6 Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Web yang Dapat Ditindaklanjuti

Sharing is caring!

Kalian menyadari 1 hal, kah? Jadi, saat membahas SEO, kebanyakan orang fokus pada teks dan konfigurasi umum. Di sisi lain, kalian juga harus tahu cara mengoptimalkan gambar untuk web jika kalian ingin memanfaatkan strategi pengoptimalan yang baik untuk desain web kalian. Okay, baca sampai selesai yuk 6 Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Web yang Dapat Ditindaklanjuti

Alasan Utama Mengapa Mengoptimalkan Gambar Untuk SEO itu Penting

Berikut ini ada beberapa alasan utama untuk mengoptimalkan gambar kalian untuk SEO:

  • Waktu muat lebih cepat untuk halaman sehingga memungkinkan pengunjung dengan berbagai kondisi akses untuk melihat dan berinteraksi dengan konten kalian.
  • Pengalaman pengguna yang ditingkatkan karena lebih banyak orang akan dapat mengakses konten kalian dan mencapai tujuan mereka.
  • Gambar yang dioptimalkan juga dapat diberi peringkat di antara hasil mesin telusur, yang mana meningkatkan peluang kalian untuk mendapatkan pengunjung baru.
  • Pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung juga memberi kalian lebih banyak pengguna berulang yang selalu positif untuk bisnis.
  • Optimasi tidak harus mengorbankan kualitas karena ada beberapa algoritma kompresi lossless.
  • Dikarenakan ada opsi kompresi otomatis maka pekerjaan ini tidak akan mempengaruhi produktivitas kalian.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Strategi SEO?

Berikut ini ada 6 tips teratas yang dapat ditindaklanjuti untuk mengoptimalkan gambar untuk strategi SEO di website kalian:

Pilih format file yang tepat

File gambar datang dalam beberapa format berbeda dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat berfokus untuk mengoptimalkan gambar kalian untuk SEO, kalian harus bekerja dengan pilihan yang paling efektif.

cara-mengoptimalkan-gambar-1

Tidak ada format terbaik universal untuk semuanya. Nah, sebagai gantinya, silakan pertimbangkan peran mereka di website kalian. Misalnya, JPEG disarankan untuk gambar yang lebih besar karena memberi kalian hasil yang baik tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang. Di sisi lain, PNG dan WebP adalah alternatif handal yang menawarkan kualitas dan kompresi yang baik.

Seimbangkan kualitas dan ukuran

Setiap kali kalian memutuskan untuk melakukan kompres gambar, kalian harus selalu memperhatikan keseimbangan antara kualitas dan ukuran. Pasti ada trade-off dalam hal ini, bergantung pada pilihan yang kalian buat saat mengkonfigurasi pengaturan kalian.

Itulah mengapa harus selalu mencari jalan tengah yang sehat antara kualitas dan ukuran: kesetiaan visual yang cukup untuk menyenangkan pengunjung kalian dan kompresi yang cukup untuk tidak menghalangi kecepatan pemuatan halaman.

Oia, silakan selalu pertimbangkan jenis gambar yang ingin kalian tampilkan di halaman kalian beserta tujuannya. Misalnya, website  fotografi tentu membutuhkan konten visual berkualitas tinggi sehingga lebih banyak alternatif kompresi harus dipertimbangkan.

Berhati-hatilah dengan kompresi lossy

Kompresi agresif dapat merusak kualitas gambar kalian bahkan merusaknya. Pengunjung kalian pasti akan memperhatikan dong ya dan itu dapat membahayakan pengalaman mereka. Di sisi lain, gambar berkualitas tinggi pasti memiliki ukuran file yang lebih besar yang mana membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat.

cara-mengoptimalkan-gambar-2

Itulah mengapa harus berhati-hati saat memilih kompresi lossy untuk bekerja dengan pengoptimalan gambar. Hal ini mungkin memberi ukuran file terkecil dan waktu muat tercepat tapi mungkin membuat gambar terlihat lebih buruk.

Sebagai gantinya, jelajahi alternatif lossless terlebih dahulu. Teknologi telah cukup berkembang untuk dapat menawarkan pengoptimalan yang lebih baik tanpa mengorbankan terlalu banyak kualitas.

Buat sitemap gambar XML

SEO yang tepat membutuhkan penggunaan sitemap untuk membantu perayap mesin pencari menemukan konten kalian dan itu juga termasuk gambar. Itulah mengapa kalian harus membuat sitemap gambar XML di website kalian untuk menikmati manfaatnya.

Tanpa sitemap, perayap mungkin membuat kesalahan saat mengindeks gambar kalian. Wah, hal ini dapat merusak peluang kalian untuk mencapai peringkat teratas dan mempersulit menjangkau audiens yang lebih luas.

Terakhir, jangan lupa untuk mengatur sitemap gambar XML yang baru dibuat pada file robots.txt kalian.

Jangan lupakan thumbnail

Sebagian besar website dan blog menggunakan thumbnail untuk posting dan halaman, yang mana umumnya merupakan versi yang lebih kecil dari gambar aslinya. Namun, tidak berarti mereka harus diabaikan saat mengoptimalkan konten kalian untuk SEO, kok.

Kalian juga harus mengompres gambar mini karena membiarkannya tidak dioptimalkan, dapat mengganggu waktu muat halaman kalian. Selain itu, jika tidak dimuat dengan benar, kalian berisiko kehilangan perhatian pengunjung.

Patut kalian perhatikan, nih! Hal ini bahkan lebih serius pada e-commerce, lho. Biasanya, tampilan kategori produk diisi dengan thumbnail. Menavigasi toko dapat berubah menjadi pengalaman yang membuat frustasi jika gambar mini tidak dioptimalkan.

Instal plugin pengoptimalan gambar

Untungnya nih, kalian dapat mengotomatiskan banyak upaya pengoptimalan gambar berkat berbagai plugin WordPress. Tersedia pilihan gratis dan berbayar jadi kalian hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Memang benar bahwa menginstal beberapa plugin di situs WordPress dapat membuatnya lebih lambat. Itu sebabnya kalian harus memperhatikan alat apa yang kalian pilih, nih. Kalian akan dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan meningkatkan SEO dengan plugin pengoptimalan gambar yang tepat.

Guys, memiliki pengalaman halaman yang berkualitas harus selalu menjadi prioritas, kan? Itulah kenapa kalian dapat memberikan efek positif pada audiens kalian dan mengubah lebih banyak orang untuk menjadi pelanggan melalui website atau blog kalian.

Dengan mempelajari cara mengoptimalkan gambar, kalian akan dapat memuat halaman lebih cepat dan meningkatkan peluang kalian untuk mencapai bagian atas hasil pencarian Google.

Oia, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Good luck

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
6 Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Web yang Dapat Ditindaklanjuti
Artikel
6 Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Web yang Dapat Ditindaklanjuti
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian juga harus tahu cara mengoptimalkan gambar untuk web. Baca yuk 6 Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Web yang Dapat Ditindaklanjuti
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment