6 Tips untuk Hosting yang Tidak Dapat Dilewatkan Acara Virtual

Sharing is caring!

Perusahaan dan brand mungkin memiliki alasan berbeda untuk menjadi tuan rumah acara virtual tetapi ada dua manfaat menyeluruh, yaitu acara virtual membutuhkan lebih sedikit anggaran untuk menjadi tuan rumah dan acara virtual lebih mudah diakses. Yuk baca 6 Tips untuk Hosting yang Tidak Dapat Dilewatkan Acara Virtual

Apa Itu Virtual Event?

Virtual event adalah acara online yang menggunakan platform yang mana peserta (atau tuan rumah) dapat berinteraksi dengan peserta atau audiensi.

Acara virtual dapat berupa webinar, tur di balik layar merek Anda, konferensi, atau apapun yang menghubungkan peserta melalui media virtual. acara-virtual-1

6 Tips untuk Hosting Acara Virtual yang Menarik

Berikut adalah enam tips untuk memastikan acara virtual Anda berikutnya adalah yang terbaik.

  1. Pahami tujuan acara virtual Anda

Saat merencanakan acara virtual Anda, Anda ingin mencocokkan media dengan tujuan Anda. Jangan hanya memilih platform acara virtual gratis karena itu menghemat uang Anda atau populer.

Untuk memahami tujuan acara Anda, brainstorm audiens virtual ideal Anda:

  • Apakah Anda mencari audiens dari rekan-rekan Anda?
  • Apakah Anda mencari audiens dari pelanggan lama atau pelanggan baru Anda?
  • Apakah Anda mencari audiens yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut atau sekadar mengamati?
  1. Promosikan acara virtual Anda

Menggunakan marketing network yang ada akan membantu Anda meningkatkan jumlah peserta virtual yang muncul dan berpartisipasi dalam acara Anda.

Virtual event seperti produk atau layanan lain yang ditawarkan bisnis Anda di masa lalu, perlu dipasarkan kepada audiens target Anda.

  • Langkah 1: Cari yang ada di dalam jaringan Anda

Share acara dengan karyawan, mitra, dan influencer media sosial yang dapat membantu Anda menjalankan atau mempromosikan acara tersebut.

  • Langkah 2: Gunakan content marketing untuk meningkatkan pendaftaran acara virtual

Jika blog Anda memiliki pelanggan maka mempublikasikan blog post tentang acara tersebut adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kehadiran.

  • Langkah 3: Bicarakan tentang acara di podcast Anda

Podcast adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens Anda tanpa bersaing untuk mendapatkan perhatian.

  • Langkah 4: Jalankan iklan

Menggunakan penargetan demografis dalam Iklan Google dan audiens serupa dalam iklan Facebook memudahkan bisnis Anda untuk menjalankan iklan bertarget menuju prospek funnel terbawah.

  • Langkah 5: Buat virtual event landing page

Podcast Anda, content marketing, dan strategi PPC adalah semua tentang mendapatkan pelanggan Anda ke landing page acara virtual Anda. Di sinilah mereka dapat membuat keputusan untuk mendaftar untuk acara Anda.

  1. Beri insentif kehadiran acara

Ada beberapa cara untuk mendorong kehadiran acara. Seberapa besar Anda perlu memberi insentif akan bergantung pada apakah acara Anda gratis atau ada biaya pendaftaran.

Jika ini acara gratis, manfaatkan acara itu sendiri sebagai insentif. Misalnya, jika Anda mengadakan workshop untuk bisnis kecil tentang cara mengatur akun Google Analytics mereka maka insentifnya adalah informasi yang akan Anda liput dalam acara tersebut.

Jika ada biaya kehadiran maka kami sarankan Anda membuat beberapa materi yang unik untuk acara tersebut.

  1. Bersiaplah untuk permasalahan teknologi

Saat Anda merencanakan acara Anda, siapkan beberapa rencana darurat.

Apa yang akan Anda lakukan jika:

  • Live stream Anda gagal? Bergantung pada tingkat permasalahannya, Anda dapat memiliki tanggal backup untuk menjadwal ulang atau platform cadangan siap-pakai.
  • Pembicara tamu Anda tidak muncul? Apakah ini masalah besar atau kecil, bergantung pada jenis acara.
  • Anda mendapatkan lebih banyak (atau kurang) peserta dari yang diharapkan? Dengan persiapan yang memadai, masalah ini dapat dengan cepat teratasi. Kami menyarankan Anda memiliki beberapa paket untuk acara tersebut.
  1. Promosikan acara selama acara

Media sosial adalah teman Anda sebelum acara dan juga selama acara. Anda dapat menggunakan tagar di Twitter untuk mendorong peserta Anda untuk live-tweet acara tersebut. Live-tweeting adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan.

  1. Dapatkan feedback dari peserta

Untuk membantu Anda merencanakan acara Anda berikutnya dan untuk membantu Anda menentukan apakah acara virtual ini atau platform acara yang Anda pilih berfungsi untuk audiens Anda, Anda perlu menindaklanjuti dengan setiap peserta.

Anda dapat menggunakan email yang ditindaklanjuti satu atau dua hari setelah acara selesai namun jangan terlalu lama karena Anda ingin umpan balik mereka ketika masih fresh dan jelas dalam pikiran mereka.

 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
6 Tips untuk Hosting yang Tidak Dapat Dilewatkan Acara Virtual
Artikel
6 Tips untuk Hosting yang Tidak Dapat Dilewatkan Acara Virtual
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Acara virtual membutuhkan lebih sedikit anggaran dan lebih mudah diakses. Yuk baca 6 Tips untuk Hosting yang Tidak Dapat Dilewatkan Acara Virtual
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment