pertimbangan-seo

Situs berita memiliki keunggulan berupa konten yang fresh serta konstan, seperti Berita Utama. Namun, ada cara lain terkait pertimbangan SEO karena situs berita juga unik. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca 5 Pertimbangan SEO Penting Saat Mengoptimalkan Situs Berita

Menyebarkan konten berita ke seluruh dunia, tidak menjamin bahwa konten tersebut akan mendapat peringkat di Google atau mengarahkan lalu lintas ke situs kalian.

Pada kesempatan ini, kalian akan belajar tentang lima pertimbangan utama yang perlu diingat ketika merencanakan strategi SEO kalian untuk situs berita sehingga kalian dapat tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

5 Pertimbangan SEO Utama Saat Mengoptimalkan Situs Berita

Berikut ini merupakan pertimbangan-pertimbangan utama untuk situs berita yang berkaitan dengan perencanaan strategi SEO:

Memasukkan Konten Evergreen Ke Dalam Pendekatan Kalian

Sebagai situs berita, model bisnis utama kalian adalah menulis tentang topik hangat. Namun, ketika kalian menulis tentang topik hangat, subjek artikel kalian mungkin umurnya pendek. Kalian akan melihat lonjakan awal lalu lintas ke artikel kalian dan artikel itu akan menerima lalu lintas yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Ini adalah sifat pemrosesan berita, yakni kalian tunduk pada pasang surutnya berita yang gemilang. Sedangkan untuk secara konsisten menghasilkan tingkat lalu lintas yang tinggi, kalian perlu terus memberikan lebih banyak informasi. Setuju, kan?

Namun, bagaimana jika kalian dapat mempertahankan model berita inti tetap utuh dan menambahkan arus lalu lintas yang lebih konsisten ke jaringan situs? Bisa kok jika kalian menyertakan konten permanen.

Evergreen mengacu pada konten yang tetap relevan dan berguna untuk jangka waktu yang lama. 

Pastikan Konten Kalian Muncul di Google Berita

Menyertakan konten kalian di Google Berita sangatlah penting.

Pertama, silakan tinjau pedoman konten untuk menyertakan serta memastikan situs kalian memenuhi standar Google. Sebagian besar sumber berita terkemuka telah mengikuti pedoman ini.

Selanjutnya, silakan periksa pedoman teknis penyertaan untuk memastikan Google dapat merayapi situs kalian dan memahami artikel berita apa dari laman kalian.

Setelah semuanya selesai dan terlihat bagus, silakan kirimkan situs kalian untuk disetujui oleh Google. Kalian akan dapat melihatnya jika situs kalian diterima secara umum dalam waktu 3 minggu.

Sekali situs kalian diterima, teruslah bekerja untuk menghasilkan konten yang kuat!

Google Warta beroperasi dengan banyak prinsip dasar SEO yang sama dengan penelusuran organik. Otoritas industri, pengoptimalan kata kunci, keunikan, dan pembagian sosial akan membantu kalian untuk memiliki peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak kunjungan Google Berita.

Fokus Pada Arsitektur yang Bersih

Situs berita dapat menjadi tantangan bagi pertumbuhan SEO karena mereka besar dan terus berkembang secara alami.

Oleh karena itu, tetap di atas arsitektur situs kalian adalah penting karena untuk menjaga situs kalian tetap dapat dinavigasi oleh pembaca dan mudah dirayapi oleh mesin telusur.

Organisasi sangatlah penting. Lihatlah tag dan kategori yang kalian gunakan di situs kalian dan tanyakan pada diri kalian sendiri apakah mereka memang cocok untuk kalian.

Kalian membutuhkan tag yang cukup dan kategori yang mana memudahkan pembaca untuk menemukan apa yang mereka cari. Namun, apakah yang kalian gunakan itu berguna?

Jika kalian memiliki beberapa tag dengan masing-masing hanya beberapa artikel, mungkin lebih bermanfaat untuk menggabungkan elemen pada sejumlah kecil halaman dengan lebih banyak konten.

Aspek penting lainnya dari struktur situs adalah kedalaman. Dengan kata lain, berapa banyak klik yang diperlukan untuk mendapatkan dari homepage kalian ke halaman lain di situs kalian? Pertahankan angka ini serendah mungkin.

Mesin pencari merayapi situs kalian dengan mengikuti tautan dari halaman ke halaman dan semakin “dangkal” situs kalian maka semakin besar pula kemungkinan setiap halaman diindeks. Menjaga sistem markup kalian tetap teratur akan membantu kalian dalam hal ini, lho.

Hal yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki struktur situs kalian adalah dengan menambahkan navigation di bagian bawah setiap halaman, daripada hanya menggunakan tombol “berikutnya” dan “sebelumnya.” Hal ini memudahkan untuk mengakses halaman tertentu tanpa terlebih dahulu menjelajahi halaman lain yang tidak relevan.

Kegunaan Seluler Sangat Penting

Kegunaan seluler memang sangatlah penting untuk situs manapun saat ini tapi untuk situs berita, hal ini bahkan lebih penting.

Sebisa mungkin, situs kalian harus dibuat dalam desain responsif yang mana menyesuaikan dengan pemformatan kalian (terlepas dari ukuran layar yang digunakan oleh user).

Kalian juga dapat mempertimbangkan untuk mengadopsi AMP, jenis teknologi penerbitan yang menghilangkan pemformatan dan membuat halaman dimuat lebih cepat untuk pengguna seluler.

Ada baiknya sebelum melakukannya, kalian melakukan studi kasus AMP terlebih dahulu.

Optimalkan Kecepatan Perayapan

Saat membahas berita terbaru, kalian ingin laman kalian dirayapi dan diindeks dengan cepat oleh Google. Iya, kan?

Orang tidak akan menunggu di situs yang lambat untuk dimuat alias tidak sabar menunggu, terutama ketika mereka memiliki begitu banyak pilihan untuk berita.

Untungnya, ada beberapa faktor SEO yang dapat membantu kecepatan perayapan, termasuk kecepatan situs, kinerja hosting, dan sitemap XML. Namun, kalian tidak dapat memperlakukan sitemap berita seperti semua sitemap lainnya. Google telah menyajikan beberapa pedoman penting untuk sitemap di industri berita.

Pertama, kalian hanya boleh menambahkan 1000 URL atau kurang di sitemap kalian. Kalian juga perlu terus memperbarui sitemap berita kalian dengan artikel baru untuk membuat Google bot tetap tertarik.

Namun, saat kalian mempublikasikan url artikel baru ini, jangan buat sitemap berita untuk masing-masing. Dengan kata lain, silakan perbarui sitemap kalian yang ada sebagai gantinya. Sitemap berita kalian hanya akan berisi berita dari dua hari terakhir dan semua artikel akan tetap berada di indeks berita selama 30 hari.

Terakhir, saat kalian membuat sitemap, gunakan Plugin Google.

Jika kalian menggunakan generator sitemap Google, hal tersebut akan menyertakan URL yang tidak cocok dengan artikel berita spesifik kalian. Seberapa sering kalian memposting ke situs kalian juga akan berdampak positif pada kecepatan perayapan dan itu memang masuk akal.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa quantity tidak selalu sama dengan kualitas.

Pastikan konten kalian memang berharga. Jika kalian memposting terlalu banyak atau memposting konten yang tidak perlu, Google bot akan membuang anggaran perayapan yang berharga pada halaman yang kurang berharga tersebut, yang berarti konten bagus kalian mungkin tetap tidak terlihat.

Sebagai aturan secara umum, selalu hindari duplikat konten dan blokir halaman yang tidak diinginkan dengan robots.txt / robots.

Sebagian besar pengunjung tertarik ke situs berita untuk konten berita dengan tanggal kadaluarsa yang pendek. Jadi, jika kalian mengingat pedoman ini, kalian akan segera memiliki situs berita yang dioptimalkan dengan lebih baik dan pembaca juga lebih menikmatinya.

Have a good day

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment