riset-pemasaran

7 Alasan Mengapa Riset Pemasaran Penting Untuk Bisnis

Sharing is caring!

Memang sangatlah mudah untuk mengabaikan pentingnya riset pemasaran. Lagi pula, ketika kalian pertama kali memikirkan ide bisnis, menghabiskan berjam-jam untuk riset pasar adalah hal terakhir yang ada di pikiran kalian. Sebagian besar dari kita seringnya lebih suka langsung membuat dan menjual produk daripada memikirkan nilai riset pemasaran. Oleh karena itu, ketahui lebih detail yuk tentang pentingnya riset pemasaran atau riset pasar di 7 Alasan Mengapa Riset Pemasaran Penting Untuk Bisnis

Bisnis baru membutuhkan penjualan (sales) dan pelanggan sesegera mungkin dan riset pasar dapat memastikan bahwa penjualan serta pelanggan tersebut tidak berhenti datang.

Apa Itu Riset Pemasaran?

riset-pemasaran-1

Sebelum kalian dapat memahami pentingnya riset pemasaran, kalian perlu mengetahui apa itu riset pemasaran. Riset pasar bukanlah tentang metode atau aktivitas tertentu. Riset pasar bisa dikatakan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan sebuah bisnis sebagai upaya untuk mempelajari lebih detail tentang target customers dalam bisnis.

Meskipun tugas seperti survei dan focus groups dapat membantu, tugas tersebut tidak mutlak diperlukan dan bukan satu-satunya hal yang dapat kalian lakukan untuk meneliti target market kalian. Berikut beberapa tugas yang dapat menjadi bagian dari riset pasar kalian:

  • Lakukan percakapan singkat dengan kontak yang merupakan bagian dari target market kalian. Misalnya, kalian ingin membuat layanan fotografi pernikahan. Silakan bicara dengan kontak kalian yang telah menikah atau yang sudah dilamar dan tanyakan tentang pengalaman mereka dalam mempekerjakan dan bekerja dengan fotografer pernikahan.
  • Cari grup Facebook yang relevan dengan target market kalian. Ini dapat membantu memberi kalian cara gratis dan mudah untuk menjangkau pelanggan target secara online dan mengajukan pertanyaan kepada mereka.
  • Tambahkan formulir survei ke situs kalian. Jika kalian sudah memiliki situs untuk bisnis kecil kalian, kalian dapat menawarkan diskon kecil kepada calon pelanggan sebagai imbalan untuk mengisi survei. 

Aktivitas di atas hanyalah beberapa tugas yang dapat menjadi bagian dari riset pasar kalian. Faktanya, kalian dapat mengklasifikasikan tugas apapun sebagai aktivitas riset pasar selama kalian akhirnya mengetahui kebutuhan, perilaku, dan preferensi pasar sasaran kalian.

Pentingnya Riset Pemasaran

Inilah 7 alasan mengapa riset pasar penting, terutama untuk tim dan bisnis yang lebih kecil:

Mudah Menemukan Peluang Bisnis

Setelah kalian melakukan riset pasar, akan jelas bagi kalian siapa yang ingin kalian jangkau (pelanggan target kalian), di mana kalian dapat menjangkau mereka (marketing channels kalian), dan apa yang mereka minati. Setelah mendefinisikan ini, kalian akan dapat dengan mudah melihat peluang bisnis. Sebagai contoh:

  • Bentuk kemitraan dengan bisnis lain. Mempelajari tentang siapa pelanggan kalian, seperti demografi mereka, dapat membantu kalian menemukan bisnis kecil lain yang melayani mereka. Kalian dapat mendekati bisnis ini untuk promosi bersama yang akan saling menguntungkan.
  • Buat upgrade pesanan yang menguntungkan. Mengetahui produk dan layanan lain yang cenderung dibeli oleh pelanggan kalian dapat membantu kalian membuat add-on, product bundles, dan upsells yang meningkatkan nilai rata-rata setiap pesanan.
  • Temukan lokasi baru untuk menjual. Mengetahui area geografis tempat sebagian besar pelanggan target kalian tinggal akan memungkinkan kalian membuat campaign bertarget yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya area itu.

Menurunkan Resiko Bisnis

Cara untuk memastikan bahwa bisnis kalian bertahan lebih lama adalah dengan memastikan bahwa kalian memiliki aliran penjualan dan pelanggan yang stabil. Untuk melakukan itu, kalian membutuhkan riset pasar.

Riset pasar reguler akan menjadi cara kalian untuk memeriksa pelanggan kalian saat ini dan calon pelanggan untuk memastikan bahwa kalian masih memenuhi kebutuhan mereka. Berikut cara menerapkannya:

  • Uji desain dan produk baru sebelum diluncurkan. Sebelum kalian melakukan semua perubahan dramatis untuk bisnis kalian, kalian dapat mengujinya pada sebagian kecil audiens kalian untuk melihat apakah perubahan itu akan diterima. Misalnya, jika kalian berencana melakukan desain ulang produk populer, tunjukkan desain baru tersebut kepada pembeli yang paling sering kalian kunjungi. Uji atau tanyakan apakah mereka lebih cenderung membeli desain baru atau desain lama.
  • Cari tahu mengapa pelanggan tidak kembali. Idealnya, bisnis kecil kalian harus memiliki pelanggan berulang. Jika mereka tidak kembali, kalian dapat melakukan survei terhadap pelanggan sebelumnya atau menyiapkan grup fokus untuk mencari tahu mengapa kalian tidak melakukan penjualan berulang.
  • Dapatkan wawasan tentang area masalah. Jika produk kalian yang paling populer mengalami penurunan penjualan yang besar selama tiga bulan berturut-turut, kalian sebaiknya mencari tahu cara memperbaikinya sebelum merusak keuntungan kalian sepenuhnya. 

Buatlah Materi Promosi yang Relevan

Jika kalian pernah bertanya-tanya terkait teks atau gambar apa yang harus ditempatkan di selebaran, situs, atau akun media sosial kalian, dengan riset pasar yang menyeluruh, maka kalian akan tahu persis apa yang harus dilakukan. Dikarenakan pelanggan target telah mengungkapkan semua keinginan, kebutuhan, dan kekecewaan mereka kepada kalian, kalian akan tahu persis apa yang harus ditangani dan bagaimana menanganinya saat kalian memulai membuat materi pemasaran.

riset-pemasaran-2

Berikut ini beberapa cara lain untuk membuat materi pemasaran kalian agar lebih mudah:

  • Mengetahui apakah pelanggan melihat produk dan layanan kalian sebagai kebutuhan atau sebagai kemewahan, dengan hal tersebut dapat membantu kalian merancang label produk, brosur, dan situs yang sesuai dengan persepsi mereka.
  • Mengidentifikasi rentang usia pelanggan kalian dapat memberitahu kalian terkait jenis bahasa yang akan kalian gunakan dalam materi promosi. Kalian tentunya akan menulis dengan cara berbeda saat menyapa para pensiunan generasi Baby Boom dibandingkan saat kalian menyapa profesional muda.

Ketahui Tempat Untuk Beriklan

Salah satu kendala yang dihadapi pengusaha kecil adalah keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, anggaran pemasaran kalian harus dioptimalkan untuk memberi kalian keuntungan terbaik. Riset pasar kalian dapat membantu memastikan bahwa kalian memang menjangkau audiens yang kalian tuju di channels tempat mereka paling cenderung melihat pesan Anda.

Di bawah ini ada beberapa tugas anggaran yang dapat dibantu oleh riset pasar kalian:

  • Membeli iklan di media sosial. Jika riset pasar kalian menunjukkan bahwa audiens target menghabiskan sebagian besar waktunya di Instagram dan hampir tidak pernah menggunakan Twitter, tentu kalian akan tahu untuk mengarahkan sebagian besar anggaran iklan media sosial ke Instagram.
  • Menempatkan selebaran dan poster. Mengetahui ruang fisik tempat pelanggan menghabiskan waktunya, akan memberitahu kalian tempat terbaik untuk memasang iklan. 
  • Menargetkan iklan. Iklan online seperti iklan media sosial dan iklan pay-per-click seringkali dapat ditargetkan dengan tepat. Artinya, kalian dapat menargetkan tidak hanya berdasarkan data demografis biasa tapi juga berdasarkan perilaku online, tahap kehidupan, dan minat. Jika kalian mengenal pelanggan kalian dengan baik, kalian akan dapat memaksimalkan potensi penargetan. Di bawah ini contoh beberapa opsi penargetan untuk Iklan Facebook:
riset-pemasaran-3

Menjual Lebih Banyak Pesaing (Outsell Competitors)

Bisnis yang lebih mengenal pelanggan mereka, cenderung akan menang lebih banyak. Jika kalian dapat mengalahkan pesaing kalian dalam mencari tahu kebutuhan pelanggan kalian dan kalian juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka kalian memiliki peluang yang lebih baik untuk menonjol dari persaingan.

Berikut ini ada beberapa cara agar kalian dapat menggunakan riset pasar untuk menjual lebih banyak dari pesaing:

  • Targetkan pelanggan yang tidak puas. Menanyakan kepada pelanggan target terkait rasa frustrasi mereka terhadap produk pesaing kalian atau membaca review produk mereka, dapat membantu kalian meningkatkan produk kalian sendiri dan memasarkannya kepada audiens yang siap untuk beralih brand.
  • Temukan segmen pelanggan yang kurang terlayani. Riset pasar kalian mungkin akan mengungkapkan bahwa ada segmen pasar yang telah diabaikan oleh pesaing kalian. Hal ini akan memberi kalian segmen pelanggan baru untuk dijangkau.
  • Identifikasi kebutuhan pelanggan yang belum terselesaikan. Selama riset pasar, kalian mungkin akan menemukan beberapa poin customer pain atau keinginan yang tidak kalian lihat atau tidak dibahas dalam materi pemasaran pesaing kalian. Cobalah untuk menyertakan mereka dalam pemasaran kalian sendiri dan lihat apakah hasilnya menunjukkan peningkatan penjualan.

Tetapkan Tujuan yang Lebih Baik untuk Bisnis Kalian

Saat pemilik bisnis menetapkan tujuan untuk bisnis mereka, biasanya hal itu terkait dengan pertumbuhan penjualan atau pelanggan. Namun tanpa riset pasar, kalian tidak akan dapat mengetahui apakah tujuan kalian dapat dicapai dan bagaimana mencapainya.

Dengan riset pasar, kalian akan dapat menentukan arah spesifik yang kalian inginkan untuk mengembangkan basis pelanggan kalian.

Pengambilan Keputusan Menjadi Sederhana

Kebutuhan dan pentingnya riset pemasaran seringkali muncul saat membuat keputusan bisnis yang sulit. Meskipun tidak semua keputusan harus diselesaikan dengan riset pasar, banyak di antaranya bisa jadi, seperti:

  • Di mana menghabiskan anggaran pemasaran atau periklanan kalian
  • Apakah ada permintaan untuk produk baru yang ingin kalian buat
  • Jika kalian harus membuka etalase di lokasi baru
  • Produk mana yang harus dihentikan dan produk mana yang hanya perlu ditingkatkan
  • Bagaimana memberi harga pada semua penawaran kalian

Nah, jadi guys, ada kebutuhan nyata untuk melakukan riset pasar karena akan memberi kalian berbagai fakta yang kuat tentunya. Melalui riset pasar, kalian akan membuat keputusan yang lebih tepat daripada mengandalkan nasib bisnis kalian dengan cara menebak-nebak.

Di situ ada riset pasar maka di situ pula akan terungkap berbagai fakta!

Good luck, Guys!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Alasan Mengapa Riset Pemasaran Penting Untuk Bisnis
Artikel
7 Alasan Mengapa Riset Pemasaran Penting Untuk Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ketahui lebih detail yuk tentang pentingnya riset pemasaran atau riset pasar di 7 Alasan Mengapa Riset Pemasaran Penting Untuk Bisnis
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo