7 Taktik Efektif Untuk Mengalahkan Troll Internet

Sharing is caring!

Guys, kalian pernah dengar istilah troll internet, kah? Ini gak ada hubungannya dengan Kota Troy atau Perang Troya, ya. Jadi, troll internet ini ternyata telah menjadi kutukan bagi pengguna internet sipil yang rasional sejak awal kemunculan web. Okay, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca 7 Taktik Efektif Untuk Mengalahkan Troll Internet

Apa Itu Troll Internet

Troll internet, seperti yang didefinisikan oleh Wikipedia, adalah:

“…seseorang yang memposting pesan yang menghasut, tidak tulus, menyimpang, asing, atau di luar topik dalam komunitas online (seperti grup berita, forum, ruang obrolan, atau blog), dengan maksud memprovokasi pembaca untuk menampilkan respons emosional atau memanipulasi persepsi orang lain.”

Ternyata, ketika kalian memberikan perisai anonimitas kepada orang-orang tertentu untuk bersembunyi di balik layar komputer, semuanya bisa menjadi buruk, lho.

Troll internet mulai bermunculan di awal tahun 90-an, ketika papan diskusi online, komentar, dan grup baru saja dimulai.

Troll ada atau muncul untuk mengobarkan jenis diskusi apapun. Dengan kata lain, troll suka menjadi buruk demi menjadi buruk. Mereka tidak peduli apakah mereka salah atau benar, mereka hanya ingin membuat orang lain marah karena kesenangannya itu.

Terkadang, trolling bahkan dapat meningkat menjadi ancaman kematian, penindasan, dan pelecehan yang merusak secara psikologis, seperti yang terlihat dalam kisah seorang manajer media sosial seperti gambar di bawah ini:

mengalahkan-troll-internet-1

Hingga hari ini, troll muncul untuk menimbulkan masalah dalam diskusi, di media sosial, dan di mana pun mereka dapat membuat orang marah.

Anyway, tenang saja karena bagi kita semua nih, ada cara untuk melawan dan mempertahankan kesopanan, wacana yang bersahabat, dan kesenangan di komunitas online kita (tidak terlepas dari troll tapi bertentangan langsung dengan semua yang mereka perjuangkan).

7 Taktik Efektif Untuk Mengalahkan Troll Internet

Mari kita lihat cara mengalahkan troll internet:

Apakah Kalian Adalah Pimpinan? Buatlah Kebijakan “Dilarang Troll”

Jika platform tersebut milik kalian, misalnya profil media sosial kalian, blog kalian, atau papan diskusi kalian, kalian dapat dan harus menerapkan kebijakan “dilarang melakukan trolling.

Ini merupakan pedoman yang memberi tahu setiap orang yang berinteraksi di platform kalian bahwa perilaku trolling tidak akan ditoleransi dan apa yang akan terjadi pada mereka yang melakukan troll (Apakah mereka akan diblokir? Akankah komentar mereka dihapus?).

Berikut ini contoh dari kebijakan komentar dari Content Marketing Institute yang bagus

mengalahkan-troll-internet-2

Pastikan kalian menulis kebijakan dengan istilah yang jelas dan mempostingnya di situs atau platform kalian. Silakan tautkan ke sana sesuai kebutuhan sehingga orang tahu aturannya.

Menggunakan Bantuan Moderator atau Tools Semacamnya

Jika kalian mengalami masalah troll, moderasi dapat membantu menjaga masalah tetap terkendali. Misalnya, jika kalian memiliki blog yang luas dengan ratusan atau ribuan posting blog, tidak mungkin kan kalian dapat memantaunya sendiri.

Silakan kalian buat tim moderator yang mana bertugas untuk memeriksa komentar dan menangani siapa yang melanggar pedoman kalian (lihat tips 1). Hal ini akan membantu kalian guna mendorong suasana yang positif dan ramah serta menjaga troll itu tetap di dalam “batasannya.”

Jika kalian tidak memiliki sumber daya untuk moderator, ada alat di luar sana untuk setiap jenis platform:

  • Facebook memiliki alat moderasi komentar untuk Halaman Anda.
  • YouTube memiliki opsi untuk menambahkan moderator komentar, mengaktifkan dan menonaktifkan komentar, dan chat langsung atau filter komentar.
  • Twitter memiliki opsi untuk melaporkan perilaku kasar. Begitu pula Instagram (IG juga memiliki artikel bermanfaat tentang cara menangani penyalahgunaan di platform mereka).
  • WordPress memiliki alat moderasi komentar jika troll mengganggu blog kalian.
  • Alat moderasi komentar blog lainnya, termasuk IntenseDebate dan Disqus.

Abaikan Troll

MO dari setiap troll adalah untuk mendapatkan perhatian. Untuk segera memadamkan api, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengabaikannya.

Kami tahu ini sulit, terutama jika troll tersebut memposting komentar yang menyinggung, kasar, atau penuh kebencian. Kalian bisa jadi tidak ingin memaafkan perilaku ini tapi pada saat yang sama, troll biasanya memposting seperti ini hanya untuk mendapatkan reaksi dari seseorang. Beri mereka reaksi itu dan troll itu menang.

Jangan buang waktu kalian untuk berdebat dengan troll – itulah yang mereka inginkan.

Terkadang, hal terbaik untuk dilakukan adalah dengan diam-diam menghapus komentar tersebut dan melanjutkan kembali. Bagaimanapun, tindakan berefek lebih nyata daripada kata-kata.

Jika Kalian Tidak Dapat Mengabaikan Mereka, Panggil Mereka di BS Mereka

Terkadang, mengabaikan troll bukanlah pilihan.

Untungnya, troll tidak keluar untuk membuat argumen logis. Mereka bukan ahli debat. 

Jika bisa, minta mereka dengan tenang untuk mendukung apa yang mereka katakan dengan fakta. Biasanya, mereka tidak akan memiliki apapun dan akan segera kehilangan semangat setelah kalian menurunkan “argumen” mereka.

Jadikan Profil Sosial Kalian Hanya Sebagai Teman

Yang ini cukup jelas.

Jika kalian tidak ingin troll secara acak memposting komentar dan menyebarkan kebencian di profil sosial kalian, kalian dapat memblokir orang-orang tersebut, menjadikan akun kalian hanya sebagai teman, dan menyaring semua orang yang mengikuti kalian.

Di Twitter nih, kalian akan menemukan pengaturan untuk menjadikan akun kalian pribadi di bawah Lainnya >> Pengaturan >> Privasi dan keamanan >> Lindungi Tweet Anda.

mengalahkan-troll-internet-3

Tweet kalian hanya dapat dilihat oleh orang yang mengikuti kalian dan orang yang kalian setujui.

Kalian juga dapat memblokir orang secara langsung dari dalam postingan atau komentar mereka.

mengalahkan-troll-internet-4

Ini pasti memakan waktu tapi bisa menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang berurusan dengan troll yang tidak terkendali yang tidak mau berhenti.

Bersikaplah Baik

Sebuah posting troll dengan harapan akan memicu kemarahan dan argumen. Jika kalian mengabaikan konten komentar mereka dan malah merespons dengan kebaikan, mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan. 

Contoh dari Instagram aktris Gabourey Sidibe ini menunjukkan apa yang kami maksud, yakni dia menanggapi pesan kebencian dengan cinta dan kebaikan, yang mana menghentikan troll di jalur mereka:

mengalahkan-troll-internet-5

Tanggapilah Dengan Humor, Lalu Lanjutkan

Masih ada cara lain kah untuk menggagalkan troll?

Tanggapi dengan humor alih-alih kemarahan atau kemarahan yang diharapkan. Mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan dengan diri mereka sendiri.

Seperti yang kalian lihat nih, JK Rowling melakukan ini dengan sempurna. 

. @ Lukekocura Saya akan mengetik jawaban yang lebih panjang, tetapi kancing berlian ini benar-benar melukai jari saya. pic.twitter.com/RJ19nIMd94

– JK Rowling (@jk_rowling) 4 September 2015

Untuk Menggagalkan Troll, Silakan Ambil Jalan Luar Biasa

Sungguh, satu-satunya cara untuk menghancurkan troll adalah mengatasi keributan. Jangan semata-mata tunduk ke level mereka karena itulah yang mereka ingin kalian lakukan.

Troll internet menginginkan kemarahan. Mereka menginginkan reaksi yang besar. Mereka menginginkan drama.

Jika kalian bisa, ambillah suatu jalan yang hebat atau luar biasa. Abaikan mereka saja. Hapus komentar mereka. Blokir mereka. Tanggapi dengan kebaikan atau humor.

Okay Guys, jadi bisa dibilang bahwa kita bisa kok menjadikan internet sebagai tempat yang lebih baik lagi, termasuk terkait suatu interaksi dalam satu waktu. So, please calm down.



Oia, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Taktik Efektif Untuk Mengalahkan Troll Internet
Artikel
7 Taktik Efektif Untuk Mengalahkan Troll Internet
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Guys, kalian pernah dengar istilah troll internet, kah? Okay, ketahui lebih lanjut yuk 7 Taktik Efektif Untuk Mengalahkan Troll Internet
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment