5 Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Sales

Sharing is caring!

Secara psikologis, sebenarnya membeli produk bukanlah merupakan solusi yang terbaik melainkan sesuatu yang mereka rasa sebagai yang terbaik untuknya. Maka bukan sesuatu yang aneh jika beberapa konsep dari ilmu psikologi dapat membantu performa bisnis Anda. Simak yuk 5 Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Sales Anda.

Berikut ini merupakan5 konsep atau trik psikologi untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda:

  1. Bukti Sosial

Konsep bukti sosial menaruh penekanan pada ide di mana kita melihat atau membandingkan dengan orang lain sebelum akhirnya menciptakan suatu keputusan. Ini didasari oleh premis bahwa kita adalah makhluk sosial.

Konsep seperti ini mendasari kenapa banyak bisnis menaruh berbagai logo pelanggannya di website mereka. Tujuannya jelas, yakni untuk menunjukkan siapa saja klien yang telah berbisnis dengan mereka.

Hal ini merupakan satu cara implisit untuk mengatakan, “Jangan khawatir, kawan Anda telah membeli dari kami dan mereka puas dengan keputusan tersebut. Kami adalah pilihan yang aman untuk Anda. Jadi, beli saja di kami.”

  1. Prinsip Timbal-Balik(Rule of Reciprocation)

Orang akan cenderung ingat untuk membalas budi sekalipun jika Anda tidak memintanya karena itu sudah menjadi etika kesopanan di antara manusia. Masyarakat kita sangat mengagungkan kerja sama. Sehingga kita tumbuh dalam satu lingkungan yang membudayakan balas budi.

Kita sebagai manusia sering merasakan sedikit beban psikologis ketika berhutang budi pada seseorang. Secara natural, memiliki keinginan untuk membalasnya bahkan jika mungkin jauh lebih besar dari apa yang seharusnya sebagai pengganti dari apa yang orang lain sudah lakukan ke kita.

  1. Prinsip Kontras (Contrast Principle)

Ini merupakan prinsip yang penting dalam bernegosiasi bahwa nilai adalah sesuatu yang relatif. Maka menjadi sesuatu yang natural jika seseorang berusaha menjual harga barang dimulai dengan harga tinggi. Kemudian dia menurunkannya agar terkesan bahwa harganya lebih masuk akal.

Ini merupakan teknik yang banyak digunakan di perusahaan ritel yang bisa saja menaikkan harga jualnya kemudian menciptakan acara sale. Di level korporat, banyak perusahaan teknologi menawarkan ‘list price’ yang begitu tinggi di muka kemudian memberikan ‘harga diskon’ yang begitu besar.

Setidaknya ada dua kemungkinan objektif yang ingin dicapai. Pertama adalah memberi kesan harga terjangkau pada produk penggantinya. Kedua, memberi nilai yang terasa lebih worth pada produk mahal yang pertama kali ditawarkan.

  1. Prinsip Kekuasaan (Authority Principle)

Orang cenderung menaruh kepercayaan pada sesuatu yang terlihat resmi. Misalnya kita mengalami atmosfer yang berbeda ketika berbicara dengan dokter yang tidak memakai seragam dibandingkan dengan seragam yang lengkap. Ini adalah salah satu naluri sosial kita yang bereaksi terhadap kekuasaan.

Salah satu yang paling efektif untuk merefleksikan otoritas adalah sesuatu yang tertulis. Contohnya adalah ketika bernegosiasi, suatu pernyataan dalam bentuk surat (baik itu fisik ataupun digital) akan jauh lebih memiliki otoritas yang akan meyakinkan dibanding hanya sekadar perkataan bukan?

  1. Prinsip Kelangkaan (Scarcity Principle)

Kita cenderung lebih menghargai sesuatu ketika mereka langka atau akan menjadi langka. Contoh yang cukup sederhana adalah ketika suatu barang menjadi jarang maka secara otomatis harganya akan naik. Ketika suatu produk terlalu membanjiri pasar maka harganya pun akan turun.

Konsep ini pun sangat bisa diterapkan di level mikro. Seperti halnya taktik “stok terbatas” atau “hanya tinggal 2 di stok” dapat mendorong para calon pembeli untuk membuat keputusan pembelian sesegera mungkin. Itulah contoh praktis dari taktik penjualan dengan prinsip ini.

Bagi Anda yang masih ragu untuk memiliki website demi bisnis Anda, Anda harus membaca artikel di link berikut untuk menambah wawasan Anda https://blog.jetorbit.com/10-alasan-pentingnya-memiliki-website-untuk-bisnis-dan-masyarakat/

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
5 Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Sales
Artikel
5 Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Sales
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bukan sesuatu yang aneh jika beberapa konsep ilmu psikologi dapat membantu performa bisnis Anda. Simak yuk 5 Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Sales Anda.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment