rekomendasi jenis iklan online

Hi, Guys! Guys, kalian pernah merasa bingung kah saat ingin mendatangkan profit dengan iklan online? Kalem, kami akan membantu kalian dengan menyodorkan solusi terkait iklan online. Okay, temukan solusinya yuk di 5 Rekomendasi Jenis Iklan Online untuk Mendatangkan Profit

Pengertian Iklan Online

Iklan online adalah iklan yang menggunakan internet sebagai media penyampaian pesan promosi, baik yang ditampilkan melalui komputer desktop maupun perangkat mobile. 

Keuntungan Iklan Online untuk Bisnis

Berikut ini keuntungan yang bisa kalian dapatkan:

Iklan Lebih Terukur

Iklan online sangat memudahkan dalam melakukan analisa. Kalian bisa dengan jelas memantau keefektifan iklan mulai dari jangkauan, biaya, hingga target iklan. Platform iklan sudah menyediakan berbagai pelaporan data yang bisa kalian analisis untuk menentukan target iklan kalian selanjutnya.

Iklan Online Lebih Beragam Formatnya

Iklan online juga memiliki keuntungan berupa kebebasan dalam menentukan jenis dan format iklan. Mulai dari gambar, video, teks, hingga kombinasi antara ketiganya bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Jenis Iklan Online yang Bisa Kalian Gunakan

Yuk ketahui jenis iklan yang paling tepat untuk bisnis kalian. Simak penjelasannya berikut ini:

Paid Search

Menurut Google sebanyak 84 persen konsumen mencari produk di Google sebelum membelinya. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan iklan online kalian melalui hasil pencarian.

Sebenarnya, paid search dapat ditemukan di semua mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. 

Google menyediakan layanan paid search melalui Google Ads yang sebelumnya dikenal dengan Google AdWords. Google melakukan rebranding Google AdWords menjadi Google Ads dengan tetap mempertahankan fitur-fitur yang sudah ada dengan dibekali fitur baru, seperti Smart Campaign. 

Google Ads menawarkan cara beriklan melalui hasil pencarian, iklan display, iklan YouTube, dan iklan di aplikasi seluler.

Hal yang harus diperhatikan di paid search adalah kata kunci. Kalian harus memilih kata kunci yang tepat, yaitu kata kunci yang paling banyak dicari oleh calon konsumen untuk mencari produk kalian.

jenis-iklan-online-1

Ketika mencari sebuah kata kunci yang berkaitan dengan produk tertentu, calon konsumen bisa menemukan hasil pencarian dengan label iklan seperti di atas. Hasil pencarian dengan label iklan itu yang disebut sebagai paid search.

Paid Social

Tidak hanya di hasil pencarian Google, kalian juga bisa membuat iklan online di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Media sosial menjadi tempat strategis di dunia maya untuk meletakkan iklan online Anda. Selain itu, iklan online di media sosial memungkinkan untuk menargetkan secara spesifik calon-calon pelanggan berdasarkan kategori tertentu, seperti tingkat pendidikan, umur, lokasi, minat, hobi, gender, dan penghasilan.

Beberapa media sosial populer yang bisa digunakan adalah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads.

Oia, ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan ketika memilih media sosial untuk menempatkan iklan kalian. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah objektif yang bisa dicapai masing-masing media sosial.

Berikut ini objektif Facebook Ads dan Instagram Ads:

  • Awareness objectives adalah tujuan membangun brand awareness atau meningkatkan jangkauan merek.
  • Consideration objectives adalah mengarahkan trafik ke website, meningkatkan engagement, meningkatkan instalasi aplikasi, lead generation, atau mendorong audiens untuk menghubungi perusahaan kalian melalui messenger.
  • Conversions objectives adalah menciptakan konversi online (online conversion) atau mendorong audiens untuk datang ke toko fisik, jika ada.

Format iklan yang disediakan pun beragam. Beberapa format iklan yang sama-sama tersedia di Facebook dan Instagram adalah photo ads, video ads, dan carousel ads. Terdapat juga berbagai ukuran iklan yang bisa dipilih.

Untuk format iklan yang hanya tersedia di Facebook adalah collection ads, slideshow ads, lead ads, dan messenger ads. Sedangkan format iklan yang hanya tersedia di Instagram adalah Instagram Stories Ads.

Twitter Ads menawarkan enam objektif:

  • Conversion adalah mempromosikan tweet ke orang-orang yang berpotensi untuk melakukan konversi di website kalian.
  • Tweet engagement adalah memulai percakapan mengenai brand kalian di Twitter.
  • Gain followers adalah mempromosikan akun Twitter kalian dan biaya yang dibayarkan adalah per follower yang didapatkan.
  • Increase brand awareness adalah mempromosikan tweet ke audiens dengan jangkauan luas dan biaya yang dibayarkan adalah per impression yang didapatkan.
  • Video views adalah mempromosikan video kalian ke audiens yang sudah ditargetkan dan biaya yang dibayarkan per view video tersebut.
  • App install adalah mempromosikan tweet dan akan dikenakan biaya per dibukanya link atau per install aplikasi.

Format iklan yang disediakan adalah Twitter Promote dan Twitter Ad Campaign

Email Marketing

Kalian bisa lho beriklan melalui email. Email tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi personal tetapi juga dapat dijadikan sebagai alat pemasaran. Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email.

Email marketing tidak hanya murah tapi juga memiliki tingkat efektivitas tinggi. Menurut penelitian McKinsey and Company, email marketing 40 kali lebih efektif dibandingkan media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Oleh karena itu, penggunaan email marketing sebagai salah satu iklan online sangat dianjurkan. 

Salah satu contoh email marketing yang baik menurut Hubspot adalah email marketing BuzzFeed:

jenis-iklan-online-2

Tujuan utama dari remarketing adalah untuk mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari calon pelanggan.

Video Marketing

Video marketing merupakan salah satu jenis iklan online paling efektif untuk semua jenis usaha, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar. 

Menurut laporan Vidyard tahun 2017, 92 persen perusahaan (perusahaan berskala besar dan kecil) menyatakan bahwa video penting untuk content marketing. Di tahun 2017, 41 persen perusahaan memproduksi video marketing sebanyak 11 sampai 50 video. Masih berdasarkan laporan Vidyard, 70 persen perusahaan juga menyatakan bahwa video marketing lebih efektif dibandingkan tipe konten lain untuk mendorong konsumen melakukan conversion.

Berikut ini beberapa konten yang bisa digunakan untuk video marketing adalah beberapa konten video marketing yang bisa diterapkan untuk perusahaan kalian, yakni video produk, demo produk, video penjelasan produk, video media sosial, webinar, video tutorial, video konsumen, live stream, dan vlog.  

Okay Guys, jadi kalian bisa menggunakan salah satu atau beberapa jenis iklan yang tentunya disesuaikan dengan dana perusahaan kalian, ya. Selain itu, kalian juga perlu lho memperhatikan target audiens yang ingin dituju karena setiap media iklan memiliki karakteristik audiensnya masing-masing, kan.

Oia, yuk dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment