis, LanguageTool juga menyediakan paket premium. Pada paket ini, nantinya akan memperoleh plugin Microsoft Office dan lebih dari 900 metode (ditambahkan dari 1700 metode yang tersedia) untuk mencari kesalahan dalam penulisan artikel. Untuk memakainya, kalian harus membayar Rp 826.000,-/tahun terlebih dulu.

6. ProWritingAid

Sama seperti aplikasi cek grammar lainnya, ProWritingAid juga dapat diunduh untuk perangkat macOS dan Windows atau diinstall sebagai ekstensi di browser.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 6

ProWritingAid akan mengecek gaya penulisan, kata yang terlalu sering dipakai, klise, transisi, diksi, ringkasan, dan masih banyak lagi. Tak hanya memeriksa kesalahan pengucapan dan tata bahasa, tool ini juga menganalisa alur tulisan kalian.

Versi premiumnya dapat diakses dengan berlangganan sekitar Rp 980.000,-/1 tahun, Rp 1.400.000,-/2 tahun, Rp 1.960.000,-/3 tahun, atau Rp 3.360.000,-/seumur hidup.

7. NounPlus

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, lho. Ketik atau letakkan teks yang sudah disalin ke boks editor NounPlus. Setelah itu, klik Check untuk melihat semua kesalahan tata bahasa yang perlu diperbaiki. Walaupun cara kerjanya tidak real-time, tool ini masih bisa diandalkan untuk memeriksa aspek penulisan lainnya.

aplikasi cek grammar bahasa inggris 7

NounPlus menandai subjek, objek, kata sifat, predikat, dan unsur lainnya dengan warna yang berbeda-beda. Tool ini juga menyediakan contoh pengucapan dari suatu kata sehingga kalian tahu cara membacanya.

Tool ini fleksibel. Artinya, kalian bisa mengunduh versi mobilenya di perangkat Android dan juga Apple. Konten dapat dicek dari mana saja kok, tak melulu harus menyalakan PC. Selain bahasa Inggris, NounPlus juga hadir dalam beberapa pilihan bahasa, seperti Korea dan Tionghoa (Mandarin).

Kalau yang dicari adalah tool cek grammar online gratis, NounPlus solusinya, nih. Tampilannya juga minimalis dan rapi.

8. Ginger

Ginger memiliki tiga versi, yakni versi gratis, versi desktop, dan versi premium untuk keyboard. Versi gratisnya dapat diakses melalui website resmi Ginger. Hanya saja, web untuk cek grammar ini hanya bisa mengoreksi per satu kalimat. 

aplikasi cek grammar bahasa inggris 8

Kalau kalian merasa versi gratisnya sangat terbatas, pilihan lainnya adalah berlangganan paket Desktop. Nantinya Anda akan diberikan aplikasi khusus PC yang akan mengoreksi dan menyusun kembali (rephrase) hasil tulisan kalian.

Aplikasi ini juga memiliki kamus dan tesaurus bawaan sehingga semua tulisan Anda dipastikan bebas dari kesalahan.

Fitur Personal Trainer di Ginger akan memberi saran berdasarkan kesalahan yang seringkali dilakukan. Bagusnya lagi, Ginger memiliki beragam pilihan bahasa. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna pemula untuk memahami cara kerja Ginger.

Besarnya biaya berlangganan adalah sekitar Rp 419.000,-/bulan, Rp 1.258.000/tahun, atau Rp 2.237.000,- untuk paket dua tahun.

Kalau lebih sering menggunakan smartphone, disarankan untuk mengunduh aplikasi Ginger keyboard. Aplikasi cek grammar online ini dilengkapi dengan kamus dan tesaurus bawaan serta tidak adanya batasan koreksi. Besarnya biaya berlangganan yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp 97.000,-/tahun.

Guys, terjadi kesalahan tata bahasa dan penulisan jangan dianggap sepele, ya. Efeknya bisa ke poin profesionalitas, lho. Makanya kalian harus mengecek kembali karya tulisan kalian sehingga rapi dan tidak ada kata yang salah ketik dengan menggunakan tool cek grammar. Okay, selamat mencoba!

Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment